VENEER GIGI DI BANDUNG

Veneer gigi di bandung

Veneer gigi di bandung

 

Yuk Simak!

globalestetik.com – Apakah anda memiliki rencana untuk melakukan veneer gigi? Perlu anda tahu bahwa Veneer sendiri merupakan prosedur estetika atau kosmetik untuk meningkatkan tampilan pada gigi. Jika anda merasa memiliki retakan pada gigi yang ingin ditutupi ataupun gigi yang berubah warna, maka veneer gigi merupakan salah satu pilihan prosedur perawatan gigi yang sedang populer. 

Veneer gigi di bandung – Veneer gigi dapat mengubah tampilan wajah dan senyum anda dalam satu atau dua kali kunjungan ke dokter gigi. Veneer sendiri ialah cangkang tipis yang direkatkan pada permukaan gigi agar terlihat lebih baik. Namun, memasang veneer bisa juga menimbulkan efek samping dan kelemahan tertentu. 

Secara umum, Veneer terbuat dari bahan porselen dan resin komposit. Dokter gigi akan membantu menentukan bahan terbaik untuk anda. Setiap jenis veneer ini cenderung memiliki manfaat masing-masing, sebagai berikut.

Veneer Bahan Porselen

Veneer porselen merupakan benda berbentuk cangkang tipis yang dibuat khusus agar dapat pas di gigi. Manfaat veneer bahan porselen ialah:

  • Kuat dan tahan lama
  • Memiliki permukaan yang tampak lebih alami
  • Memiliki lebih sedikit email gigi yang perlu dihilangkan jika dibandingkan dengan mahkota atau tutup
  • Tidak mudah ternoda

Veneer Bahan Resin Komposit

Veneer resin komposit terbuat dari bahan pengisi sewarna gigi yang selanjutnya direkatkan ke gigi. Manfaat veneer bahan resin komposit adalah:

  • Lebih sedikit email gigi yang perlu dicabut untuk mahkota atau veneer porselen
  • Tidak arus terlalu sering periksa ke dokter gigi, terkadang veneer ini hanya membutuhkan satu kali kunjungan saja
  • Harganya cenderung lebih murah dibandingkan veneer porselen
  • Mudah diperbaiki apabila mengalami kerusakan. Meskipun veneer bahan komposit secara umun tidak sekuat atau tahan aus layaknya veneer bahan porselen. Veneer bahan komposit dapat diperbaiki dengan mudah dan cepat.

Efek Samping Saat Melakukan Veneer Gigi

Veneer gigi di bandung – Selain memberikan dampak pada tampilan gigi yang lebih optimal, tidak dapat dipungkiri bahwa perawatan veneer ini juga memiliki efek samping. Berikut ini efek samping veneer gigi yang perlu anda waspadai:

  • Tidak Meratanya Warna Gigi Asli

Warna veneer gigi ini tergantung pada warna dasar gigi aslinya. Sementara itu, warna alami gigi akan menentukan warna dan jenis veneer yang akan dipasang. Pemasangan veneer pada gigi bisa saja mengalami perubahan warna atau adanya noda di tepi gigi. Hal tersebut disebabkan karena masalah kelembaban saat dokter memasang veneer. 

  • Warna Pada Veneer Tidak Bisa Diperbaiki Apabila Sudah Terpasang

Salah satu kekurangan veneer ialah bahwa dokter tidak bisa memperbaiki warna veneer setelah memasangnya. Warna asli veneer biasanya bisa bertahan dalam waktu 5 hingga 10 tahun setelah dipasang. Pastikan kamu memasang veneer di dokter gigi yang sudah berpengalaman, supaya tidak menyesal. Dengan begitu, hasil yang ditampilkan akan maksimal serta anda akan merasa aman dan nyaman saat dalam prosedur veneer.

  • Dapat Muncul Masalah saat Pemasangan Veneer 

Veneer gigi di bandung – Munculnya masalah saat pemasangan veneer bisa saja terjadi. Sebagai contoh, posisi lapisan veneer tidak sesuai akan memicu kerusakan pada gigi. Kondisi ini bisa menyebabkan pembusukan pada bagian luar ditepian veneer. Perlu diketahui, lapisan veneer bisa saja berlendir atau bertekstur kasar. Hal ini dapat menyebabkan benang gigi masuk ke tepian veneer. Dan akibat yang akan timbul adalah sulit untuk membersihkan gigi dan menyebabkan gusi cenderung lebih rentan teriritasi.

  • Gigi Menjadi Sensitif

Pemasangan veneer mengharuskan dokter untuk mengikis enamel gigi dari permukaan gigi itu sendiri. Lapisan enamel yang dikikis paksa ini bisa saja membuat gigi menjadi sensitif. Gigi sensitif bisa menimnulkan rasa ngilu saat mengonsumsi makanan dan minuman dingin atau panas. Kondisi paling parah, bisa saja mematikan jaringan pada gigi. Hal ini dikarenakan lapisan enamel gigi terlalu banyak terkikis. 

Veneer gigi yang terbuat dari porselen bisa saja mudah retak. Gigi yang dipasang veneer dapat menjadi rusak saat mengunyah maupun menggigit benda atau makanan keras. Hal ini dapat memberikan tekanan banyak pada lapisan veneer, sehingga membuatnya longgar ataupun rontok. 

Yang Perlu Diperhatikan Setelah Pemasangan Veneer Gigi

Veneer gigi di bandung – Setelah prosedur veneer gigi, dokter biasanya memberikan arahan terkait larangan mengonsumsi makanan tertentu. Berikut yang perlu harus diperhatikan, di antaranya:

  • Hindarilah konsumsi makanan dan minuman berwarna dengan berlebihan, seperti halnya kopi, teh, soda, ataupun kunyit. Jenis makanan dan minum ini bisa mengubah warna veneer secara perlahan pada jangka panjang. 
  • Hindari mengkonsumsi makanan terlalu keras dan menggigitnya dengan gigi yang dipasang veneer.
  • Rutin membersihkan gigi. Sisa makanan bisa saja menimbulkan iritasi pada gusi ataupun gigi jika anda tidak membersihkannya. 
  • Rutin periksa kesehatan gigi ke dokter gigi, setidaknya setiap enam bulan sekali agar kesehatan rongga mulut selalu terjaga. 

Memahami Proses Veneer Gigi

Veneer gigi di bandung – Proses pemasangan veneer gigi tentunya berbeda-beda tergantung pada jenis veneernya. Bila Anda memilih veneer berbahan komposit, pemasangan biasanya dilakukan dalam sekali kunjungan. Pemasangan veneer komposit ini cukup dilakukan dengan mengikir sedikit enamel gigi lalu menempelkan resin bahan komposit di permukaan gigi secara langsung.

Selanjutnya, dokter akan membentuk resin komposit sesuai dengan bentuk dan warna alami gigi. Sedangkan, pemasangan veneer berbahan porselen memerlukan proses yang cenderung lebih panjang. Setelah pemeriksaan kondisi gigi, dokter akan mengambil foto gigi anda dan memilih warna veneer. Dokter akan melakukan pencetakan veneer pertama dengan alginate. Kemudian, cetakan tersebut dikirim ke laboratorium. Nantinya, petugas laboratorium akan membuat replika struktur gigi yang diinginkan. 

Veneer gigi di bandung – Selama menunggu hasil lab, dokter akan membuat veneer sementara. Pasien akan diperlihatkan replika veneer. Bila pasien setuju dengan replika tersebut, dokter baru mulai memasang veneer dengan mengambil struktur gigi atau mengikir gigi sesuai kebutuhan. Dokter biasanya cenderung memberikan obat bius lokal agar pasien tidak merasakan sakit, sebelum mengikir enamel gigi.

Pasien bisa pulang dengan veneer sementara, agar gigi tidak terasa ngilu. Pertemuan selanjutnya, dokter akan kembali mencetak gigi anda, kemudian dikirim ke lab untuk membuat cangkang yang nanti akan dipasang pada permukaan gigi. Proses cetak gigi biasanya memerlukan waktu sekitar 2 hingga 4 minggu. 

Dokter akan membersihkan gigi anda dahulu sebelum pemasangan cangkang pada permukaan gigi. Proses pembersihan gigi ini penting untuk mencegah bakteri terperangkap di bawah lapisan yang menyebabkan pembusukan. Setelahnya, proses pemeriksaan kecocokan ukuran cangkang dengan warnanya.

Dokter mungkin akan berkali-kali melepas dan memotong veneer untuk mendapatkan hasil yang benar-benar sesuai. Kemudian, dokter baru akan mengoleskan semen khusus di permukaan gigi yang sudah dikikir agar veneer dapat merekat kuat. Semen pun dikeringkan menggunakan sinar ultraviolet, ketika cangkang sudah menempel pada posisi yang tepat.

konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bandung di

Mall Festival citylink lantai LG No.5

Jl. Peta No.241, Suka Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40232

( Persis di depan Lotte Mart )

Buka senin s/d minggu jam 10.00 – 20.00

KLIK https://wa.me/6282115308250

Telpon Klinik: 081617313156

Telpon Perawat : 089634411946 (Tandri)

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+festival+citylink+bandung/@-6.5569375,106.6514723,9z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e68e61d5502df2d:0x9633d74659c39b47!2m2!1d107.586576!2d-6.929581

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kota Bandung – https://globalestetik.com/kota-bandung

 

Penulis oleh Drg Arnof