Global Estetik – Gigi yang renggang dan tidak tertata rapi merupakan faktor penyebab makanan dapat terjebak di antara gigi, atau nama lainnya impaksi makanan. Selain itu ada juga karena terjadi pergeseran posisi gigi akibat adanya sisa tempat dan turunnya gusi karena resesi gingiva.

Makanan dapat juga terjebak pada lubang gigi dan tambalan yang permukaannya tidak rata. Bukan hanya terjadi pada daerah gigi geraham, tapi ada juga kemungkinan terjadi pada gigi-gigi seri. Akibat mendapat tekanan yang kuat, makanan tertekan masuk ke celah yang kosong di antara gigi, sehingga terjebaklah makanan itu.

Akibat dari Impaksi Makanan pada Gigi

Setelah makanan terjebak di sela-sela gigi, apa akibatnya?
Tentu muncul suatu dampak buruk bagi kesehatan jaringan di sekitarnya. Baik itu gigi maupun gusi. Resiko akan muncul apabila sisa makanan yang terjebak tidak segera dibersihkan atau dihilangkan dari gigi.

1. Resiko bagi gigi

Sisa makanan yang menempel lama karena terjebak adalah penyebab terjadinya karies (lubang gigi). Terjebak di sela-sela gigi menyebabkan sisa makanan susah untuk dibersihkan, sehingga memerlukan perlakuan dan alat khusus. Jika tidak segera dihilangkan, maka bakteri akan mejadikan sisa makanan itu menjadi sarangnya berkembangbiak dan merusak gigi yang menempel dengan sisa makanan itu.

impaksi makanan

2. Resiko bagi gusi

Sisa makanan yang masuk di sela-sela gigi menyebabkan gusi tertekan, sehingga menimbulkan rasa sakit yang berdenyut pada gusi. Bila tidak segera dibersihkan, gusi akan memerah dan bengkak serta rasa sakit semakin bertambah.

3. Resiko bagi napas

Makanan yang terjebak lama dan tidak kunjung dibersihkan, disukai oleh bakteri jahat di dalam rongga mulut. Aktivitas bakteri pada sisa makanan itu akan menimbulkan berbagai macam zat berbahaya bagi gigi dan menimbulkan bau yang tidak sedap, sehingga dapat menyebabkan timbulnya bau mulut.

Cara Membersihkan Impaksi Makanan 

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengeluarkannya (makanan yang terjebak) adalah dengan menggunakan benang gigi. Dentalfloss dapat dibeli di apotek. Penggunaanya sangat mudah, untuk yang tanpa gagang, lilitkan pada kedua jari telunjuk dengan dipenggang ibu jari. Masukkan dentalfloss pada sela-sela gigi yang terdapat sisa makanan, lalu tarik keluar. Untuk dentalfloss bergagang penggunaannya langsung aplikasikan pada makanan yang terjebak.

Selain itu, membersihkan sisa makanan yang terjebak dapat dilakukak dengan menggosok gigi. Lakukan pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Gosok gigi dengan cara yang tepat dan aman sehingga gigi bersih dari sisa-sisa makanan.