Veneer Komposit Langsung [Bagian Kedua] – Proses Inti dari Prosedur

Global Estetik – Setelah melakukan konsultasi awal dan mengetahui keuntungan dan kerugian dari prosedur ini pada bagian pertama dari series artikel ini, selanjutkan kita akan masuk ke inti dari proses veneer komposit langsung ini.

Prosedur veneer komposit langsung ini relatif sederhana dan cepat. Seluruh proses dapat dibagi menjadi empat tahap: persiapan, penerapan material, pengawetan bahan dan penyempurnaan. Dalam kebanyakan kasus, seluruh perawatan bisa selesai dalam satu sampai dua jam. Setelah hanya satu kali pertemuan di klinik dokter gigi, Anda bisa keluar dari klinik dokter gigi pilihan anda dengan senyuman yang meningkat secara dramatis. Lama perawatan  tentu saja akan tergantung pada jumlah gigi yang akan dipasangkan veneer.

Persiapan

Tahap persiapan, dalam hal ini dokter gigi akan membentuk kembali gigi Anda dengan bor kecil sehingga mereka siap menerima veneer. Proses ini mengambil sepotong kecil bagian dari gigi anda – dengan anestesi lokal. Gigi kemudian dipaskan dengan ukuran dan bentuk yang benar untuk veneer. Intinya adalah bahwa setelah veneer dipasang maka akan terlihat tidak bisa dibedakan dari gigi alami anda.

  • Teeth whitening. Jika anda ingin memutihkan gigi anda, anda harus mendapatkan perawatan ini sebelum menjalani proses dental bonding. Kemudian dokter gigi Anda bisa memilih warna resin yang sesuai dengan senyuman yang baru saja diutihkan. Jika anda melakukan proses pemutihan setelah prosedur ini, Anda mungkin akan mendapati bahwa gigi alami dan resin komposit tidak cocok lagi.
  • Memilih Shade. Sebelum dokter gigi memulai perawatan, dia akan membandingkan gigi anda dengan panduan grafik warna gigi khusus. Dengan cara ini, dokter gigi pihan anda bisa memilih warna yang sesuai dengan warna gigi anda.
  • Penempatan strip gigi. Dokter gigi akan menempatkan strip dental  di antara gigi yang akan mendapatkan perawatan. Bahan ini akan menjaga resin komposit agar tidak menempel pada gigi lain yang berdekatan.
  • Pengolesaan larutan etsa. Dokter gigi kemudian akan mulai merawat gigi anda dengan larutan asam ringan. Larutan asam ini akan membuat celah kecil di email gigi anda. Dengan luas permukaan yang lebih banyak, agen ikatan akan menempel pada gigi lebih kuat. Setelah mengetsa semua gigi yang ingin dipasangkan veneer, dokter gigi akan membilas mulutanda dengan air.
  • Pengolesan agen ikatan: Selanjutnya dokter gigi akan menerapkan agen pengikat ke gigi menggunakan alat gigi khusus. Perangkat ini memiliki ujung yang menyerupai kuas.
Proses Inti
  • Mengoleskan bahan veneer.  Dokter gigi akan menerapkan sejumlah kecil resin komposit ke gigi anda. Konsistensi bahan ini mirip dengan frosting cake.
  • Membentuk bahan veneer: Dengan menggunakan alat gigi logam dengan kepala yang rata, dokter gigi kemudian akan membentuk bahan ikatan yang mudah dibentuk pada gigi. Jika dibutuhkan, dia bisa mengganti panjang atau lebar gigi.
  • Menambah lapisan resin tambahan: Untuk hasil optimal, dokter gigi pilihan anda mungkin perlu menerapkan beberapa lapisan resin komposit. Akhirnya, dia akan menghaluskan bahannya sehingga bisa menyatu dengan gigi alami anda.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan