Global Estetik – Anak-anak dengan kawat gigi harus melindungi diri mereka dengan baik untuk menghindari pteosni kerusakan atau gangguan perawatan kawat gigi tersebut. Tetapi dengan pedoman tentang pemakaian dan perawatan yang tepat, anak Anda bisa mendapatkan yang terbaik dari perawatan ortodontik mereka.

Mengapa Perawatan Sangat Penting untuk Kawat Gigi

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari kawat gigi, anak Anda harus merawatnya dengan sangat baik. Ini berarti mereka harus makan makanan yang tepat, mengembangkan kebiasaan sehat, membersihkan gigi dan kawat gigi dengan benar, dan mengunjungi praktik ortodontik mereka untuk pemeriksaan rutin dan perbaikan yang diperlukan.

Jika seorang anak menyalahgunakan kawat gigi mereka, mereka mungkin akan memerlukan perjalanan yang lebih sering ke dokter gigi di Global Estetik untuk perbaikan yang sangat mahal. Ini dapat membuat kawat gigi yang harganya terjangkau menjadi lebih mahal dari yang diharapkan. Untuk memastikan hasil yang lebih baik dan menghindari penambahan biaya pada kawat gigi, ada beberapa pedoman umum yang harus diikuti oleh semua anak dengan kawat gigi.

klinik gigi bandung

Para ahli ortodontik keluarga sepakat bahwa makanan yang dimakan anak Anda dapat memengaruhi kawat gigi dan giginya. Diet harian anak-anak dapat meringankan atau mempersulit perawatan ortodontik mereka. Itu sebabnya dokter gigi di Global Estetik merekomendasikan pedoman diet berikut:

  • Makanlah makanan yang lembut dan mudah dikunyah.
  • Lakukan diet yang sehat dan seimbang.
  • Jangan makan makanan yang sangat keras seperti kacang, permen keras, atau kue kering yang dapat merusak kawat gigi dan membutuhkan perjalanan mahal ke dokter gigi untuk perbaikan.
  • Potong buah dan sayuran menjadi potongan-potongan kecil sebelum makan untuk mengurangi stres pada kawat gigi.
  • Jangan makan makanan lengket seperti karamel, permen karet karena mereka bisa menempel pada kawat gigi.
Perawatan dan Pembersihan Kawat Gigi

Sama pentingnya dengan diet anak-anak saat menjalani perawatan ortodontik adalah bagaimana mereka merawat kawat gigi mereka. Penting bagi anak-anak untuk mengikuti langkah-langkah sederhana ini untuk menjaga kawat gigi mereka agar tetap dalam kondisi prima:

  1. Segera kunjungi dokter gigi untuk memperbaiki atau mengganti bracket atau kabel yang rusak.
  2. Jangan mengunyah atau menggunakan gigi pada zat keras seperti es, pensil, plastik, atau logam karena ini dapat merusak kawat gigi.
  3. Sikat gigi setidaknya dua kali sehari, tetapi sebaiknya setelah setiap kali makan.
  4. Gunakan sikat gigi kecil berbulu halus.
  5. Gosok perlahan dalam gerakan melingkar di sepanjang garis gusi untuk menghilangkan partikel dan plak makanan.
  6. Sikat kawat gigi dengan sangat lembut, namun dengan kuat untuk membersihkan gigi Anda dengan aman.
  7. Hubungi praktik ortodontik dengan pertanyaan atau masalah apa pun tentang perawatan kawat gigi.