Tempat PRP Wajah

globalestetik.com – Sebagian besar wanita menginginkan wajah yang cantik dengan kulit yang bagus tidak ada keriput maupun noda-noda hitam. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin maju, prosedur medis terutama pada kecantikan juga berkembang dengan pesat. Saat ini telah hadir perawatan kulit dengan metode PRP atau platelet rich plasma yang mana berguna untuk membuat kulit lebih segar dan nampak awet muda. Perawatan wajah dengan PRP sering dikenal masyarakat dengan vampire faciel, sehingga bagi sebagian masyarakat yang belum mengetahui mereka pasti penasaran dan mencobanya.

Tempat PRP Wajah

Tempat PRP Wajah

Apa itu perawatan PRP?

Tempat PRP Wajah – PRP atau platelet rich plasma merupakan plasma darah yang mengandung banyak platelet dan beragam macam faktor pertumbuhan serta sitokin. Pada hakikatnya peremanjaan kulit sangat dipengaruhi oelh adanya kolagen yang cukup. Seiring dengan bertambahnya usia, maka produksi elastisitas dan kolagen di kulit akan menurun. Sehingga membuat kulit menjadi bergelambir atauu kerutan,, adanya garis-garis halus dan keriput pada wajah.

Sehingga dengan penambahan faktor pertumbuhan dengan prosedur PRP pada kulit yang sudah tidak mengencang akibat faktor penuaan dapat meningkatkan peremanjaan kulit, elastis jaringan serta pemicu proses regenerasi sel. 

Selain dapat dimanfaatkan untuk peremanjaan kulit, tindakan PRP juga dapat digunakan untuk menyembuhkan bekas luka, penghilang bekas jerawat, garis-garis halus sampai mengurangi kebotakan pada rambut. Teombosit dalam darah sangan mempunyai peran penting guana mengobati dan memperbaiki kondisi beberapa jaringan dalam tubuh manusia. 

Kandungan trombosit dari dilakukannya metode PRP bisa mencapai 5-10 kali lipat dari konsentrasi normal. Dengan penambahan melalui prosedur ini diharapkan mampu memperbaiki jaringan dengan lebih cepat.

 

Bagaimana indikasi dan kontraindikasi PRP?

Tempat PRP Wajah – Pasien yang tidak dianjurkan unruk melakukan PRP yaitu pasien yang memiliki permasalahan pada sistem koagulasi sebelumnya seperti:

  • Disfungsi kelainan trombosit, trombosittopenia, hipofrinogenemia
  • Pasien dengan hemodinamik yang tidak stabil
  • Adanya riwayat septikemia
  • Sensitif yang berlebihan terhadap
  • Adanya thrombin bovine
  • Penggunaan anti inflamasi non steroid secara terus menerus dalam 48 jam sebelum prosedur
  • Injeksi kortikosteroid pada lesi yang akan diterapi atau kortikosteroid sistematik dalam 2 minggu sebelum prosedur graft
  • Pasien yang mengonsumsi antikoagulan atau fibrinolitik
  • Terjadi demam yang baru saja membaik
  • Adanya riwayat kanker yang menyerang system hematopoetik atau tulang
  • Kadar hemoglobin dalam tubuh kurang dari 10g/dL
  • Sedang hamil

 

Bagaimana teknik penyiapan PRP?

Tempat PRP Wajah – Penyiapan PRP diawali dengan metode dasar yaitu metode sentrifugasi yang digunakan untuk menghasilkan platelet rich plasma dengan volume skitar 10 persen dari seluruh darah yang diambil dam tubuh pasien.adanya trombosit viable adalah keharusan sehingga setiap usaha dalam penyiapan PRP harus memastikan kulitas produknya terlebih dahulu.

Selanjutnya dokter akan memisahkan sebagian besar PRP dan menyisakan serum secukupnya sebagai tempat trombosit yang terkonsentrasi dalam bentuk suspense dengan alat yang disebut spuit. Hasilnya berbentuk cairan kemudian duikocok perlahan sehingga siap digunakan.

 

Aplikasi dan penyimpanan PRP 

Tempat PRP Wajah – PRP dapat diberikan sebagai fibrin glue atau sebagai agen hemostatik. PRP berbentuk seperti serum sehingga dapat langsung dioleskan pada permukaan kulit yang luka, dioleskan setelah penggunaan alat dermaroller dambil dipijit maupun digunakan sebagai filler bentuk cair atau gel yang disuntikkan ke dalam kulit bagian yang paling dalam.

 

Bagaimana tindakan PRP dilakukan?

Tempat PRP Wajah – Prosedur peremanjaan kulit dengan PRP dilakukan dengan cara pengambilan darah melalui intravena sebesar 10-21ml sesuai dengan kebutuhan pasien. Sampel darah in akan dimasukkan ke dalam tabung khusus yang kemudian akan diputar dengan kecepatan tinggi dalam mesin khusus teknik ini dinamakan disentrifugasi.

Selanjutnya, platelet dengan komponen darah lainnya terpisah yang mana didapatkan PRP atau platelet rich plasma. PRP mempunyai bentuk seperti serum yang berwarna kekuningan dan akan disuntikkan ke bagian wajah sampai meresap ke dalm bagian kulit paling dalam.

Doikter maupun spesialis kecantikan biasanya akan menggunakan metode lain sepertu mesin derma pen atau dermaroller serta micro-needle atau sekumpulan jarum jarum kecil yang berguna untuk membantu proses penetrasi serum ke dalam pori-pori kulit.

Beberapa bagian tubuh yang dilakukan penyuntikan PRP untuk mengurangi dan perbaikan kulit berkerut antara lain:

  1. Kulit di bagian sekitar mata
  2. Bagian kulit dahi
  3. Garis senyum pada wajah
  4. Kulit yang bergelambir di area sekitar bibir
  5. Kulit yang berkerut di area leher
  6. Bagian kulit yang terdapat bekas luka cacar atau jerawat.

Berbeda dengan metode penyuntikan hyaluronic acid dan bahan lainnya yang biasa dimanfaatkan untuk memperbaiki kerutan pada wajah saja, injeksi dengan metode PRP berlangsung secara lebih alami dan tahan lama.

 

Apa saja manfaat melakukan perawatan] PRP (platelet rich plasma)?

Tempat PRP Wajah – Platelet rich plasma mempunyai sifat yang dapat digunakan untuk merangsang peremanjaan pada kulit dan prosed regenerasi sel, maka manfaat yang daoat diperoleh pasien meliputi:

#1. Mengurangi kerutan pada kulit wajah

Metode penyuntikkan PRP telah digunakan sebagai pengobatan untuk menghaluskan kulit keriput, menghilangkan bekas jerawat, stretchmarks, dan kantung mata serta kulit bergelambir pada bagian tangan, leher dan wajah.

Berbeda dari prosedur penyuntikan metode filler yang menggunakan bahan sintetik, tindakan PRP juga dapat bermanfaat untuk memperbaiki kecacatan pada kulit dengan cara memicu pertumbuhan sel yang baru dan pembentukan kolagen. Sebagai antiaging, dilakukannya PRP sangat aman karena prosedurnya menggunakan darah pasien sendiri.

Sehingga perawatan kulit dengan PRP rtidak menimbulkan risiko reaksi alergi karena zat yang digunakan berasal dari tubuh pasien sendiri. Namun jika prosedur dilakukan dengan tidak tepat maka akan menyebabkan infeksi.

#2. Mampu mengurangi ramut rontok sampai risiko kebotakan

Penggunaan PRP merupakan solusi yang sangat efektif untuk mengatasi kebotakan yang diakibatkan oleh gangguan hormone. Kondisi ini dapat terjadii pada siapa saja baik pria maupun wanita.

Masalah kebotakan maupun rambut rontok dapat terjadi karena adanya kelemahan folikel rambut sehingga terjadi penipisan secara bertahap. Namun, penelitian lebih lanjut masih sangat dibutuhkan,, untuk membuktikan kemampuan suntik PRP dalam mengobati masalah tersebut.

#3. Osteoartis 

Penggunaan PRP saat ini juga sedang diujikan untuk penderita osteoartis. Pada penderita ini, PRP dapat dijadikan solusi apabila pasien belum menunjukkan kondisi yang baik meski sudah mengonsumsi obat-obatan. Namun tindakan PRP juga masih belum diketahui efektivitasnya pada penderita osteoarthritis.

 

Dimana tempat melakukan PRP wajah?

Tempat PRP WajahPerawatan kulit wajah dengan PRP merupakan prosedur yang cukup aman dan berdampak signifikan. Saat ini di Indonesia telah banyak ditemukan klinik kecantikan yang menyediakan perawatan PRP. Meski demikian, sebelum melakukan tindakan PRP cari tahu dulu informasi metode yang dilakukan apakah oleh dokter spesialis yang kompeten dan terpercaya.  Jika dilakukan oleh dokter atau spesialis yang kompeten maka Anda dapat mengharapkan hasil maksimal.

 

 

 

Klinik Kecantikan Global Estetik Hubungi https://wa.me/6285771452584