Veneer Komposit Langsung [Bagian Pertama] – Untung dan Rugi

Global Estetik – Veneer komposit langsung adalah prosedur yang menawarkan manfaat kosmetik dan restoratif. Proses tersebut melibatkan penerapan material resin komposit ke gigi untuk menyembunyikan kekurangan kosmetik seperti retakan, perubahan warna, dan ketidaksempurnaan dalam bentuk atau ukuran. Veneer jenis ini juga bisa digunakan untuk mengisi rongga kecil dan memperbaiki gigi yang rusak. Dokter gigi anda akan memilih warna senatural mungkin sehingga cocok dengan warna gigi alami di sekitarnya dan menyatu dengan sempurna ke dalam senyuman anda.

Keuntungan

Bagi banyak pasien, proses ini lebih nyaman di kantong, namun tetap merupakan alternatif yang sangat baik untuk veneer porselen. Pasien lain tertarik pada fakta bahwa prosedur dental bonding ini tidak menimbulkan perubahan pada struktur alami gigi. Direct Veneer adalah prosedur yang sangat serbaguna karena dapat dilakukan secara tunggal atau bersamaan dengan perawatan gigi kosmetik dan restoratif lainnya seperti pemutihan gigi, pemasangan mahkota gigi, dan jembatan gigi. Ciri lain yang menarik dari proses ini adalah prosedur menghasilkan hasil instan. Anda bisa datang ke klinik dokter gigi pilihan anda dan setelah satu kali pertemuan anda akan kembali dengan senyum yang indah dan sempurna. Hasil bisa berlangsung bertahun-tahun dengan menjaga kebersihan mulut dan kunjungan gigi rutin yang tepat.

Kerugian

Ada lebih banyak kerugian daripada keuntungan dari jenis veneer ini. Mereka mungkin lebih murah tapi tidak tahan lama seperti jenis veneer lain yang berarti bahwa mereka harus diganti lebih sering. Jadi, anda mungkin akan membayar lebih dari jika Anda membeli veneer porcelain. Biasanya, lapisan komposit langsung tidak akan bertahan lebih dari 2 tahun. Ditambah lagi veneer jenis ini lebih rentan terhadap perubahan warna dibanding veneer lainnya. Kelemahan relatif mereka berarti bahwa mereka lebih mungkin untuk patah atau tetak serta tidak terlihat alami seperti jenis veneer lainnya. Ini adalah pertimbangan penting jika anda mencari senyum seputih mutiara.

Kandidat Pasien

Veneer komposit langsung dapat menyembunyikan ketidaksempurnaan kosmetik kecil seperti :

  • Gigi yang patah
  • Gigi yang mulai menguning dan bernoda
  • Gigi berselah
  • Gigi yang tidak sejajar
  • Gigi yang retak
  • Setelah melepas kawat gigi

Sangat umum bagi pasien untuk menjalani proses ini setelah memakai kawat gigi. Dengan cara ini, mereka dapat lebih meningkatkan hasil perawatan ortodontik mereka. Solusi ini juga bisa menutupi noda yang disebabkan oleh kawat gigi. Dalam beberapa kasus, pasien yang memakai kawat gigi bertahun-tahun mungkin telah memiliki kesenjangan baru pada deretan giginya, prosedur ini dapat mengatasi masalah tersebut.

Konsultasi Awal

Konsultasi awal akan memungkinkan anda dan dokter gigi pilihan anda untuk menentukan apakah veneer jenis ini adalah perawatan paling optimal untuk anda. Pertama, dokter gigi pilihan anda akan memeriksa gigi anda untuk mencari masalah kesehatan, seperti penyakit gusi. Dokter gigi perlu mengobati kondisi ini sebelum memulai prosedur dental bonding. Pada saat konsultasi, anda juga dapat mendiskusikan tujuan anda untuk perawatan ini, dan dokter gigi nantinya akan menentukan apakah direct veneer composite adalah pilihan yang tepat untuk mencapai tujuan anda. Begitu nantinya dokter gigi telah menentukan kecocokan anda untuk perawatan ini, dokter gigi pilihan anda akan mulai merencanakan rencana perawatan khusus bagi anda. Dia akan menentukan lokasi terbaik untuk resin komposit, dan anda juga dapat mendiskusikan perawatan tambahan yang mungkin ingin anda lakukan.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Comments 2

Add Comment

Tinggalkan Balasan