Vitamin dan Mineral Terbaik Untuk Gigi Anda [Part 2]

Global Estetik – Berikut Beberapa vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh anda dan sangat berguna dalam menunjang kesehatan gigi dan mulut anda.

Fosfor

Studi telah menunjukkan bahwa agar kalsium menyerap sepenuhnya ke dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan tulang yang sejat, ia perlu dipasangkan dengan fosfor. Sebagian besar produk susu mengandung fosfor dan kalsium bersama-sama, namun banyak suplemen kalsium tidak mengandung fosfor di dalamnya.

Ini berarti bahwa untuk menuai manfaat mengkonsumsi suplemen kalsium, fosfor harus dikonsumsi melalui asupan makanan. Makanan tinggi fosfor termasuk susu, keju, yogurt, daging merah, kacang-kacangan, kacang lentil, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Vitamin D

Vitamin D sangat penting bagi kesehatan mulut anda karena zat inilah yang memungkinkan kita menyerap kalsium. Tanpa mereka, seluruh mulut anda akan menderita kekurangan kalsium, menyebabkan gigi terbelakang, penyakit gusi, dan kerusakan gigi.

Anda bisa mendapatkan semua vitamin D yang dibutuhkan tubuh anda hanya dengan duduk di bawah sinar matahari langsung selama 15 menit setiap hari. Anda juga bisa mengonsumsi makanan seperti susu, telur, ikan, minyak ikan cod, dan bahkan beberapa serealia sarapan yang menambahkan vitamin D.

Vitamin E

Vitamin E telah dikaitkan dengan pencegahan penyakit periodontal dan bekerja melawannya dengan dua cara: satu cara adalah dengan mengurangi peradangan di mulut, kronis atau sebaliknya, dan yang lainnya adalah dengan menjadi antioksidan. Sifat antioksidan vitamin E melawan oksidasi jaringan gusi, yang dapat menyebabkan banyak masalah.

Untuk memasukkan lebih banyak makanan tinggi vitamin E dalam makanan anda, cobalah berbagai kacang dan biji, memasak dengan minyak nabati dan kuman gandum, sayuran hijau berdaun, ikan, dan alpukat.

Zat Besi

Zat Besi membantu menjaga jumlah sel darah merah pada tingkat yang sesuai, membiarkan sistem kekebalan tubuh bekerja sebagaimana mestinya dan melawan penyakit dan infeksi. Ini berarti bahwa tanpa zat besi yang cukup di sistem anda, melawan penyakit gusi dan infeksi mulut bisa lebih sulit dari yang seharusnya.

Untuk menjaga pertahanan anda bekerja dengan lancar, makan makanan kaya zat besi seperti telur, makanan laut, daging merah, roti dan sereal yang telah diperkaya dengan mineral, dan sayuran berdaun hijau.

Kalium

Kalium, juga dikenal sebagai vitamin K, berperan dalam kesehatan tulang karena menghambat zat tertentu dalam tubuh yang mendorong pemecahan tulang. Tidak hanya menjaga terhadap melemahnya struktur pendukung seperti rahang, tapi juga penting dalam penggumpalan darah. Ini berarti jika gusi anda kadang-kadang berdarah saat anda flossing, atau jika anda menderita luka lisan, darah akan menggumpal lebih efisien dan luka akan bisa sembuh lebih cepat.

Makanan yang mengandung potasium tinggi termasuk kacang polong, sayuran hijau berdaun gelap, squash, yogurt, susu, keju, jamur, pisang, dan alpukat.

 

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan