Tindik Mulut dan Dampak pada Kesehatan Gigi dan Mulut – Part 2

dokter gigi depok

Tindik Mulut dan Dampak pada Kesehatan Gigi dan Mulut – Part 2

Global Estetik – Tindikan di wilayah mulut tampaknya telah menjadi sangat populer di kalangan remaja dan anak muda hanya karena sering dianggap sebagai bentuk ekspresi diri. Ada juga kecenderungan bagi mereka untuk menganggap hal tersebut adalah hal yang keren untuk dilakukan. Lantas apakah menindik mulut benar-benar aman atau dapatkah ia menyebabkan infeksi?

Bagaimana kita dapat menghindari infeksi seperti itu jika memiliki tindikan di area mulut?

Pertama-tama, semua dokter gigi akan menyarankan siapa pun yang berencan untuk mendapatkan tindikan di area mulut untuk melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara menyeluruh, khususnya untuk menilai kebersihan mulut mereka. Jika Anda tidak memiliki kebersihan mulut yang baik, hindari menindik mulut Anda. Proses ini pasti akan sangat meningkatkan risiko infeksi.

Setelah Anda melewati proses penindikan, pastikan untuk menjaga area tersebut tetap selalu bersih terutama setelah makan. Gunakan obat kumur antiseptik atau larutan air garam untuk membilas dan tentunya hal yang sangat penting untuk dikatakan adalah untuk menghindari merokok hingga sampai penyembuhan di area penindikan selesai.

Sangat penting juga untuk memperhatikan dengan seksama tanda-tanda potensi infeksi yang meliputi kemerahan, demam, kedinginan atau pembengkakan terutama pembengkakan lidah karena hal ini dapat mengancam jiwa jika dibiarkan berkembang tanpa intervensi. Jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini, pastikan untuk segera mencari perhatian medis.

Apakah tindikan di area lidah akan merusak gigi?

Tentunya, penindikan di area ini akan dapat merusak gigi Anda. Tindik terbuat dari bahan keras yang ditempatkan dalam ruang terbatas di mana gigi dan otot-otot wajah berada dalam keadaan dinamis secara terus menerus. Hal ini dapat menyebabkan penindikan yang membuat trauma pada jaringan mulut yang halus atau menyebabkan kerusakan pada gigi atau keausan struktur gigi yang akan berlangsung seiring waktu.

Bisakah Anda mengobati infeksi dari tindikan di mulut atau apakah ia tidak dapat diobati?

Jika berhasil dideteksi sejak dini, infeksi bakteri dapat dengan mudah ditangani dengan antibiotik tetapi akan, dalam banyak kasus, melibatkan pengikisan untuk memungkinkan penyembuhan. Saran utama kami adalah untuk menghindari melakukan penindikan di area mulut karena memiliki potensi bahaya besar bagi kesehatan gigi dan mulut.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat