Global Estetik – Tindikan di wilayah mulut tampaknya telah menjadi sangat populer di kalangan remaja dan anak muda hanya karena sering dianggap sebagai bentuk ekspresi diri. Ada juga kecenderungan bagi mereka untuk menganggap hal tersebut adalah hal yang keren untuk dilakukan – tetapi apakah menindik mulut benar-benar aman atau dapatkah ia menyebabkan infeksi? American Dental Association menyatakan bahwa jika Anda telah menindik lidah, bibir, pipi atau uvula Anda, mereka akan dapat mengganggu proses bicara, mengunyah, atau menelan.

Bisakah tindikan di area mulut menyebabkan infeksi?

Setiap trauma yang melibatkan pemutusan permukaan kulit atau jaringan lendir yang merupakan jaringan di dalam mulut dapat membawa risiko infeksi. Hal ini dapat membuka portal untuk bakteri yang ada di permukaan kulit dan dalam jumlah yang jauh lebih besar di dalam rongga mulut. Ini terutama berlaku untuk penindikan bibir yang sangat rentan terhadap infeksi karena berada dekat dengan rongga mulut serta permukaan kulit.

Baca Juga :  Alasan Kesehatan yang Membuat Perawatan Gigi Kosmetik Menjadi Keharusan

Namun, meskipun rongga mulut manusia adalah rumah bagi jutaan bakteri, risiko infeksi sebenarnya tidak terlalu tinggi. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa jaringan mulut memiliki kapasitas yang sangat tinggi dan cepat untuk sembuh karena menerima suplai darah yang tinggi dengan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk penyembuhan. Jadi, semakin cepat penyembuhannya, semakin sedikit kemungkinan invasi dan infeksi bakteri.

Baca Juga :  Masih Perlu Ga Sih Ngopi Kalau Dampaknya Bikin Gigi Jadi Rusak?

Tentu saja selalu ada risiko tertular infeksi virus seperti Hepatitis B atau C yang akan terkait dengan faktor-faktor di mana penindikan akan dilakukan. Hal ini dapat dengan mudah dihindari dengan memilih tempat yang paling terkemuka untuk mendapatkan tindikan dengan sangat hati-hati dan secara pribadi memastikan bahwa tempat tersebut mengikuti panduan ketat untuk sterilisasi dan kebersihan.

Potensi penyebaran virus telah menjadi perhatian utama termasuk pada penggunaan tato atau rajah serta penindikan termasuk penindikan mulut, hidung dan telinga. Memastikan untuk memilih tempat yang telah terkenal steril dalam penggunaan bahan-bahannya akan menjadi langkah krusial pertama untuk menghindari potensi infeksi ketika melakukan penindikan di area mulut.