Tips untuk Berkompromi dengan Gigi Sensitif

klinik gigi jakarta gigi sensitif setelah pakai behel

Tips untuk Berkompromi dengan Gigi Sensitif

Global Estetik – Munculnya sensitivitas pada gigi terjadi ketika dentin, lapisan kedua gigi, menjadi terbuka. Dentin memiliki saluran mikroskopis yang disebut tubulus, yang merupakan jalur menuju ke area yang diisi saraf. Ketika tubulus ini terpapar, saraf akan lebih mudah dipicu oleh rangsangan tertentu yang menyebabkan sensitivitas gigi. Lantas Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi sensitivitas gigi yang Anda rasakan?

  • Hindari minuman dan makanan yang sangat panas atau dingin.
  • Hindari makanan dan minuman yang asam.
  • Gunakan pasta gigi untuk gigi sensitif.
  • Hindari pasta gigi yang memutihkan karena dapat bersifat abrasif.
  • Sikat gigi Anda dengan lembut dan gunakan sikat gigi berbulu halus.
  • Sikat dan gosok gigi Anda secara teratur untuk menghindari penyakit gusi dan resesi gusi.
  • Kunjungi dokter gigi Anda untuk pemeriksaan karena mungkin ada alasan lain dibalik munculnya sensitivitas pada gigi Anda seperti resesi gusi, email terkikis, retaknya atau penyakit gusi.

klinik gigi jakarta

Apa saja perawatan yang tersedia di dokter gigi untuk mengobati masalah sensitivitas pada gigi?
  1. Dokter gigi dapat menerapkan agen de-sensitisasi pada gigi sensitif yang dapat membantu mengurangi sensitivitas.
  2. Jika Anda menderita resesi gusi atau abrasi gigi, maka area yang terbuka dapat ditutupi dengan tambalan berwarna gigi untuk melindungi gigi dan menghilangkan kepekaan.
  3. Dalam kasus resesi gusi yang parah, operasi cangkok gusi dapat dilakukan oleh dokter spesialis gusi untuk menutupi akar yang terpapar tetapi ini biasanya hanya akan dilakukan pada kasus yang parah.
  4. Jika Anda menggertakkan gigi maka dokter gigi Anda dapat menyesuaikan night guard untuk Anda kenakan saat Anda tidur.
  5. Jika Anda memiliki gigi yang patah maka dokter gigi Anda dapat memperbaiki fraktur dan karenanya menghilangkan sensitivitasnya.

Akan sulit untuk dapat mengetahui masalah yang menyebabkan timbulnya sensitivitas pada gigi. Dibalik masalah ini, ada berbagai penyebab yang hanya dapat diketahui dengan pasti oleh dokter gigi. Oleh karenanya, adalah langkah terbaik untuk berkonsultasi dengan dokter gigi Anda sebelum dapat menentukan potensi penimbul masalah ini dan mengobatinya berdasarkan kondisi dan kebutuhan Anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat