Usia Yang Sesuai Untuk Penggunaan Kawat Gigi

dokter gigi jakarta

Usia Yang Sesuai Untuk Penggunaan Kawat Gigi

Global Estetik – Memang kadang kala sebagai orang tua akan cemas ketika melihat susunan gigi anak tidak teratur, namun anda jangan terburu-buru untuk menyimpulkan dengan memasang kawat gigi atau behel sebelum anda mengetahui usia ideal anak dalam pemasangan behel.

Memang tak semua orang beruntung memiliki susunan gigi yang rapi dan indah, karena tak sedikit pula orang yang memiliki masalah pada gigi mereka mulai dari Gigi berjejal, posisi gigi yang maju, miring, atau bahkan tumpang tindih.

dokter gigi depok

Perkembangan rahang dan juga pergantian gigi susu ke gigi dewasa terjadi dari umur 6 tahun, dan usia ideal seorang anak untuk melakukan evaluasi perawatan ortodonti adalah di umur 8 hingga 10 tahun. Hal ini disebabkan karena usia tersebut dokter gigi mampu memprediksi perkembangan rahang dan juga susunan gigi sang anak. Bila ditemukan keadaan yang mempengaruhi keadaan susunan gigi, itu merupakan hal yang tidak baik maka dokter dapat melakukan pendekatan pemasangan kawat gigi untuk memodifikasi pertumbuhan rahang serta posisi gigi.

Untuk kasus yang ringan, umumnya pemasangan behel pada anak dilakukan ketika mereka masuk di usia 13 hingga 15 tahun, usia tersebut merupakan usia dimana keseluruhan gigi yang mereka miliki telah berupa gigi tetap. Pemasangan kawat pada anak ini termasuk dalam perawatan ortodonti, yakni usaha fisiologi untuk memodifikasi serta membantu pertumbuhan rahang dan gigi ke arah yang ideal.

Biasanya dokter akan melakukan analisis radiografi dan juga pencetakan terhadap kondisi mulut sang anak, sebelum dilanjutkan perlakuan perawatan ortodonti tahap berikutnya. Untuk mendapatkan perawatan secara tepat, ada baiknya bila orang tua membawa sang anak ke dokter gigi yang memiliki pemahaman lebih. Selain itu, anda juga perlu mempersiapkan mental anak anda sebelum menggunakan kawat gigi.

Jangan paksa anak apabila si anak tidak siap untuk melakukan pemasangan behel, karena anda juga perlu menerapkan disiplin dalam menjaga kebersihan mulut. Karena bila anda melakukan perawatan ortodontik tanpa imbangi dengan kebersihan mulut, maka perawatan ini mampu menyebabkan peradangan pada gusi dan karies gigi sang anak.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat