Frenektomi Depok – Kelainan pada gigi dan mulut ternyata dapat kita temui pada buah hati kita. Kelainan ini biasanya karena faktor genetika yang menyertai sang buah hati. Lalu apakah penanganan yang tepat untuk masalah yang satu ini? Berikut sedikit pembahasannya. 

Pengertian lip tie

Frenektomi DepokLip tie adalah sebuah kelainan yang seringkali dunia medis temui pada bayi. Kondisi ini terjadi karena ada selaput otot yang menjadi penghubung antara bibir atas dan gusi terlalu tebal.

Kondisi ini dapat menimbulkan kesulitan untuk aktifitas bayi salah satunya ketika menyusu. Untuk penyebab utamanya, kondisi ini masih belum dunia medis ketahui secara pasti. Berdasarkan pendapat para peneliti, bayi laki – laki biasanya memiliki resiko yang lebih besar  mengalami kondisi tongue tie daripada bayi perempuan 

Kondisi lip tie ini sebenarnya tidak berbahaya. Akan tetapi, kondisi ini juga dapat memberikan beberapa masalah untuk bayi. Dalam beberapa kasus, adanya lip tie dapat menyebabkan bayi kesulitan pada proses pertambahan berat badannya. Tapi tenang saja untuk masalah lip tie ini dapat medis perbaiki. Sehingga tidak memberikan masalah untuk tumbuh kembang si kecil. 

Lip tie normal

Dalam kondisi yang normal, lip tie dan tongue tie tidak memberikan masalah pada saat menyusui. Kondisi normalnya bagian elastis atau selaput penghubung yang ada tidak akan menghambat lidah ketika bayi sedang menyusui. 

Pada bayi normal, nyeri puting yang ibu alami biasanya hanya bertahan sampai hari ketiga menyusui. Seperti yang sudah kita ketahui, tongue tie dan lip tie ini terkadang dapat menimbulkan nyeri pada bagian puting terutama awal periode menyusui. Nah rasa nyeri pada ibu dengan bayi yang mengalami tongue tie ataupun lip tie biasanya dapat bertahan sampai lebih dari 2 minggu.

Lip tie pada bayi

lip tie pada bayi dapat kita ketahui dari beberapa tanda. Biasanya tanda bayi memiliki lip tie ketika si kecil mengalami kesulitan ketika pelekatan saat ingin menyusui.  Saat menyusui, si kecil terkadang menangis dengan histeris. Hal ini karena si kecil kesulitan untuk melekat dan mengisap ASI secara maksimal. 

Selain si kecil kesulitan menyusui, tanda lainnya yang dapat kita lihat adalah ketika si kecil sering tersedak dan sang ibu mengalami rasa sakit setiap menyusui. Alasannya karena ASI yang seharusnya bayi terima tidak dapat bayi terima dengan maksimal. Hal ini dapat membuat sang ibu mengalami mastitis dan juga akan membuat sang malaikat kecil mengalami kekurangan ASI.  

Baca Juga :  Apakah Rongga di Gigi Susu Berdampak pada Gigi

Klasifikasi lip tie

Pada kasus lip tie ada beberapa kategori yang dunia medis didasarkan pada tingkat keparahannya. Kategori lip tie ini antara lain:

  1. Lip tie 1 berupa terdapat jaringan atau frenulum tipis yang tidak begitu terlihat dan mengganggu sehingga tidak membutuhkan treatment khusus. 
  2. Tipe lip tie 2 memiliki frenulum yang menempel pada sebagian besar gusi. Kondisi ini lebih sering tidak menimbulkan keluhan. 
  3. Pada tipe lip tie ke-3, frenulum yang terbentuk berada pada area gusi bagian depan atas. Kondisi ini dapat menyebabkan bibir sulit bergerak dan menimbulkan resiko terjadi karies pada gigi bagian depan atas. 
  4. Untuk lip tie tipe 4, frenulum terbentuk hingga bagian langit – langit mulut. Kondisi ini membuat resiko karies gigi ikut meningkat karena bibir bagian atas menutupi gigi depan. Baik sebagian atau keseluruhan gigi. 

Frenektomi depok

Frenectomy atau frenektomi adalah salah satu prosedur dalam dunia medis khususnya untuk kesehatan gigi dan mulut. Prosedur frenektomi ini biasanya tim medis gunakan untuk mengangkat jaringan tipis yang ada pada lidah dan mulut yang bernama lip tie dan tongue tie. Frenektomi ini akan mengurangi tambatan atau jaringan yang mengikat bagian gigi dan lidah sehingga pergerakan di dalam mulut dapat lebih bebas. 

Ketika dokter melakukan prosedur frenektomi, dokter akan melakukan beberapa hal agar pasien tetap nyaman. Sebelum memberikan penanganan frenektomi, dokter akan memberikan anestesi terlebih dahulu. Anestesi ini agar pasien tidak mengalami rasa sakit selama penanganan.

Setelah anestesi sudah berjalan efektif, dokter baru mulai menangani frenulum yang ada. Frenulum yang ada akan dokter potong menggunakan gunting bedah, laser atau alat bedah. Setelah frenulum berhasil dokter angkat, dokter akan menutupnya dengan jahitan atau panas dari laser. 

Baca Juga :  Mencari Benang Merah Penyakit Periodontal dan Diabetes

Frenektomi global estetik depok

Agar kesehatan buah hati anda dapat terjamin, anda sebaiknya mempercayakan penanganannya pada dokter yang berpengalaman. Lalu dimana tempat yang tepat untuk melakukan penanganan khususnya frenectomy? Nah lokasi yang sangat recommended adalah di global estetik dental care.

Global estetik dental care adalah salah satu klinik untuk penanganan kesehatan gigi dan mulut yang berada di kota depok. Untuk keluhan tentang frenulum pada buah hati anda, global estetik dental care dapat menangani masalah anda. Dengan fasilitas yang mumpuni dan dokter yang memiliki segudang pengalaman, penanganan di global estetik dental care terjamin kualitasnya. 

Klinik ini juga menyediakan berbagai layanan kesehatan gigi. Pelayanan gigi yang tersedia ini antara lain pemasangan dan pembuatan veneer gigi, penambalan gigi, pembuatan impan, dan lain sebagainya. Selain itu, global estetik dental care juga dapat membantu anda melalui layanan konsultasi gratis yang tersedia. 

Oleh karena itu, percayakan saja penanganan kesehatan gigi dan mulut anda kepada global estetik dental care. Segera nikmati pelayanan global estetik dental care hanya dengan mengirimkan pesan whatsapp ke 0811-140-832. Agar informasi yang anda dapat lebih lengkap, kunjungi saja website kami di globalestetik.com. kunjungi juga klinik kami di Mall ITC Depok Lantai Mezanine No.1 (Sebelah Samsat ITC Depok) yang beralamat di Jl. Margonda Raya No. 56 Depok.