Tips Mencegah Kerusakan Gigi dan Gusi

Tips Mencegah Kerusakan Gigi dan Gusi

Jenis makanan yang dikonsumsi dan kebiasaan makan sehari-hari tidak hanya berpengaruh pada berat badan saja. Hal ini juga akan berdampak pada kesehatan seperti kesehatan gusi, gigi dan mulut. Misalnya ketika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Seperti yang kita ketahui, gula merupakan salah satu pemicu rusaknya gigi seseorang. Hal ini disebabkan karena proses kerusakan gigi ini terjadi ketika plak bersentuhan dengan gula yang ada di dalam mulut. Setelah itu, gula dan plak tersebut akan menghasilkan asam dan secara perlahan dapat merusak gigi.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan manis agar kerusakan gigi dapat dicegah. Selain itu, untuk mencegah kerusakan gigi, Anda juga dapat memulainya dengan membiasakan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi. Jika tidak memerhatikan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, maka jaringan yang ada di mulut akan sulit untuk melawan infeksi. Hal ini juga berkontribusi terhadap penyakit gusi. Penyakit gusi yang parah merupakan penyebab utama hilangnya gigi yang dialami oleh orang dewasa.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah gigi dari kerusakan, berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda.

  1. Minum banyak air putih.

Air putih memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya untuk mencegah kerusakan gigi dan membuat gigi, gusi serta mulut tetap sehat. Jadi, jangan lupa minum kurang lebih 8 gelas air putih setiap hari.

  1. Konsumsi biji-bijian, sayur, buah, sumber lemak baik dan susu rendah lemak.

Selain rutin minum air putih, untuk mencegah kerusakan gigi sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan berupa biji-bijian, sayuran, buah, sumber lemak baik dan minum susu rendah lemak.

  1. Membatasi camilan.

Jika kebiasaan camilan tidak bisa dihilangkan, Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi camilan berupa buah atau sepotong keju. Selain itu, Anda juga harus membatasi konsumsi makanan ringan atau camilan, karena mengkonsumsi makanan ringan sepanjang hari akan membuat ait lir lebih banyak dilepaskan.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kerusakan gigi dan membuat kesehatan gigi tetap terjaga. Selain itu, untuk kesehatan gigi yang lebih baik sebaiknya rajin menyikat gigi dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, dan rutin periksa gigi ke dokter gigi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat