Tips Cara Membersihkan Gigi Palsu dengan Akurat

dokter gigi depok

Tips Cara Membersihkan Gigi Palsu dengan Akurat

Global Estetik – Dulunya, gigi palsu dibuat dari bahan porselen atau plastik, namun gigi palsu dalam dunia kedokteran gigi modern umumnya terbuat dari resin dan beberapa bahan lainnya. Bahan yang digunakan untuk membuat gigi palsu dikenal lebih rapuh dari pada gigi alami kita dan dapat dengan mudah patah apabila tidak dirawat dengan benar. Bahan ini juga lebih cepat aus dari gigi alami mausia dan karena itulah harus diganti dengan yang baru setiap lima tahun sekali.

Struktur pendukung yang menahan gigi palsu untuk tetap berada ditempatnya dan menyerupai garis gusi alami seringkali terbuat dari resin serupa yang digunakan untuk gigi, atau bahan polimer yang lebih fleksibel yang mirip dengan garis gusi alami.

Cara Membersihkan Gigi Palsu

Terlepas dari jenis gigi palsu apa yang mungkin Anda miliki, semua gigi palsu perlu dibersihkan setiap hari, sama seperti kita menjaga kesehatan gigi pada umumnya. Meskipun gigi palsu dibuat dari gigi tiruan, bakteri, plak, dan karang gigi masih dapat terbentuk yang pastinya dapat membahayakan gigi dan gusi yang masih tersisas.

dokter gigi bandungUntuk membersihkan gigi palsu yang Anda miliki, keluarkan mereka dari mulut dan bersihkan dengan menggunakan air bersih untuk mengangkat partikel makanan yang mungkin menempel di antara gigi, di sepanjang garis gusi, atau di bawah struktur gigi. Kemudian sikat gigi palsudengan sikat gigi khusus untuk gigi palsu atau sikat gigi yang sangat lembut dengan menggunakan sedikit bahan pembersih khusus atau pasta gigi khusus pembersih gigi palsu. Pastikan untuk tidak menggunakan pembersih lain, seperti pasta gigi biasa, atau sikat gigi elektrik karena bahan dan alat-alat ini bersifat terlalu abrasif dan dapat merusak bahan pembuat gigi palsu. Setelah dibersihkan, pastikan untuk membilasnya dengan baik.

Meskipun gigi palsu telah keluar dari mulut Anda, pastikan untuk membersihkan gusi dan gigi alami Anda dengan sikat gigi yang sangat lembut dan basah serta menggunakan pasta gigi berfluoride jika diperlukan. Jika sikat gigi Anda terlalu keras, bungkus jari Anda dengan lap basah yang lembut dan gosok gusi Anda secara perlahan dan lembut. Pastikan untuk menjangkau semua permukaan mulut anda.

Gigi palsu mungkin tidak memiliki kekuatan yang sama dengan gigi alami kita namun dengan perawatan yang baik, Anda dapat menikmati penggunaan yang tahan lama yang pastinya akan sangat berguna ke depannya. Untuk berkonsultasi lebih dalam tentang gigi palsu, hubungi klinik gigi Global Estetik hari ini juga.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat