Tempat Tambal Gigi Depok

globalestetik.com – Gigi yang sehat merupakan hal yang sangat penting untuk kenyamanan dan kepercayaan diri. Namun dewasa ini, banyak sekali orang yang mengalami kerusakan pada gigi akibat tidak menjaga kesehatan giginya. Contoh kerusakan pada gigi yang sering terjadi yaitu gigi berlubang. Kerusakan gigi (berlubang) terjadi ketika bakteri di mulut menghasilkan asam. Seiring waktu, asam tersebut dapat menyerang lapisan terluar gigi (enamel) dan menyebabkan berlubang pada gigi.

Jika gigi berlubang tidak segera diobati, dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut seperti kehilangan gigi (copot) dan pulpitis. Sakit gigi sebagian besar disebabkan oleh gigi berlubang. Berlubangnya gigi biasanya disebabkan oleh kebiasaan makan makanan manis atau terlalu malas menyikat gigi. Akibatnya, bakteri terus menumpuk dan menggerogoti gigi sehingga menyebabkan gigi menjadi berlubang. Nah, salah satu cara untuk mengobati sakit gigi yang ditimbulkannya adalah dengan menambal gigi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tambal gigi, silahkan baca informasi berikut ini.

Tempat Tambal Gigi Depok

Tempat Tambal Gigi Depok

Tambal Gigi, Prosedur Tepat Memperbaiki Kerusakan Gigi

Tempat Tambal Gigi Depok – Tambal gigi merupakan sebuah prosedur yang dilakukan untuk memperbaiki kerusakan gigi atau gigi yang berlubang dengan menempatkan tambalan pada gigi yang bermasalah. Metode tambal gigi dan bahan yang akan digunakan harus disesuaikan dengan kondisi gigi masing-masing pasien. Perawatan gigi ini tidak hanya merawat rangka gigi, tetapi juga dapat memperbaiki gigi yang retak, terkelupas atau rapuh akibat kebiasaan sehari-hari.

Misalnya menggigit kuku atau bahkan menggemeretakkan gigi (bruxism). Bagi sebagian orang, gigi bungsu perlu dicabut sebelum tambalan dipasang. Hal ini dilakukan untuk mencegah tersumbatnya gigi depan, menghindari rasa sakit akibat mengatupkan gigi bungsu dan mencegah kerusakan gigi tetangga. Penambalan gigi dapat dilakukan dengan dua cara yaitu penambalan gigi sementara dan penambalan gigi permanen. 

 

Manfaat Tambal Gigi

Tempat Tambal Gigi Depok – Tambalan gigi biasanya dibuat untuk menambal gigi yang berlubang. Berlubanganya pada gigi terutama disebabkan oleh bakteri dan plak. Saat plak sudah mulai menutupi gigi, sebaiknya rajin-rajinlah menjaga kebersihan gigi. Karena jika tidak, dapat menyebabkan kerusakan gigi berupa gigi berlubang. Selain menambal gigi yang berlubang, tambal gigi memiliki beberapa manfaat lainnya, diantaranya yaitu:

  • Mengembalikan bentuk gigi yang sebelumnya telah rusak.
  • Mengurangi timbulnya bakteri penyebab plak pada mulut.
  • Memperpanjang umur gigi dan memperkuat struktur gigi.
  • Untuk mendukung bentuk wajah dan rahang.
  • Memperbaiki gigi yang retak atau patah akibat sering menggertakan gigi.

 

Jenis-Jenis Tambal Gigi

Tempat Tambal Gigi Depok – Sebelum memulai untuk tambal gigi, biasanya dokter akan menanyakan jenis tambalan yang Anda inginkan. Setiap tambalan gigi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Berdasarkan bahan yang digunakan, terdapat berbagai tambal gigi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi gigi. Inilah beberapa jenis tambal gigi di antaranya:

#1. Amalgam (Perak)

Amalgam adalah bahan pengisi yang terdiri dari campuran beberapa logam dan berwarna perak. Amalgam memiliki kandungan berupa merkuri, perak, timah, tembaga dan logam lainnya. Amalgam sering digunakan ketika menambal gigi belakang karena warnanya kurang menarik. Menggunakan amalgam sebagai tambalan gigi bisa bertahan setidaknya 10-15 tahun. Namun saat ini, beberapa dokter tidak merekomendasikan amalgam sebagai tambalan gigi. Hal ini karena amalgam mengandung merkuri yang dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

Kelebihan

  1. Kuat, tahan lama, dan mudah dihancurkan saat digunakan untuk menggigit dan mengunyah.
  2. Lebih murah dari bahan pengisi lainnya.
  3. Tidak perlu sering memperbaiki atau mengganti.

Kekurangan

  1. Memiliki kandungan merkuri.
  2. Seringkali menimbulkan reaksi alergi dan ruam pada kulit.
  3. Memiliki warna yang berbeda dengan warna gigi yang sehat.

#2. Komposit

Komposit resin adalah bahan yang terbuat dari plastik halus dan partikel kaca yang digunakan untuk menambal gigi. Proses penambalan komposit resin dilakukan dengan sinar biru. Cahaya biru berseri-seri mengeraskan partikel senyawa di gigi. Keuntungan menggunakan komposit resin adalah bahannya yang kuat. Selain itu, warna komposit resin menyatu dengan warna gigi asli sehingga terlihat nyata. Kekurangannya yaitu akan terlepas jika sering menggigit makanan keras, dapat menyebabkan reaksi alergi lokal meskipun jarang, dan lebih cepat berwarna kuning dari gigi.

Tempat Tambal Gigi Depok

Tempat Tambal Gigi Depok

#3. Ionomer Kaca

Tempat Tambal Gigi Depok – Ionomer kaca merupakan campuran asam akrilat dan serbuk kaca. Umumnya bahan jenis ini digunakan untuk tambalan gigi berukuran kecil yang jarang digunakan untuk mengigit. Ionomer kaca juga dapat digunakan sebagai bahan tambalan pada gigi dengan bukaan besar sebelum dicampur dengan tambalan lainnya. 

Kelebihannya yaitu warna isian ionomer kaca sama dengan warna gigi, resiko munculnya reaksi alergi cenderung jarang, serta dapat digunakan oleh bayi dan anak kecil karena tidak perlu dibor. Kekurangannya yaitu hanya untuk gigi berlubang kecil, lama kelamaan bahan ini bisa menjadi tempat pembentukan plak yang meningkatkan risiko penyakit gusi, menimbulkan reaksi alergi dan ruam meskipun jarang terjadi, serta bisa lepas dari gigi.

#4. Ionomer Resin

Ionomer resin merupakan campuran asam akrilat dan resin akrilik. Ionomer resin umumnya digunakan untuk gigi yang tidak biasa digunakan untuk mengunyah, seperti gigi geraham, gigi depan, dan sebagai bahan pengisi gigi susu. Kelebihannya yaitu warna material sesuai dengan warna gigi dan lebih transparan dibandingkan ionomer kaca, dan risiko reaksi alergi lokal rendah. Kekurangannya yaitu penggunaan terbatas, tidak boleh digunakan untuk menggigit makanan keras, daya tahan lebih rendah dari komposit dan amalgam, menyebabkan reaksi alergi dan ruam kulit walaupun jarang. 

#5. Porselen

Porselen atau keramik tidak hanya digunakan sebagai tambalan gigi, tetapi juga pada mahkota gigi dan perawatan gigi. Porselen juga bisa dicampur dengan logam agar tidak mudah rusak dan mencegah kerusakan gigi pada mahkota gigi. Kelebihan dari jenis porselen ini yaitu warnanya bisa sangat mirip dengan warna gigi, resiko abrasi atau kerusakan gigi sangat rendah, dan resiko infeksi rendah, tidak menimbulkan reaksi alergi. Sedangkan kekurangannya yaitu bahan porselen rapuh dan mudah pecah, serta biaya bahannya tinggi 

#6. Aloi Emas

Aloi emas mengandung emas, tembaga dan beberapa logam lainnya. Aloi emas lebih umum digunakan untuk merawat gigi berlubang yang besar dan luas. Kelebihan dari jenis ini yaitu daya tahan sangat baik, tidak mudah patah atau berkarat, resiko infeksi rendah, sebagian kecil gigi dapat dicabut. Kekurangannya yaitu harganya mahal, warnanya tidak sesuai dengan warna gigi, menyebabkan reaksi alergi dan ruam meski jarang terjadi. 

 

Harga Tambal Gigi

Tempat Tambal Gigi Depok – Biaya untuk setiap orang dapat bervariasi. Itu semua tergantung dari kondisi lubang gigi yang bermasalah. Biasanya kisaran harganya mulai dari Rp150.000 hingga Rp1.000.000. Pemilihan lokasi dan dokter juga dapat mempengaruhi harga yang harus dibayar. Tambalan gigi dapat membantu mengatasi masalah kerusakan gigi. Sebelum melakukan ini, konsultasikan dengan dokter gigi Anda untuk menghindari masalah di masa mendatang.

 

Prosedur Tambal Gigi

Tempat Tambal Gigi Depok – Prosedur tambal gigi dilakukan dengan dua langkah yaitu tambal gigi secara langsung dan tidak langsung. Tambalan gigi dengan tambalan langsung atau direct bisa dibuat untuk banyak jenis tambalan gigi, seperti amalgam dan komposit. Penambalan dengan pengisian langsung berlangsung dalam 5 langkah, yaitu: diberikan pembiusan atau bius, pembersihan gigi berlubang, mengikis/mengerok plak, pemasangan tambalan gigi, dan penyikatan/penggosokan gigi.

Tambalan tidak langsung biasanya memerlukan dua kali kunjungan untuk menyelesaikan tambalan ini. Selama kunjungan pertama Anda, dokter gigi akan membersihkan gigi Anda dari kotoran dan mengikis gigi berlubang. Pada kunjungan kedua, kecocokan gigi dengan tambalan diperiksa sebelum penambalan dimulai. 

 

Resiko Tambal Gigi

Tempat Tambal Gigi Depok – Setelah melakukan tambal gigi, biasanya akan muncul beberapa resiko yang mungkin terjadi bagi kesehatan gigi. Resiko yang biasanya muncul diantaranya yaitu pulpitis (infeksi pulpa gigi), perubahan pada gigitan, munculnya alergi, sensitive terhadap panas dan dingin, serta nyeri pada sekitar gigi.

Itulah informasi mengenai tambal gigi mulai dari pengertian tambal gigi, manfaatnya, jenis bahan yang digunakan untuk tambal gigi, harganya, prosedur penambalan, hingga resiko yang mungkin muncul setelah proses tambal gigi. Informasi tersebut dapat dijadikan pengetahuan mengenai pentingnya menambal gigi agar menjaga kesehatan gigi. Tak lupa tetap harus menjaga kebersihan gigi agar gigi tidak rusak. Apabila Anda mengalami masalah gigi dan membutuhkan tepat untuk konsultasi, Anda bisa megunjungi Klinik Global Estetik Depok yang beralamat di bawah ini.

 

Global Estetik Cabang Depok di
Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )
Telpon Klinik: 021 2931 8795
https://wa.me/6285775569694
Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks
https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/