Waktu Pasang Behel Paling Tepat untuk Umur 12 – 18 Tahun

waktu pasang behel

Waktu Pasang Behel Paling Tepat untuk Umur 12 – 18 Tahun

Global Estetik -Waktu pasang behel paling tepat adalah saat gigi permanen sudah tumbuh, yaitu sekitar usia 12–18 tahun. Maka saat usia tersebut terjadi pertumbuhan gigi yang tidak rapih, akan lebih baik segera dilaporkan ke dokter spesialis ortodonti untuk penanganan dini. “Semakin awal dikenali kerusakannya, maka akan semakin cepat pula penanganan menggunakan behel. Begitu pula sebaliknya ketika di usai dewasa baru mau memperbaiki gigi yang rusak,” ucap drg. Rachman.

Lama penggunaan behel gigi pada anak anak tergantung bagaimana mereka beradaptasi pada kawat gigi yang digunakan dan tingkat pertumbuhannya. “Anak anak biasanya akan diminta menggunakan behel sekitar 1.5 tahun hingga 3 tahun. Setelah itu akan dianjurkan menggunakan rentainer untuk menjaga kondisi gigi agar tetap rata,” tutur dokter gigi Rumah Sakit Awal Bros Batam.

Sementara itu untuk penggunaan behel gigi dewasa diperlukan lebih banyak kawat gigi, sehingga prosesnya akan lebih lama. Hal ini karena tulang sudah berhenti berkembang. Diketahui dalam satu paket behel terdapat komponen tertentu yang punya fungsi masing-masing.

waktu pasang behelBreket merupakan benda yang ditempatkan menempel di permukaan gigi dan saling terhubung melalui kawat gigi dengan fungsi untuk menekankan atau menggiring gigi ke posisi yang diinginkan.

Jenis Behel Gigi akan Mempengaruhi Waktu Pasang Behel

Ada juga buccal tube yang terletak gigi graham besar sebagai pengait, kawat gigi untuk membentuk pola gigi. O-Ring adalah karet untuk menahan gigi pada slot breket, power chain juga merupakan karet penarik gigi untuk menutupi gigi yang dibuang (cabut), serta open coil dan closed coil, spring sebagai kawat melingkar yang melilit di kawat gigi diantara dua breket. “Keseluruhan komponen itu jelas membuat tidak nyaman penggunanya, yang menjadi resiko pemasangan behel, namun itu tidak berlangsung lama,” ungkapnya.

Timbul rasa sakit, kurang memiliki tenaga untuk menggigit, gigi sedikit terasa longgar, bahkan mengalami cidera disebut sebagai risiko yang wajar. “Semua itu dapat diatasi dengan pola perawatan yang intensif,” sebut dokter gigi Rumah Sakit Awal Bros Batam.

Atasi rasa tidak nyaman pada kawat gigi dengan memilih makanan yang lunak, minum air dingin, minum obat pereda nyeri, kumur air garam, merungai konsumsi asam atau dengan kompres hangat. Yang paling utama pasanglah behel di spesialis ortodontis, karena dapat meminimalisir risiko yang didapat pasien.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat