VENEER GIGI BOGOR DEPOK

 

 

Veneer Gigi Bogor Depok – Saat ini, veneer menjadi salah satu tren kecantikan yang ramai digandrungi, terutama para wanita. Selain bisa memperbaiki struktur pada gigi, prosedur perawatan veneer gigi juga bisa mempercantik penampilan anda pada saat tersenyum. Tertarik ingin mencoba veneer gigi? Sebelum itu, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum anda berangkat ke dokter gigi.

 

veneer gigi bogor depok

veneer gigi bogor depok

 

Definisi Veneer Gigi

Veneer Gigi Bogor DepokApasi veneer gigi itu? Nah, veneer gigi merupakan perawatan gigi yang bertujuan untuk memercantik tampilan gigi anda dengan cara menutup kekurangan pada gigi anda seperti bentuk, warna, sampai ukuran gigi. Veneer itu sendiri adalah cangkang tipis yang melapisi gigi depan anda. Bahan yang digunakan untuk membuat cangkang ada bermacam-macam, ada veneer yang terbuat dari porselen dan ada juga veneer yang terbuat dari komposit.
Veneer Gigi Bogor DepokVeneer berbahan porselen ini lebih sering menjadi pilihan karena bahannya cenderung lebih awet dan tidak akan memunculkan warna putih yang terlalu mencolok dimata. Veneer porselen ini biasanya dibuat di laboratorium. Sedangkan, veneer komposit  bisa dibuat langsung dan dikerjakan oleh dokter tanpa menggunakan laboratorium khusus. Biaya perawatan veneer gigi akan disesuaikan dengan jenis bahan yang digunakan dan jumlah gigi yang akan dipasangkan veneer.

Manfaat Veneer Gigi

Sebelum memasang dan melakukan veneer gigi, terlebih dahulu kita harus mengetahui manfaatnya. Selain membuat tampilan gigi lebih putih dan bersih, pemasangan veneer pada gigi juga bermanfaat untuk mengatasi:

  • diskolorasi gigi yang sudah tidak bisa diperbaiki dengan perawatan bleaching gigi, misalnya disebabkan oleh fluorisis, pemakaian obat seperti tetrasiklin yang bisa meninggalkan noda, atau kelainan amelogenesis imperfecta,
  • fraktur pada gigi ( terjadi gigi patah atau retak),
  • bentuk gigi yang tidak normal, dan
  • malposisi gigi yang ringan saja.

Veneer itu tidak sama dengan prosedur perawatan implan gigi atau pemasangan mahkota gigi tiruan. Veneer itu untuk menutupi permukaan depan gigi, sementara implant itu menggantikan gigi yang sudah lepas. Di sisi lain, pemasangan mahkota gigi membungkus semua bagian sisi gigi yang ada di atas tepi gusi anda.

Perlu anda tahu, tidak semua orang bisa melakukan perawatan veneer. Beberapa orang yang tidak dianjurkan untuk melakukan prosedur perawatan veneer gigi di antaranya adalah:

  • orang-orang yang mempunyai gangguan tidur
  • orang yang memiliki kondisi edge-to-edge relation, yaitu ketika gigi seri atas dan gigi seri bawah mengalami tabrakan langsung diujungnya, dan
  • orang-orang yang memiliki oral hygiene yang buruk.
Baca Juga :  4 Manfaat Gigi Kelinci Bogor

 

 

Persiapan dan Proses Veneer Gigi

Proses pemasangan veneer gigi bisa berbeda setiap orangnya tergantung pada jenis veneernya. Bila anda memilih jenis veneer komposit, pemasangan bisa dilakukan hanya dalam satu kali kunjungan saja. Pada pemasangan veneer komposit cukup dilakukan dengan cara mengikir sedikit enamel gigi dan menempelkan resin komposit di permukaan gigi anda secara langsung. Dokter kemudia akan membentuk resin komposit sesuai bentuk dan warna alami gigi anda. Berbeda dengan cara pemasangan veneer porselen yang memerlukan proses lebih panjang. Setelah dokter memeriksa kondisi gigi anda, dokter akan mengambil foto gigi anda, kemudian memilih warna untuk veneer, dan dokter akan melakukan pencetakan gigi pertama menggunakan alginate. Setelah itu, cetakan tersebut kemudian dikirim ke laboratorium. Nantinya, petugas di laboratorium akan membuat replika struktur gigi yang diinginkan. Selama menunggu hasil dari laboratorium, dokter juga akan membuat veneer sementara. Hasil dari mock up atau replika struktur gigi akan diperlihatkan kepada pasien. Apabila pasien setuju dengan hasil mock up yang disediakan, dokter baru akan memulai memasang veneer dengan mengambil struktur gigi anda atau mengikir gigi anda sesuai kebutuhan. Sebelum dokter mengikir enamel gigi, dokter mungkin akan memberikan obat bius lokal agar anda tidak akan merasa sakit. Supaya gigi tidak terasa ngilu, pasien dapat pulang dengan veneer sementara.

Pada perawatan pertemuan selanjutnya, dokter akan kembali mencetak gigi anda. Cetakan ini nantinya akan kembali dikirim ke laboratorium untuk membuat cangkang yang nantinya akan dipasang pada permukaan gigi. Proses cetak gigi ini biasanya memerlukan waktu hingga sekitar 2-4 minggu. Dokter kemudian akan membersihkan gigi anda terlebih dahulu sebelum memasang cangkang di permukaan gigi. Proses pembersihan gigi ini penting dilakukan untuk mencegah bakteri-bakteri terperangkap di bawah lapisan dan akan menyebabkan pembusukan. Setelahnya, dokter akan memeriksa kesamaan ukuran cangkang dan warnanya terhadap gigi anda. Dokter mungkin saja akan berulang kali melepas dan memotong veneer agar bisa benar-benar mendapatkan hasil yang bagus. Kemudian dokter akan mengoleskan semen khusus di atas permukaan gigi yang tadi telah dikikir agar hasil veneer dapat merekat kuat. Ketika cangkang telah menempel pada posisi yang tepat, semen pun kemudian dikeringkan menggunakan sinar ultraviolet melalui alat penyinar.

 

veneer gigi di bogor depok

 

Bagaimana cara merawat gigi setelah veener?

Proses penyembuhan setelah pemasangan veneer gigi terbilang singkat. Setelah lapisan veneer terpasang dan efek obat bius hilang, bahkan anda sudah dapat makan dan mengunyah lagi seperti biasa. Akan tetapi anda tetap harus berhati-hati agar lapisan veneer gigi yang menyelimuti gigi anda dapat bertahan lebih lama, berikut ini beberapa perawatan khusus yang harus anda lakukan.

  1. Rutin menyikat gigi
Baca Juga :  Faktor Historis dalam Penanganan Diabetes dan Periodontal

Meski perawatan ini dapat membuat gigi anda putih bersih, anda tetap harus tetap rajin menyikat gigi. Kebersihan gigi yang kurang baik dapat memengaruhi kualitas lapisan veneer yang menempel di permukaan gigi. Maka dari itu, sikatlah gigi sebanyak dua kali sehari pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur serta pastikan cara menyikat gigi Anda benar dan tepat. Jangan menyikat terlalu keras dan gunakan sikat gigi yang memiliki bulu yang halus.

  1. Flossing gigi

Flossing merupakan teknik membersihkan gigi dari kotoran menggunakan benang. Pastikan anda rajin membersihkan gigi dengan benang seusai menyikat gigi. Gesekkan benang dengan perlahan jangan sampai mengenai gusi karena benang dapat membuat gusi anda terluka.

  1. Berkumur dengan mouthwash

Obat kumur dapat membersihkan sisa makanan yang menempel di permukaan dan juga efektif melawan bakteri yang bersarang di mulut serta dapat menyegarkan pernapasan.

  1. Menghindari makanan keras dan lengket

Penting bagi Anda untuk memerhatikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi setiap hari. Itu karena sejumlah makanan bisa menyebabkan lapisan veneer pada permukaan gigi rusak atau bahkan pecah karena tekstur makanan yang keras atau lengket.

  1. Hentikan kebiasaan menggigit benda

Kebiasaan menggigit benda yang keras seperti pensil, es, atau jari kuku harus dihindari karena kedua hal tersebut dapat mengikis lapisan veneer pada gigi

  1. Rajin kontrol ke dokter gigi

Dengan pemeriksaan yang rutin dilakukan, dokter bisa memastikan bahwa kondisi veneer dan kondisi gigi anda dalam keadaan baik dan sehat.

 

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

 

Dan

 

Global Estetik Cabang Depok

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372

 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

 

Penulis oleh Drg. Arnof