Wajib Terpenuhi, Ini Empat Vitamin Yang Dibutuhkan Oleh Enamel

Wajib Terpenuhi, Ini Empat Vitamin Yang Dibutuhkan Oleh Enamel

Global Estetik – American Dental Hygienist Association mengatakan, bahwa gigi dibentuk oleh mineralisasi yang dimulai pada bulan keempat kehamilan. Setelah lahir, diet dan nutrisi mempengaruhi perkembangan dan kekuatan email gigi permanen. Enamel gigi terdiri dari mineral kalsium fosfat dalam struktur kristal.

The University of California-San Francisco mengatakan bahwa enamel tetap melekat secara integral pada dentin yang terbentuk pertama kali. Protein khusus dari sel hidup yang disebut ameloblast, bertanggung jawab untuk membangun enamel. Oleh karena itu, untuk mencegah kerusakan enamel, Anda harus memperhatikan asupan vitaminnya. Berikut ini adalah empat vitamin yang dibutuhkan oleh enamel:

Vitamin C

Vitamin Yang Dibutuhkan Oleh Enamel- Global Estetik Dental Care
Vitamin Yang Dibutuhkan Oleh Enamel- Global Estetik Dental Care

Menurut American Dental Hygienist Association, protein dalam dentin adalah kolagen. Seperti tulang, dentin mengandung kolagen dan bahan organik lainnya. Ini juga terdiri dari hidroksiapatit, struktur kristal yang terbuat dari mineral kalsium fosfat.

Kolagen dalam dentin tergantung pada vitamin C untuk sintesis dan merupakan komponen struktural tulang yang penting. Vitamin C juga penting untuk pertumbuhan, perbaikan dan pemeliharaan jaringan, tulang rawan, tulang dan gigi. Situs web Vitamin Express mengatakan bahwa vitamin C dapat melindungi gigi dari kerusakan gigi dengan memperlambat pertumbuhan bakteri berbahaya.

Vitamin D

Mempertahankan kadar kalsium penting untuk pertumbuhan tulang dan kepadatan tulang yang normal. Vitamin D sangat penting untuk kalsium yang akan digunakan oleh tubuh. American Dental Hygienist’s Association mengatakan bahwa “vitamin D sangat penting untuk proses dimana kalsium dan fosfor diendapkan ke kristal hidroksiapatit, matriks struktural tulang dan gigi.”

Vitamin Yang Dibutuhkan Oleh Enamel- Global Estetik Dental Care
Vitamin Yang Dibutuhkan Oleh Enamel- Global Estetik Dental Care

Jika tidak ada cukup vitamin D dalam makanan, tidak ada penyerapan kalsium yang cukup untuk memenuhi apa yang dibutuhkan tubuh. Menurut Vitamin Express, sebuah studi klinis mengenai suplemen vitamin D menunjukkan penurunan 14 persen pada kehilangan gigi.

Vitamin A dan K

Vitamin A dan vitamin K membantu menguatkan gigi. “Enamel gigi mengandung keratin, sejenis protein, dan membutuhkan vitamin A untuk pembentukannya,” menurut American Dental Hygienist Association. Vitamin K penting dalam fungsi pengikatan kalsium dari protein dan memainkan peran dalam pertumbuhan tulang dan kepadatan tulang yang normal.

Menurut Vitamin Express, “vitamin K membantu mencegah kerusakan gigi dengan mengganggu enzim pembentuk asam pada gigi.” Ini juga membantu produksi protein bernama osteocalcin, yang menarik kalsium ke dalam gigi. Setelah mengetahui semua jenis-jenis vitamin yang dibutukan oleh enamel, tentu Anda tak ingin kekurang vitamin tersebut, bukan? Hindari gigi rusak akibat kurang vitamin dengan memenuhi kebutuhan vitamin untuk enamel.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat