Tips Memilih Asupan Nutrisi yang Seimbang

klinik gigi jakarta

Tips Memilih Asupan Nutrisi yang Seimbang

Global Estetik – Beberapa makanan yang kaya nutrisi dan rendah kalori adalah salad dan sayuran. Beberapa makanan lain mungkin tinggi kalori tetapi rendah nilai gizinya. Misalnya, satu-satunya nutrisi yang terkandung dalam soda adalah karbohidrat dalam bentuk gula. Vitamin dan mineral tidak menyediakan kalori, tetapi mereka melayani fungsi penting lainnya dalam tubuh.

Ketika makanan dikonsumsi, nutrisi diserap melalui usus kecil dan pindah melalui darah ke hati, dan kemudian ke jaringan tubuh dan struktur yang membutuhkannya. Bergantung pada nutrisi, kelebihannya tidak diserap dan dikeluarkan dari tubuh, atau disimpan di dalam tubuh.

Karbohidrat, protein, dan lemak berlebih pada akhirnya disimpan sebagai lemak tubuh. Kelebihan vitamin A dan D juga disimpan dan dapat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang lebih besar dari yang direkomendasikan. Semua nutrisi akan melalui metabolisme aktif – bahkan nutrisi yang “disimpan” akan digunakan dan diisi ulang.

klinik gigi bandung

Memilih Diet yang Sehat

Diet sehat adalah diet yang memasukkan semua nutrisi penting dalam jumlah yang tepat untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit. Diet sehat didasarkan pada konsep variasi, keseimbangan, dan moderasi.

Variasi

Untuk mendapatkan variasi dalam diet seseorang, penting untuk memilih sejumlah makanan yang berbeda – tidak ada makanan tunggal yang dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisi harian. Variasi juga membuat makanan lebih menarik sambil memastikan diet mengandung nutrisi yang cukup.

Keseimbangan

Kita dapat mencapai diet seimbang dengan makan makanan dalam jumlah yang tepat dari kategori makanan yang direkomendasikan setiap hari. Menggunakan beberapa bentuk panduan dari para ahli dapat membantu dalam pemilihan makanan yang seimbang.

Moderasi

Sangat penting untuk memilih makanan dan minuman dalam ukuran porsi yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan energi sambil mengontrol kalori, total lemak, kolesterol, natrium, dan gula. Moderasi sangat penting untuk mempertahankan berat badan yang sehat yang juga dapat membantu melindungi terhadap penyakit kronis tertentu seperti penyakit jantung atau kanker.

Ada beberapa sumber yang tersedia untuk membantu mencapai diet sehat. Catatan ni berkisar dari informasi ilmiah terperinci tentang persyaratan nutrisi manusia yang ditemukan di Dietary Reference Intakes (DRIs), hingga aplikasi praktis seperti label Fakta Gizi dan pedoman diet.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat