Mengapa dan Bagaimana Cara Membersihkan Lidah yang Baik dan Benar [Bagian Kedua]

Mengapa dan Bagaimana Cara Membersihkan Lidah yang Baik dan Benar [Bagian Kedua]

Global Estetik – Seperti yang telah dibahas di bagian pertama dari series kebersihan lidah ini, bahwa Lidah merupakan salah satu organ penting dan vital dalam kehidupan kita, namun sayang terkadang kita masih sering melupakannya. Berlanjut kita akan membahas bagaimana cara membersihkan lidah dengan benar.

Ada dua cara utama membersihkan lidah dengan benar: menyikat dan membersihkannya. Menyikat lidah dengan lembut menggosok lidah dari belakang ke ujung dengan sikat gigi yang sudah dibasahi. Anda bisa melakukan ini dengan sangat efektif saat menyikat gigi dengan mengeluarkan pasta gigi berlebih setelah membersihkan gigi tapi sebelum membilas sehingga mulut dan sikat gigi anda tetap memiliki residu pasta gigi pada mereka. Kemudian dengan lembut gosok lidah, pipi, dan atap mulut anda sebelum membilas untuk mendapatkan manfaat proteksi dari pasta gigi dan kebersihan mulut secara keseluruhan.

Jika anda lebih memilih metode pembersihan lidah yang berbeda atau tambahan, cobalah scraper lidah. Perangkat ini dapat ditemukan dengan murah di sebagian besar toko obat. Mereka dirancang untuk meluncur di sepanjang permukaan lidah anda, melepaskan lapisan lendir lidah, serta bakteri dan kotoran yang menjebaknya. Untuk menggunakannya dengan  efektif, letakkan scraper di bagian belakang lidah sambil menjulurkan lidah keluar, dan berikan sedikit tekanan, geser scraper ke sepanjang permukaan lidah sampai ke arah ujungnya. Bilas scraper dan ulangi, pastikan untuk bergerak dari belakang lidah ke bagian depan agar tidak secara tidak sengaja menelan bakteri yang dikeluarkan. Setelah seluruh permukaan lidah dibersihkan, bersihkan dan keringkan scraper lidah, dan sikat dan bersihkan gigi anda seperti biasa.

Cara Membersihkan Lidah yang Baik dan Benar- Global Estetik Dental Care
Cara Membersihkan Lidah yang Baik dan Benar- Global Estetik Dental Care

Membersihkan lidah anda harus menjadi bagian dari rutinitas kesehatan mulut sehari-hari. Bakteri mulai terbentuk di permukaan gigi, gusi, pipi, dan lidah segera setelah disikat, jadi pembersihan lidah sehari-hari, seperti penyikatan dan flossing biasa, merupakan langkah penting dalam menangkal masalah kesehatan mulut.

Apabila anda merasakan bahwa setelah membersihkan lidah setiap hari menimbulkan ketidaknyamanan, anda mungkin menggosok atau scrapping terlalu keras. Tekanan yang dibutuhkan untuk membersihkan lidah tidak lebih dari jumlah yang dibutuhkan untuk sedikit menahan sikat gigi atau scraper lidah pada lidah anda. Lidah anda terdiri dari kulit halus yang bisa meradang atau terasa sakit saat ditekan terlalu keras, jadi jika anda merasa tidak nyaman, cobalah untuk berhenti membersihkan lidah selama satu atau dua hari sampai kulit lidah anda bisa pulih kembali dan kemudian coba lagi dengan caya yang lebih lembut.

Jika ketidaknyamanan ini disebabkan oleh luka, hentikan pembersihan lidah anda sampai masalah ini sembuh karena menggosok atau menggores daerah akan membuat iritasi dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Jika ini masalahnya, pastikan mengunjungi dokter gigi pilihan anda untuk mendapatkan saran lebih lanjut dan untuk memastikan bahwa apa yang menyakiti anda bukanlah bagian dari masalah kesehatan yang lebih besar.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat