Veneer Komposit Langsung [Bagian Keempat] – Perawatan

dokter gigi depok

Veneer Komposit Langsung [Bagian Keempat] – Perawatan

Global Estetik – Simak seluruh series artikel Global Estetik mengenai Veneer Komposit Langsung yang menjelaskan seluruh informasi yang anda butuhkan untuk memilih prosedur veneer jenis ini, seperti kelebihan serta kekurangan dari jenis veneer ini, prosedur dan proses pemasangannya serta hasil dan keuntungan estetika dari veneer yang satu ini. Pada bagian terakhir dari series ini, kami telah siapkan bagaimana cara merawat veneer gigi tipe ini.

Perawatan

Prosedur Veneer tipe ini biasanya membutuhkan sedikit lebih banyak daripada kebersihan gigi rutin. Setelah veneer terikat sempurna, anda harus merawat gigi anda dengan menyikat gigi dua kali sehari, flossing setiap hari, dan mengunjungi dokter gigi secara teratur. Pada setiap pertemuan, dokter gigi pilihan anda akan memeriksa keseluruhan kesehatan mulut anda. Dia juga akan memeriksa komposit gigi, mencari celah atau kekurangan struktural lainnya. Meskipun dengan perawatan yang tepat, anda mungkin memerlukan proses ini kembali  setiap beberapa tahun sekali. Selama perawatan lanjutan ini, dokter gigi anda dapat memperbaiki komposit yang telah pudar, ternoda, atau terkelupas.

Menjaga Kekuatan Struktur Veneer Komposit

Meskipun resin komposit terbukti tahan lama, bahan restoratif ini sama sekali tidak sekuat gigi alami. Oleh karena itu, bahan ikatan jenis ini bisa menjadi retak, dan dalam beberapa kasus, bisa lepas seluruhnya. Untuk menghindari kerusakan komposit, anda sebaiknya tidak mengunyah benda keras seperti tutup pulpen, es, atau kuku jari anda. Selain itu, sebaiknya jangan menggunakan gigi sebagai alat. Membuka tas atau menarik label dengan mulut anda yang akan memberi tekanan luar biasa pada gigi. Kebiasaan ini tidak bisa begitu saja merusak restorasi komposit pada gigi anda namun mereka juga bisa merusak struktur alami gigi.

Menjaga dari Noda dan Pudarnya Warna

Seperti enamel gigi alami, bahan komposit ini juga rentan terhadap munculnya noda dan pewarnaan. Setelah melakukan proses pemasangan veneer langsung ini, dokter gigi menganjurkan agar anda membatasi konsumsi makanan dan minuman yang bisa menodai gigi. Hal-hal ini meliputi jus, kopi, teh hitam, minuman dari buah beri, kecap, saus tomat, dan makanan berpigmen gelap lainnya. Merokok juga bisa menyebabkan timbulnya noda gigi yang parah. Berhenti merokok dapat mempertahankan senyum anda yang telah disempurnakan dengan veneer jenis ini.

Mencegah Erosi

Seperti enamel alami, material komposit yang digunakan pada veneer tipe ini juga akan tunduk pada erosi dan keasaman yang menimpanya. Untuk menjaga hasil perawatan dan juga bagian dari senyuman indah anda agar tidak tersentuh dari erosi yang dapat terjadi pada gigi, anda harus mencoba untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang bersifat asam. Ini termasuk jeruk (terutama jus), kopi, dan wine.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat