Tips Merawat Gingivitis di Rumah

klinik gigi bandung

Tips Merawat Gingivitis di Rumah

Global Estetik – Penyakit gusi adalah istilah luas yang mengacu pada infeksi gusi. Ini terjadi akibat pembentukan plak di gigi. Jika plak itu tidak dihilangkan dengan menyikat dan flossing, mereka bisa mengeras menjadi karang gigi, yang dipenuhi bakteri dan tempat penampungan infeksi yang terus tumbuh. Tartar itu tidak dapat diangkat di rumah; itu hanya bisa dihilangkan oleh dokter gigi pilihan anda. Semakin lama itu berada di gigi anda, semakin banyak bakteri yang dapat merusak.

Pada tahap awal, penyakit gusi tidak berbahaya. Stadium paling ringan disebut gingivitis, dan sering menyebabkan gejala seperti bengkak, gusi merah gelap yang mudah berdarah saat anda menyikat atau flossing. Tahap ini juga bisa disertai dengan bau mulut dan gusi yang surut. Selama tahap ini, penyakit gusi tidak terlalu sulit untuk dilawan. Tetapi jika tidak diobati, itu bisa menjadi lebih buruk dengan cepat.

Tahap berikutnya penyakit gusi disebut periodontitis, dan jauh lebih serius. Selama tahap ini, celah dapat terbentuk di antara gigi anda, dan anda mungkin melihat nanah di antara gigi dan gusi. Gigi dapat tumbuh longgar selama tahap penyakit ini, dan mungkin menjadi menyakitkan untuk dikunyah. Pada periodontitis lanjut, anda benar-benar dapat mulai kehilangan gigi. Periodontitis lanjut dapat meningkatkan risiko komplikasi dengan hati, ginjal, dan bahkan jantung.

Merawat Gingivitis di Rumah- Global Estetik Dental Care
Merawat Gingivitis di Rumah- Global Estetik Dental Care
Mengobati Gingivitis di Rumah

Kabar baiknya adalah, tahap awal penyakit gusi dapat dirawat di rumah. Langkah pertama adalah memastikan kebersihan gigi dengan baik. Anda harus menyikat dua kali sehari dan flossing setiap hari. Pastikan untuk menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi berfluoride, untuk memerangi pembusukan. Dan ingat, menyikat lebih kuat tidak berarti itu lebih efektif! Anda harus melakukannya dengan lembut tetapi teliti, terutama karena gusi anda akan lebih sensitif jika anda memiliki gingivitis.

Merawat Gingivitis di Rumah- Global Estetik Dental Care
Merawat Gingivitis di Rumah- Global Estetik Dental Care

Menambahkan obat kumur ke rutinitas anda juga dapat membantu selama waktu ini. Sesuatu yang sederhana seperti bilasan air garam dapat membantu mengobati radang gusi. Berkumur di selama satu menit atau lebih untuk membantu mengurangi peradangan. Anda juga bisa mencoba obat kumur dengan minyak pohon teh, yang menurut penelitian dapat membantu mengurangi pendarahan yang terkait dengan gingivitis. Ada juga beberapa bukti bahwa teknik yang disebut “oil pulling,” ketika dilakukan dengan minyak kelapa, dapat menurunkan pembentukan plak pada pasien dengan gingivitis.

Tentu saja, jika anda menduga bahwa anda menderita radang pada gusi, langkah pertama adalam membuat janji utuk bertemu dengan dokter gigi pilihan anda. Pembersihan dapat membuat plak terlepas sehingga tidak ada kerusakan lebih lanjut, dan dokter gigi juga dapat mengevaluasi kesehatan gusi dan memberikan saran untuk perawatan di rumah.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat