Tiga Fase Riset Sel Punca pada Manusia – Part 2

Klinik Gigi Depok

Tiga Fase Riset Sel Punca pada Manusia – Part 2

Global Estetik – Meskipun berbagai proyek penelitian tentang sel punca sedang berlangsung, perawatan yang menggabungkan teknik sel punca tidak mungkin akan tersedia di klinik gigi dalam waktu dekat. Proses pengembangan obat dan pengobatan dengan teknik ini akan sangat rumit dan memakan waktu. Teknologi yang meriset sel punca masih berada pada tahap yang sangat awal dari studi klinik dan mayoritas tes ini dilakukan dengan subjek penelitian pada hewan. Jika penelitian pada hewan nantinya menunjukkan potensi, para peneliti akan mengajukan aplikasi obat baru dalam bentuk investigasi tahap lanjut yang kemudian, bergerak ke tiga tahap pengujian pada manusia seperti yang akan kami jelaskan dibawah ini:

Meskipun Tahap III umumnya merupakan bagian terakhir dari percobaan sebelum mencari persetujuan dari badan regulator obat di sebuah negara, pihak peneliti mungkin memerlukan studi pasca-persetujuan sehingga badan regulator obat di negara tersebut dapat terus memantau efek samping yang tidak disadari dan bekerja untuk memperbaiki dosis optimal untuk obat-obatan.

dokter gigi depokMenyusul berakhirnya tiga fase tersebut, peneliti dapat mengajukan aplikasi obat baru pada badan regulator obat dan makanan – Badan POM di Indonesia. Pihak administrasi ini akan memiliki tenggat waktu untuk memutuskan apakah akan menerima aplikasi tersebut, dan kemudian akan menentukan apakah obat baru ini akan mendapatkan persetujuan. Setelah persetujuan itu diberikan, obat atau terapi jenis baru ini dapat tersedia untuk masyarakat umum.

Proses ini memakan waktu beberapa tahun, sebagian besar karena setiap fase uji klinis dapat berjalan selama satu tahun, dan terkadang lebih lama. Para peneliti harus menemukan dan mendaftarkan cukup banyak pasien yang memenuhi syarat untuk setiap fase penelitian dan memastikan mereka menyisihkan cukup waktu untuk sepenuhnya meninjau efektivitas pengobatan dan efek sampingnya. Karena sifat kompleks dari uji klinis, sulit untuk memperkirakan kapan banyak pilihan pengobatan baru dan baru ini mungkin tersedia untuk umum. Dalam banyak kasus, para peneliti memasuki wilayah yang belum pernah terjadi sebelumnya karena mereka berusaha menumbuhkan kembali bagian-bagian mulut dan rahang yang hilang atau rusak parah.

Meskipun kita belum tahu kapan pastinya pasien dalam dunia kesehatan gigi dapat mungkin memperoleh manfaat dari terapi sel punca ini, kita ingin meluangkan waktu untuk memberi tahu Anda tentang penelitian dengan potensi yang luar biasa yang sedang dilakukan saat ini. Ini adalah harapan kita bersama bahwa pada waktunya nanti, terapi ini akan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup untuk para pasien dengan kebutuhan perawatan gigi yang luas dan mendalam.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat