Frenektomi Bandung – kondisi gigi dan mulut tidak hanya dapat mengalami kelainan karena aktifitas sehari – hari. Ada juga kelainan yang dapat muncul sedari kita lahir.

Kelainan ini biasanya muncul karena faktor genetic yang kita bawa. Kelainan ini adalah adanya tongue tie dan lip tie.

Tongue tie dan lip tie adalah bentuk kelainan pada gigi dan mulut yang dapat terjadi bahkan pada bayi yang baru lahir. Kelainan satu ini muncul karena faktor genetika yang menyertai kita.

Lalu apakah lip tie dan tongue tie ini berbahaya? Bagaimana cara mengatasi masalah ini? Berikut sedikit ulasannya.

Lip tie apakah berbahaya?

Frenektomi Bandung

Lip tie dan tongue tie adalah kelainan yang ada dapat kita temui pada bayi yang baru lahir. Untuk tongue tie biasanya berupa terdapat selaput tipis yang menghubungkan bagian dasar mulut dengan bagian lidah.

Sehingga membatasi pergerakan lidah. Sedangkan lip tie adalah kondisi dimana terdapat selaput tipis yang menghubungkan mulut ke gusi bagian atas. lip tie juga dapat membatasi gerakan bibir bayi. 

Lalu apakah lip tie dan tongue tie berbahaya? Sebenarnya untuk lip tie dan tongue tie tidak terlalu berbahaya. Yang penting kondisi ini tidak membuat pertumbuhan bayi terhambat.

Pada sebagian kasus, bayi yang memiliki kelainan lip tie memiliki kesulitan ketika menyusui akan tetapi hal ini tidak menjadi masalah yang sangat serius. 

Lip tie kelas 3

Pada lip tie dan tongue tie juga memiliki klasifikasi tersendir bergantung pada kondisi frenulum atau jaringan tipis yang terbentuk.

Untuk lip tie terdapat 4 klasifikasi kelas. Kelas 1, kondisi frenulum tidak begitu terlihat, sehingga tidak mengganggu proses menyusui. Pada lip tie kelas 2, jaringan frenulum ini melekat pada sebagian area gusi. 

Untuk tipe 2 ini masih belum memerlukan penanganan medis. Pada lip tie kelas 3, kondisi frenulum terdapat pada area gusi tempat gigi depan terbentuk.

Hal ini bisa beresiko menimbulkan karies gigi. Untuk lip tie kelas 4 kondisi frenulum sudah meluas ke langit langit mulut, sehingga memerlukan penanganan medis. 

Pada klasifikasi tongue tie juga memiliki 4 klasifikasi. Tongue tie kelas 1 terdapat frenulum yang menempel pada bagian ujung lidah.

Untuk tongue tie kelas 2, biasanya frenulum berada di belakang ujung lidah. Penanganan medis biasanya mulai pasien butuhkan mulai dari tongue tie kelas 3. 

Pada tongue tie kelas 3, frenulum menempel pada bagian tengah lidah dan bagian tengah dasar mulut. Pada kelas 3 ini frenulum yang terbentuk biasanya kurang elastis.

Pada tongue tie kelas 4, frenulum yang ada menempel di bagian dasar lidah. Frenulum ini biasanya tebal dan kaku. Sehingga harus melakukan penanganan medis untuk memperbaikinya. 

Lip tie pada balita

Jika bayi atau balita anda memiliki tongue tie atau lip tie, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Dokter akan memeriksa kondisi tongue tie dan lip tie yang ada di pada bayi.

Jika kondisi tongue tie dan lip tie memerlukan penanganan, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan frenektomi. 

Frenektomi adalah prosedur medis yang dapat kita gunakan untuk memperbaiki tongue tie dan lip tie. Prosedur ini dapat menggunakan bius atau tidak menggunakan bius.

Setelah frenektomi selesai bayi dapat langsung menyusui. Pembedahan ini sangat efektif untuk mengembalikan proses menyusui sang buah hati. 

Frenektomi Bandung

Di kawasan bandung ada banyak lokasi yang menyediakan pelayanan untuk melakukan frenektomi. Biasanya untuk harga frenektomi akan bergantung pada kondisi frenulum yang ada.

Selain itu, klinik yang berbeda juga nantinya akan memberikan harga yang berbeda – beda. Yang terpenting dokter dalam klinik yang anda pilih adalah dokter yang dapat kita percaya. 

Frenektomi Global estetik bandung

Agar kesehatan gigi pada buah hati anda dapat terjaga, memeriksakan kondisi kesehatan gigi harus selalu kita pantau. Untuk menjaga kondisi gigi ini sebaiknya kita mencari klinik kesehatan gigi yang terpercaya. Lalu dimanakah lokasi yang tepat untuk menjaga kesehatan gigi? 

Lokasi yang dapat anda pilih adalah di global estetik dental care. Global estetik dental care menjadi salah satu klinik yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut anda. Dengan beranggotakan dokter yang berpengalaman, global estetik dental care dapat memberikan pelayanan yang terbaik. 

Global estetik dental care dapat membantu anda dalam menyelesaikan keluhan buah hati anda seperti masalah lip tie dan tongue tie, sakit gigi pada anak, atau pemasangan kawat gigi anda. Selain penanganan untuk masalah gigi anak, kami juga menyediakan perawatan kesehatan gigi untuk kalangan orang dewasa.

Global estetik dental care juga menyediakan pelayanan konsultasi secara gratis. Jadi kesehatan gigi keluarga dapat selalu terjamin. 

Untuk anda yang ingin menggunakan layanan dari global estetik dental care, anda sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu melalui nomor whatsapp 0811-140-832.

Atau datang saja ke klinik kami yang beralamat di jalan peta no. 241, Sukaasih, Bojongloa kaler, kota bandung. Tepatnya di mall festival citylink lower ground no. 5. Kunjungi juga website kami di globalestetik.com untuk mendapatkan informas selengkapnya. 

Baca Juga :  Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa