Uang Kertas Ternyata Dapat Membahayakan Kesehatan

Uang Kertas Ternyata Dapat Membahayakan Kesehatan

Uang merupakan alat pembayaran untuk mendapatkan barang. Uang yang digunakan untuk transaksi sehari-hari terdiri atas uang logam dan uang kertas. Namun tahukan Anda, bahwasanya uang kertas dapat membahayakan kesehatan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Frontiers in Microbiology menemukan, uang kertas dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri yang menjadi penyebab penyakit.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mengumpulkan uang kertas yang diambil dari 12 rumah sakit dan tiga stasiun yang ada di Hong Kong. Uang tersebut kemudian diusap untuk mengecek apakah terdapat serangga yang dapat bertahan di uang kertas tersebut. Selain itu, para peneliti juga mengambil sampel dari tangan orang, air minum, udara di stasiun dan genangan air. Setelah dilakukan analisis pada sampel-sampel tersebut, para peneliti menemukan bahwa uang kertas ternyata menyimpan lebih banyak jenis penyakit yang berasal dari tempat-tempat lain yang diuji di atas.

Bakteri yang menempel di uang kertas, 36 persen di antaranya merupakan bakteri yang bersifat patogenik, artinya, bakteri tersebut dapat membuat seseorang sakit. Beberapa bakteri tersebut antara lain bakteri E.coli dan Clostridium difficile. Kedua bakteri tersebut dapat menyebabkan penyakit serius. Selain itu, para peneliti juga menemukan, uang kertas memiliki jumlah bakteri yang resisten terhadap antibiotik jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tempat-tempat lain yang telah disebutkan di atas.

Uang kertas dapat terkontaminasi oleh kuman dari permukaan benda atau dari udara. Namun bukan hanya itu saja, perilaku yang tidak higienis dari pemegangnya juga akan menyebabkan timbulnya bahaya penyakit, seperti batuk ke tangan lalu menyentuh uang, dan tidak mencuci tangan setelah dari toilet. Seperti yang kita ketahui, uang terus berpindah tangan, sehingga kontaminasi bakteri pada uang kertas juga semakin menumpuk. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan, pastikan selalu mencuci tangan setelah memegang uang.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat