Tips Kesehatan Gigi Untuk Sang Calon Ibu

klinik gigi bandung

Tips Kesehatan Gigi Untuk Sang Calon Ibu

Global Estetik – Banyak wanita hamil melewatkan kunjungan ke dokter gigi dengan anggapan bahwa perawatan gigi selama kehamilan dapat membahayakan bayi mereka. American Dental Association, American Congress of Obstetricians and Gynecologists dan American Academy of Pediatrics semua mendorong wanita untuk mendapatkan perawatan pada gigi mereka saat hamil.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa bakteri dari penyakit gusi sebenarnya bisa masuk ke aliran darah dan menargetkan janin, yang berpotensi menyebabkan kelahiran prematur dan bayi dengan berat lahir rendah. Kehamilan menawarkan kesempatan untuk mendidik wanita hamil mengenai kesehatan mulut dengan memberikan “momen yang dapat diajarkan” dalam perawatan diri dan perawatan anak di masa depan.

  1. Kenali fakta dan risikonya – Kesehatan mulut yang baik dapat mengurangi risiko bayi prematur.
  2. Kebersihan Mulut – Sikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride. Floss setiap hari agar gusi anda tetap sehat. Ingat, jika anda memiliki kebiasaan kesehatan mulut yang baik, anak anda juga akan berada pada jalur yang sama. Jika anda mengalami muntah, bilas dengan secangkir air berisi satu sendok teh baking soda dan tunggu satu jam sebelum menyikat gigi untuk menghindari erosi gigi.
  3. Diet – Apa yang anda makan mempengaruhi kesehatan bayi Anda. Konsumsi snack sehat seperti keju, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan. Minum banyak air putih dan susu rendah lemak. Makan makanan kalsium tinggi bukan makanan asam, jus dan soda. Hindari minuman dan makanan yang mengandung gula karena bisa menyebabkan karies dan mempengaruhi kesehatan bayi. Mengunyah permen karet tanpa gula atau mengandung xylitol dapat membantu meminimalkan risiko karies pada ibu hamil.
  4. Perawatan profesional – Lakukan pemeriksaan gigi, benar-benar aman untuk merawat sebagian besar perawatan gigi saat anda hamil. Jangan menunda kunjungan ke dokter gigi sampai anda melahirkan.
  5. Segera schedule pertemuan pertama dengan dokter gigi bagi bayi anda segera setelah anda melihat gigi pertamanya tumbuh.
Kesehatan Gigi Untuk Sang Calon Ibu- Global Estetik Dental Care
Kesehatan Gigi Untuk Sang Calon Ibu- Global Estetik Dental Care

Untuk mencegah masalah gigi dan mulut, anak Anda harus menemui dokter gigi anak ketika gigi pertama mereka muncul atau paling lambat di  hari ulang tahunnya yang pertama. Kebiasaan sehat dimulai di awal kehidupan.  Karena bakteri yang bertanggung jawab untuk karies di mulut ibu berhubungan dengan karies anak usia dini di mulut bayi mereka. Bakteri yang sama ditransfer dari ibu ke bayi.

Ibu melewatkan bakteri tersebut dengan berbagi air liur, sendok, menguji makanan sebelum memberikannya kepada bayi, membersihkan dot di mulut mereka dan bukan dengan air dan melalui berbagai aktivitas. Jadi, pastikan mulut anda sehat dan terjaga sebelum bayi anda lahir. Penting bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan mulut mereka sesegera mungkin, untuk mengobati dan mencegah penyakit mulut.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat