Mengapa dan Bagaimana Cara Membersihkan Lidah yang Baik dan Benar [Bagian Pertama]

Global Estetik – Kebersihan gigi dan mulut bukan hanya sekedar menyikat gigi dan flossing, karena terkadang meskipun kamu telah melakukan dua hal primer ini kamu masih mendapati masalah bau mulut. Permasalahan tersebut bukan muncul dari salahnya teknik dalam kamu menyikat gigi atau salah dalam pemilihan produk kesehatan gigi, melainkan kamu kemungkinan besar tidak membersihkan lidah dengan benar. Berikut HOW and WHY dari membersihkan lidah dengan baik dan benar.

Lidah merupakan Organ yang Penting Bagi Kita, Lidah adalah salah satu fitu utama dari mulut yang memungkinkan kita untuk makan dan mengartikulasikan ucapan. Tanpa adanya lidah, kita tidak akan bisa merasakan apapun, bersiul ketika senang, memberitahu seseorang yang kita sayang tentang hari kita, atau mengunyah dan menelan secara efisien. Lidah merupakan bagian integral dari kehidupan kita, digunakan terus-menerus setiap hari, namun sebagian besar waktu kita gagal dalam memperhatikan kebersihannya.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa lidah adalah sebuah otot, tapi itu tidak sepenuhnya benar. Lidah sebenarnya adalah kelompok otot dengan masing-masing memiliki pekerjaan yang spesifik. Di ujung lidah ada otot kecil yang bisa bergerak cepat dan menggunakan permukaan gigi untuk menciptakan suara ujaran tertentu, seperti saat mengucapkan huruf ‘L’. Otot ini juga memindahkan makanan dari bagian depan mulut ke belakang dimana nantinya akan bercampur dengan air liur dan terpecah  menjadi potongan yang mudah tertelan.

Kelompok otot lain di lidah membantu mengubah bentuk lidah dan menggesernya ke atas dan ke bawah, sisi kanan ke sisi kiri, dalam dan keluar. Otot-otot di bagian belakang lidah memungkinkan kita untuk mengartikulasikan apa yang dikenal sebagai suara keras dan lantang saat berpidato, seperti huruf ‘K’ dan ‘G’. Mereka juga memindahkan makanan yang siap masuk ke kerongkongan dalam jumlah kecil dan terkontrol sehingga kita tidak tersedak.

Kebersihan Lidah sangatlah PentingSama seperti bakteri yang terbentuk di dalam dan di antara gigi kita, yang kemudian dapat mengeras menjadi plak dan karang gigi jika tidak dihilangkan dengan mengunjungi dokter gigi pilihan anda, bakteri juga dapat terbentuk di lidah kita. Permukaan lidah kita ditutupi oleh benjolan kecil yang disebut papila, dan di dalam alur benjolan ini terdapat kapabilitas untuk terkumpulnya bakteri, sel kulit mati, dan partikel makanan. Hal ini kemudian ditutupi oleh lapisan tipis lendir yang melapisi bagian berdaging dari mulut kita. Bakteri dan kotoran lainnya yang terperangkap di lidah bisa menyebabkan bau mulut, atau halitosis dan timbulnya warna putih pada lidah. Selain itu, bakteri di lidah dapat melakukan redeposit pada gigi dan gusi, bahkan setelah dibersihkan, sehingga dapat meningkatkan kemungkinan pembentukan plak dan karang pada gigi.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Comments 1

Add Comment

Tinggalkan Balasan