Yuuk Konsumsi Makan Ini Jika Ingin Menghindari Kerusakan Gigi

klinik gigi jakarta

Yuuk Konsumsi Makan Ini Jika Ingin Menghindari Kerusakan Gigi

Global Estetik – Asam intrinsik, yang diproduksi oleh tubuh, menyebabkan erosi gigi setelah muntah, regurgitasi, atau refluks, dan dapat sangat merusak gigi. Gastro-Esophageal Reflux Disease (GERD) sekarang menjadi penyebab erosi gigi dari asam hidroklorik (lambung). Masalah  ini bertanggung jawab atas erosi luas pada gigi yang terlihat dalam kondisi seperti bulimia dan anoreksia di mana refluks sering terjadi secara konstan.

Kebersihan mulut yang berlebihan dan kebiasaan menggertakkan gigi juga dapat memperburuk potensi erosi gigi. Menyikat gigi setelah mengonsumsi produk asam, sebelum air liur memiliki kesempatan untuk menetralkan asam dan mensterilkan kembali permukaan gigi, sebenarnya akan menyebabkan pengangkatan enamel yang melunak.

Pilihan Makanan yang Dapat Melindungi Gigi dari Pembusukan

Keju: Mengkonsumsi keju setelah camilan bergula dapat mencegah peningkatan keasaman. Keju merangsang air liur dan kaya akan kalsium yang akan mempengaruhi keseimbangan gigi yang mengalami kalsifikasi ulang dan melindungi gigi dari kehilangan kalsium.

dokter gigi jakartaSusu Sapi: Mengandung laktosa, yang lebih sedikit menghasilkan asam dibandingkan gula lain yang tidak akan mempercepat proses pembusukan. Selain itu, ia juga mengandung kalsium, fosfor, dan kasein, yang semuanya membantu menghentikan pembusukan. Namun pemberian susu botol di malam hari dapat menyebabkan pembusukan.

Sayuran: Berserat dan melindungi gigi dengan air liur yang diransang secara mekanis. Kacang tanah, keju keras, dan permen karet yang mengandung xylitol dapat bertindak dengan cara yang sama.

Teh Hitam & Hijau: Sangat kaya akan polifenol dan flavonoid, yang merupakan senyawa antioksidan kompleks yang ditemukan di banyak makanan nabati. Fluoride dalam teh hitam juga dapat melindungi gigi dari kerusakan.

Cokelat: Ada beberapa bukti bahwa kakao dalam bentuk yang tidak dimurnikan (tanpa tambahan gula) memiliki potensi anti-pembusukan karena adanya senyawa polifenol, tetapi cokelat olahan yang memiliki kandungan gula terlalu tinggi akan tidak baik untuk gigi.

Merawat gigi adalah hal yang penting jika Anda ingin gigi Anda bertahan seumur hidup! Berpegang teguh pada diet yang bernutrisi baik seperti konsumsi rendah gula bebas, tinggi serat dan minum lebih banyak air akan membantu melindungi kesehatan mulut dan gigi yang juga akan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan umum tubuh Anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat