Tempat Scaling Gigi Depok

globalestetik.com – Kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting untuk menambah kepercayaan diri seseorang. Namun, untuk sebagian orang permasalahan gigi dan mulut sangat sering terjadi. Permasalahan tersebut duantaranya adalah plak dan karang gigi. Plak merupakan lapisan tipis berwarna putih kekuningan yang melekat pada gigi. Plak terbentuk saat bakteri bercampur dengan partikel makanan yang tertinggal di mulut, terutama makanan yang mengandung gula dan tepung.

Membiarkan plak mengeras dan bercampur dengan air liur memicu pembentukan karang gigi. Plak dan karang gigi banyak mengandung bakteri yang dapat menyebabkan periodontitis, kerusakan gigi atau bahkan gigi tanggal jika tidak dibersihkan secara rutin. Sulit untuk menghilangkan plak dan karang gigi hanya dengan menyikat gigi. Oleh karena itu, perlu dilakukan prosedur khusus yang disebut scaling untuk menghilangkan plak dari gigi. 

Tempat Scaling Gigi Depok

Tempat Scaling Gigi Depok

Scaling gigi adalah prosedur untuk menghilangkan plak dan karang gigi (tartar) dengan alat yang disebut ultrasonic scaler. Proses ini harus dilakukan secara teratur untuk menghindari kerusakan pada gigi dan gusi. Namun sebelum melakukan scaling gigi, ada baiknya untuk mengetahui informasi-informasi penting terkait dengan scaling gigi tersebut. Berikut ini adalah sekilas info mengenai scaling gigi.

 

Manfaat Scaling Gigi

Tempat Scaling Gigi Depok – Secara umum, scaling gigi dianjurkan setiap 6 bulan sekali. Namun, jika pasien memiliki karang gigi yang parah, disarankan untuk melakukan scaling gigi setiap 3 bulan sekali. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan setelah melakukan scaling gigi secara tuntas yaitu: 

  1. Menghindari resiko kerusakan gigi dan gigi berlubang.
  2. Menghindari peradangan yang terjadi pada kantung pemisah antara gigi dengan gusi (periodontitis) yang dapat menyebabkan kendurnya gigi.
  3. Menghilangkan noda gigi – noda coklat pada gigi yang disebabkan oleh teh, kopi atau tembakau.
  4. Menghindari bau mulut.
  5. Menghemat biaya perawatan gigi di masa depan. 
  6. Mencegah gusi berdarah.
  7. Menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut.
  8. Mengurangi kelebihan asam dan enzim yang diproduksi oleh bakteri di mulut. Jika dibiarkan, asam dan enzim dapat merusak jaringan mulut, terutama gusi dan pangkal gigi.
  9. Warna gigi menjadi lebih cerah.
  10. Terhindar dari resiko penyakit jantung.

 

Prosedur Proses Scaling Gigi

Tempat Scaling Gigi Depok – Prosedur scaling gigi harus dilakukan oleh dokter gigi di klinik atau rumah sakit agar hasilnya memuaskan. Scaling gigi tidak memerlukan rawat inap atau kunjungan berkali-kali. Pembersihan karang gigi (scaling) ini biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 30-120 menit saja, tergantung dari parahnya kondisi karang gigi. Penghapusan plak dan karang gigi menggunakan prosedur scaling gigi dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Dokter akan terlebih dahulu memeriksa kesehatan gigi Anda dan mencari tahu apakah ada alergi atau kondisi lain seperti diabetes melitus sebelum memulai scaling. Selain itu, dengan bantuan cermin kecil, dokter juga mengenali posisi plak dan karang gigi pada gigi. Biasanya dokter juga akan memberikan perkiraan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan karang gigi sesuai dengan kondisi yang diamati, yaitu bervariasi antara 30 hingga 120 menit.
  • Selain itu, jika dirasa perlu, dokter gigi dapat memberikan bius lokal untuk meredakan nyeri yang biasa dialami saat mendaki.
  • Saat anestesi mulai bereaksi, dokter mulai scaling gigi dengan ultrasonic scaler. Ujung tajam dari ultrasonic scaler membantu menghilangkan plak dan karang gigi dari area gigi yang sulit dijangkau.
  • Dokter meminta pasien untuk berkumur beberapa kali selama proses scaling untuk menghilangkan plak dan karang gigi yang berjatuhan dari gigi.
  • Saat pembersihan plak dan karang gigi selesai, dokter memoles permukaan gigi dengan sikat atau penggosok gigi khusus.
  • Setelah scaling, dokter menyarankan Anda untuk tidak makan atau minum apapun selama kurang lebih 60 menit. Dokter mungkin juga menyarankan penggunaan pasta gigi untuk gigi yang sangat sensitif atau meresepkan obat pereda nyeri jika Anda mengalami nyeri hebat saat menyikat gigi. 
  • Segera hubungi dokter jika Anda mengalami demam, sakit gigi atau gusi yang memburuk, gusi berdarah yang tidak kunjung berhenti, sulit mengunyah, bau mulut (halitosis), atau gigi goyang setelah melakukan scaling gigi.
Tempat Scaling Gigi Depok

Tempat Scaling Gigi Depok

Tips Merawat Gigi Setalah Melakukan Scaling 

Tempat Scaling Gigi Depok – Scaling gigi adalah prosedur gigi yang aman. Namun, prosedur ini dapat menimbulkan efek samping seperti gigi sensitif, nyeri, bengkak, atau gusi berdarah.  Oleh karena itu, setelah melaksanakan prosedur scaling gigi tentunya harus tetap memperhatikan kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut. Untuk menjaga kesehatan gigi sesudah scaling, terdapat beberapa hal yg bisa pasien lakukan, antara lain:

  • Sikat gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride atau triclosan.
  • Bersihkan setiap sela gigi dengan menggunakan benang gigi.
  • Gunakan obat kumur antiseptic.
  • Kurangi konsumsi makanan manis dan bertepung.
  • Jangan merokok
  • Periksanakan gigi ke dokter gigi secara rutin selama 6 bulan sekali.
  • Hindari minuman bersoda.
  • Kurangi konsumsi minuman berkafein.
  • Teratur menggososk gigi 2 kali sehari (setelah makan dan sebelum tidur).
  • Jangan menekan gigi terlalu keras saat menyikat.
  • Sebaiknya menggunakan sikat gigi yang lembut.
  • Pilih dan gunakan pasta gigi yang halus dan tidak kasar.

 

Resiko Jika Tidak Pernah Melakukan Scaling Gigi

Tempat Scaling Gigi Depok – Jika kesehatan dan kebersihan gigi diabaikan maka akan memperburuk kondisi gigi. Jangan abaikan manfaat scaling gigi untuk kesehatan gigi dan mulut Anda. Beberapa hal ini dapat terjadi jika Anda tidak pernah membersihkan karang gigi/scaling gigi:

  • Meningkatkan resiko kerusakan gigi yang dikarenakan adanya plak dan karang gigi yang menutupi permukaan gigi. Hal ini dapat menyebabkan lubang terbentuk di bawah karang gigi karena pembersihan gigi melemah.
  • Bau mulut. Jumlah bakteri yang berlebihan di mulut juga menyebabkan bau mulut (halitosis) karena bakteri tersebut menghasilkan gas belerang saat mencerna limbah makanan. 
  • Gingivitis (radang gusi). Bakteri yang menumpuk di plak dan karang gigi menghasilkan produk limbah (zat buangan) yang memicu respon imun tubuh dan menyebabkan radang gusi (gingivitis).
  • Pada kasus yang lebih parah, gingivitis yang tidak diobati menyebabkan peradangan pada jaringan pendukung gigi, termasuk rahang (periodontitis).
  • Bakteri penyebab periodontitis yang masuk ke aliran darah dapat memicu risiko kesehatan lain, yaitu radang katup jantung (endokarditis).

 

Biaya Scaling Gigi

Tempat Scaling Gigi Depok – Biaya yang dibutuhkan untuk prosedur scaling bisa berbeda untuk setiap orang. Perbedaan ini tergantung dari jumlah karang gigi, ketersediaan fasilitas pada klinik gigi, dan alat yang digunakan. Biasanya, harga scaling gigi mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 700.000. Namun di beberapa tempat biayanya bisa jauh lebih murah atau lebih mahal dari kisaran harga tersebut.

Iulah beberapa hal yang perlu diketahui ketika akan melakukan scaling gigi mulai dari manfaat melakukan scaling gigi, prosedur proses scaling gigi, tips merawat gigi setelah melakukan scaling gigi, resiko yang mungkin diterima jika tidak pernah membersihkan karang gigi (scaling gigi), hingga harga/biaya melakukan scaling gigi,.

Semoga informasi diatas dapat sedkit menambah wawasan dan pengetauan anda mengenai pentingnya untuk melakukan scaling gigi mengingat saat ini telah banyak klinik dan dokter yang menyediakan pelayanan prosedur scaling gigi. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut. Untuk konsultasi kesehatan gigi Anda bisa mengunjungi Klinik Global Estetik Depok yang beralamat di bawah ini.

 

Global Estetik Cabang Depok di
Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )
Telpon Klinik: 021 2931 8795
https://wa.me/6285775569694
Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks
https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/