Tempat Tambal Gigi Bogor

globalestetik.com – Siapa yang tidak risih jika memiliki gigi rusak dan berlubang. Memiliki gigi yang rusak dan berlubang tentunya akan mengurangi kepercayaan diri dan mengurangi estetika dari gigi. Salah satu tindakan yang dapat memperbaiki gigi rusak dan berlubang adalah melakukan perawatan tambal gigi. Tambal gigi dilakukan dengan prosedur memasukan bahan tambalan didalam gigi yang rusak atau berlubang.

Dengan melakukan tambal gigi akan mengembalikan bentuk dan juga kondisi gigi seperti semula. Begitu juga jika gigi rusak dan berlubang tidak segera ditambal, dapat mengakibatkan kerusakan dan lubang yang semakin parah. Jika kerusakan sudah parah, maka Anda diharuskan untuk segeraa mencabut gigi. 

Tempat Tambal Gigi Bogor

Tempat Tambal Gigi Bogor

Perawatan Gigi

Tempat Tambal Gigi Bogor – Untuk melakukan tindakan tambal gigi biasanya akan dilakukan dalam satu kali kunjungan ke dokter gigi. Tambal gigi mungkin akan menyebabkan rasa sakit, namun itu hanyalah sementara. Tambal gigi merupakan bentuk perawatan yang aman dan tidak memiliki efek negatif pada gigi. Hanya saja, setelah melakukan tambal gigi, nantinya dokter akan menyarankan untuk menghindari mengunyah makanan pada area gigi yang baru saja ditambal selama kurang lebih 24 jam.

 

Jenis-jenis Tambal Gigi

Tempat Tambal Gigi Bogor – Ada beberapa jenis tambal gigi yang dapat dijadikan pilihan untuk gigi Anda seperti :

#1. Amalgam 

Amalgam adalah bahan tambal gigi yang terbuat dari campuran berbagai jenis logam yang berwarna perak. Amalgam ini mengandung merkuri, perak, timah, tembaga dan jenis logam lainnya. Amalgam sering dipakai untuk menambal gigi bagian belakang karena memiliki warna yang kurang menarik.

Tambal jenis ini akan bertahan 10-15 tahun. Meskipun demikian beberapa dokter tidak menganjurkan penggunaan jenis amalgam untuk tambal gigi, lantaran mengandung merkuri yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.  

#2. Resin komposit

Resin komposit adalah jenis menambal gigi yang terbuat dari paertikel plastik dan kaca halus. Proses penambalan ini dilakukan dengan sinar cahaya biru. Nantinya sinar cahaya biru akan dipancarkan untuk mengeraskan partikel komposit resin pada gigi. Kelebihan dari resin komposit ini adalah materialnya yang kuat. Selain itu, warna resin komposit akan menyatu dengan warna gigi asli sehingga akan terlihat seperti asli. 

#3. Emas

Tempat Tambal Gigi Bogor – Menambal gigi dengan jebis emas ini akan memadukan emas dengan logam lainnya. Sama seperti jenis amalgam tambal jenis emas akan bertahan antara 10-15 tahun. Kelebihan dari jenis emas ini adalah tidak menimbulkan korosi. Selain itu juga dilihat dari penampilannya, emas memiliki nilai estetika kepada penggunannya. 

#4. Porselin

Porselin merupakan jenis untuk menambal gigi yang paling polpuler. Hal ini lantaran porselin memiliki tampilan warna yang mirip dengan gigi asli. Porselin juga memiliki kekuatan dan ketahanan yang cukup baik, sehingga mampu bertahan kurang lebih 7 tahun. 

Sebelum memilih jenis tambal gigi alangkah baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi untuk memastikan jenis tambal gigi mana yang sesuai dengan gigi Anda. 

Tempat Tambal Gigi Bogor

Tempat Tambal Gigi Bogor

Proses Tambal Gigi 

Tempat Tambal Gigi Bogor – Sebelum melakukan tambal gigi ada baiknya Anda megetahui bagaimana prosedurnya, berikut ini adalah proses tambal gigi untuk gigi berlubang :

  • Pemeriksaan kondisi gigi

Sebelum dokter memeriksa kondisi gigi Anda, ada baiknya anda konsultasikan terlebih dahulu keluhan pada gigi yang Anda alami, sehingga dokter mampu melaukan pemeriksaan awal. Dokter nantinya akan memeriksa kedalaman lubang gigi, ada tidaknya peradangan, ada tidaknya nyeri digigi dan ada tidaknya kematian gigi pada pasien. 

  • Membersihkan lubang gigi

Setelah dokter memeriksa kondisi gigi Anda, tahapan selanjutnya adalah membersihkan gigi yang berlubang. Semua gigi yang terinfeksi oleh bakteri harus dihilangkan agar tidak menimbulkan bakteri yang tertinggal dan tidak ada lubang gigi kembali.

Dokter nantinya akan menggunakan bur untuk mengangkat jaringan yang terinfeksi. Jaringan yang sehat nantinya akan menempel pada jaringan terinfeksi dan harus dikurangi sedikit untuk memastikan bahwa tidak ada bakteri yang tertinggal. 

  • Preparasi gigi

Jika seluruh jaringan yang terinfeksi bakteri sudah dibersihkan, tahapan selanjutnya adalah preparasi. Preparasi ini merupakan bagian ketika gigi dibentuk sesuai dengan bahan tambal yang akan digunakan guna mendapatkan pelekatan yang terbaik. Nantinya sudut tajam yang terdapat pada gigi ditumpulkan agar bahan tambal gigi dapat masuk dengan sempurna tanpa meninggalkan rongga. 

  • Mengoleskan bahan perekat

Langkah selanjutnya adalah mengoleskan bahan perekat. Bahan perekat ini dilakukan untuk merangsang pelekatan yang baik antara gigi dan bahan tambal tersebut. Bahan tersebut juga berbeda-beda tergantung pada bahan tambal yang digunakan.

Tapi sebelum bahan tambal nantinya dimasukan, dokter akan memastikan bahwa lubang gigi benar-benar bebas dari bakteri dan debu.

  • Menempelkan bahan tambal 

Proses selanjutnya adalah menempelkan bahan tambal gigi. Dokter perlahan akan mrnambahkan tambalan sambil membentuknya agar sesuai dengan kontur gigi.

Durasi waktu untuk menambal gigi sampai mengeras sempurna berbeda-beda, tergantung jenis bahan yang digunakan. Ada yang langsung mengeras dengan sinar leser, namun ada juga yang perlu menunggu waktu 24 jam.

  • Pengujian tambalan 

Apabila tambal gigi berhasil ditempel, proses selanjutnya adalah dilakukan pengujian. Tes gigit akan dilakukan guna mendeteksi adanya ketidknyamanan pada gigi yang baru ditambal. Dokter nantinya akan merapihkan apakah tambalan tersebut terlalu tebal yang membuat pasien merasa tidak nyaman untuk menggigit. 

  • Finising

Setelah rangkaian proses tambal gigi dilakukan, terakhir dokter akan melakukan ke tahap finishing. Tahap ini akan membentu pencegahan bakteri kembali masuk ke dalam gigi berlubang. 

Setelah melakukan rangkaian proses tambal gigi, tentunya akan tidak nyaman dengan kondisi gigi baru, sehingga wajar jika nanti akan mersa tidak nyaman, ngilu. Namun kondisi ini akan berangsung-angsung membaik krang lebih dalam waktu satu minggu. Apabila kondisi gigi ngilu sampai mengganggu aktifitas Anda, ada baiknya konsultasikan ke dokter gigi. 

 

Harga Tambal Gigi

Tempat Tambal Gigi Bogor – Biaya yang dikeluarkan setiap tempat dan orang berbeda-beda, tergantung klinik dan juga kondisi lubang gigi setiap orang. Pada umumnya harga tambal gigi berkisar antara Rp 150.000- Rp 1.000.000. Semakin parah kondisi lubang gigi maka akan semakin mahal budget yang harus dikeluarkan. Maka dari itu pilihlah lokasi dan dokter yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Sebelu menambal gigi alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter gigi. 

 

Tempat Tambal Gigi

Tempat Tambal Gigi Bogor – Sebelum melakukan tambal gigi, Anda bisa konsultasikan dengan dokter gigi sebelum melakukan prosedur. Untuk melakukan tambal gigi yang baik dan aman ada baiknya pilihlah tempat yang memberikan fasilitas tambal gigi dengan baik. Anda dapat mengunjungi Global Estetik Cabang Bogor untuk mendapatkan layanan tambal gigi. Anda bisa berkunjung ke klinik ini yang beralamat lengkap di bawah ini.

 

Global Estetik Cabang Bogor di
Jl.KS Tubun No.19
Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,
Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)
Telpon Klinik: 0857-7145-2584
https://wa.me/6285771452584
Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00
Rute Google Maps
https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256
Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks
https://linktr.ee/globalestetik
Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

Penulis oleh Drg. Arnof