Waduh Kok Gigi Anak Saya Ga Tumbuh-Tumbuh Dok?

klinik gigi bandung

Waduh Kok Gigi Anak Saya Ga Tumbuh-Tumbuh Dok?

Global Estetik – Pola erupsi gigi pada anak akan berbeda pada semua tahap. Bahkan di antara saudara kandung, pola-pola ini tidak sama. Biasanya, gigi susu mulai tumbuh pada usia 6 hingga 7 bulan untuk gigi depan. Sekali lagi, rentang usia ini tidak tetap, mereka perlu selalu diberikan dalam jarak jauh dan bingkai waktu. Beberapa anak bisa tumbuh sangat terlambat, bahkan sampai 18 bulan untuk erupsi gigi pertama.

Di sisi lain, beberapa anak bisa memiliki gigi dengan sangat cepat mulai dari 3 bulan. Yang lain bahkan mungkin memiliki salah satu gigi bayi mereka saat lahir. Waktu penumbuhan gigi juga terkait dengan waktu erupsi. Jika gigi telah erupsi lebih awal, kemungkinan mereka akan rontok lebih awal juga.

Berkali-kali kami perlu ingatkan bahwa jika gigi pertama anak tumbuh mendekati 4 atau 5 bulan misalnya, mereka akan menjadi salah satu yang pertama di kelas mereka yang kehilangan gigi ini mungkin pada umur sekitar 5 hingga 6 tahun. Jika anak tersebut mendapatkan gigi pertama di atas usia satu tahun, mereka kemungkinan akan kehilangan gigi itu sedikit lebih terlambat, kadang-kadang bahkan melebihi usia 7 hingga 7 1/2 tahun. Pola erupsi awal dan akhir semuanya adalah varian alami dan bukan merupakan kelainan. Ini hanyalah variasi alami yang sederhana tanpa benar-benar ada kondisi yang mendasarinya.

Kapan keterlambatan erupsi gigi dapat dianggap sebagai masalah?

klinik gigi bandungPosisi gigi yang tidak normal, adanya gigi ekstra, adanya gusi yang tebal atau tulang yang sangat padat dapat mengganggu erupsi gigi. Terkadang, gigi mungkin tidak akan tumbuh sama sekali. Secara umum, ini adalah penyebab yang menyebabkan keterlambatan erupsi gigi yang abnormal. Ketika garis waktu erupsi berada di luar kisaran normal yang diberikan, dokter gigi anak Anda biasanya akan menyarankan pengambilan gambar sinar-X untuk menyingkirkan penyebab umum. Berdasarkan laporan sinar-X, maka langkah-langkah yang diperlukan dapat diambil.

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda khawatir tentang pertumbuhan gigi anak Anda?

Tidak semua anak akan berada sesuai dengan jadwal erupsi gigi. Penundaan tidak selalu menjadi masalah serius; namun, hal itu dapat menimbulkan risiko masalah gigi di kemudian hari dalam kehidupan anak Anda. Namun demikian, para ibu dan ayah harus membawa anak mereka ke klinik gigi anak ketika gigi bayi mereka tumbuh lebih lambat dari jadwal reguler.

Dokter gigi di seluruh dunia semua merekomendasikan agar orang tua membawa bayi mereka ke dokter gigi paling lambat saat ulang tahun pertama mereka. Dengan pemeriksaan gigi yang dini dan teratur, dokter gigi akan dapat mencegah masalah ini bahkan sebelum mereka timbul.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat