Tempat Cabut Gigi Bogor

globalestetik.com – Cabut gigi adalah proses mencabut gigi yang bermasalah dan tidak dapat diperbaiki lagi dari gusi. Prosedur ini dapat dilakukan dengan mudah atau melalui pembedahan.

Tempat Cabut Gigi Bogor

Tempat Cabut Gigi Bogor

Kapan Harus Dilakukan Tidakan Cabut Gigi

Tempat Cabut Gigi Bogor – Beberapa kondisi gigi yang biasanya membutuhkan pecabutan gigi adalah : 

  • Gigi yang berlubang tidak dapat diperbaiki lagi
  • Gigi geraham belakang yang tumbuh bengkok dan menekan gigi disebelhannya 
  • Gigi goyang disertai dengan peradangan seperti gingivitis atau abses gigi
  • Akar gigi yang sudah rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi
  • Posisi gigi yang tidak normal, seperti gigi yang tumpak tindih, tidak rata atau bengkok yang dapat merusak jaringan dinding mulut
  • Infeksi gigi
  • Gigi patah karena luka serius
  • Gigi berada di dekat jaringan abnormal dan harus dicabut

Selain kondisi gigi di atas, beberapa prosedur medis mungkin akan mengharuskan gigi dicabut terlebuh dahulu.

Persiapan Sebelum Cabut Gigi

Tempat Cabut Gigi Bogor – Sebelum merencanakan rencana pencabutan gigi, dokter terlebih dahulu melakukan beberapa pemeriksaan. Selain pemeriksaan gigi secara langsung, dokter juga dapat melakukan rontgen gigi. Sehari sebelum prosedur, pasien tidak boleh merokok. Dalam kasus pencabutan gigi, yang dilakukan melalui pembedahan dan dengan anestesi umum, pasien diminta untuk tidak makan atau minum apapun selama 6-8 jam sebelum prosedur. Pasien juga harus mengundang orang yang mereka cintai atau kerabat untuk menemani mereka sampai operasi pencabutan gigi, karena pasien tidak diperbolehkan mengendarai mobil sendiri setelahnya.  

Prosedur Cabut Gigi

Tempat Cabut Gigi Bogor – Apabila kondisi kesehatan tumbuh secara medis sudah dinyatakan sehat untuk menjaani proses pecabutan gigi, berikut ini proses pecabutan gigi yang akan dilakukan dokter :

  • Dokter akan memulai prosedur pencabutan gigi dengan memberikan bius dibagian gigi yang akan dicabut.
  • Jika lidah, gusi dan bibir sudah mulai kebas atau mati rasa, maka dokter akan memulai proses pecabutan gigi.
  • Dokter akan mulai menggoyangkan gigi menggunakan alat tertentu supaya gigi lebih mudah dicabut.
  • Setelah gigi terlihat mudah untuk dicabut, dokter mulai mencabut gigi secara perlahan dengan memutarkan gigi, dengan tujuan supaya gigi dapat terlepas dari gusi.
  • Apabila gigi yang akan dicabut dalam keadaan miring atau menyulitkan, maka dokter akan memberikan tindakan sedikit senyatan di gusi guna memperluas akses pecabutan gigi. Dokter juga akan mengurangi sedikit tulang didekat gigi yang dicabut untuk mempermudah tindakan pecabutan gigi.
  • Setelah selesai, dokter akan memintauntuk menggigit kasa steril guna mengurangi pendarahan sampai gumpalan darah terbentuk.
  • Jika luka terbentuk diarea pencabutan cukup besar, maka dokter dapat menjalani area tersebut supaya penyembuhan dapat terjadi dengan baik, sekaligus menghantikan pendarahan.
Tempat Cabut Gigi Bogor

Tempat Cabut Gigi Bogor

 

Efek Samping 

Tempat Cabut Gigi Bogor – Sama halnya dengan prosedur medis yang lain, tindakan cabut gigi memili efek samping yang akan timbul seperti :

  • Pembengkakan

Sebenarnya pembekakan adalah hal yang wajar setelah cabut gigi. Karena jaringan gigi yang dicabut akan mengalamai inflamasi atau peradangan akibat gesekan selama proses cabut gigi. Umunya pembekakan akan reda sekitar 1 minggu setelah pecabutan. 

  • Berdarah 

Pasca pencabutan gigi, pasti akan terjadi perdarahan pada rongga atau area pencabutan. Pada orang tanpa kelainan perdarahan, darah berhenti mengalir dengan sendirinya dalam beberapa jam. Namun, jika setelah beberapa jam gumpalan darah belum terbentuk di area pencabutan dan darah terus mengalir, segera hubungi dokter gigi yang merawat. Dokter dapat membantu mengurangi perdarahan dengan beberapa cara, antara lain menjahit area yang akan diangkat, memberikan obat atau zat tertentu yang dapat merangsang pembekuan darah.

  • Dry Socket

Setelah pencabutan gigi, area tempat gigi dicabut akan mengeluarkan darah. Darah dapat berhenti dengan sendirinya karena mekanisme pembekuan darah tubuh. Saat mekanisme ini terjadi, gumpalan darah terbentuk di lubang gusi yang digunakan untuk ekstraksi. Bekuan darah melindungi tulang dan saraf yang ada di rongga gusi setelah dikeluarkan. Gumpalan ini juga berfungsi sebagai dasar pembentukan tulang dan jaringan lunak di area ini. J

ika gumpalan tidak terbentuk dengan benar atau terlepas, saraf dan tulang yang tidak sembuh dengan benar dapat pecah dan menyebabkan rasa sakit yang parah. Kondisi ini disebut soket kering. Soket kering hanya bisa ditangani oleh dokter gigi. Jadi jika Anda mengalami kondisi serupa, segera hubungi dokter gigi Anda.

  • Infeksi

Infeksi setelah pencabutan gigi sangat jarang terjadi. Namun, kondisi ini tetap harus diperhatikan. Jika Anda merasakan demam setelah pencabutan gigi, disertai nanah pada area pencabutan, segera hubungi dokter gigi Anda. Ini bisa menjadi tanda peradangan. 

 

Perawatan Setelah Cabut Gigi 

Tempat Cabut Gigi Bogor – Setalah gigi berhasil dicabut, Anda bisa pulang dan melakukan perawatan gigi di rumah secara mandiri. Proses pemulihan nantinya membutuhkan waktu beberapa hari. Untuk mempercepat proses penyembuhan,  pasien disarankan untuk melakukan hal-hal berikut ini:

  • Kompres dingin di sisi pipi, yang dikeluarkan segera setelah prosedur dilakukan untuk mencegah pembengkakan yang signifikan. Oleskan handuk dingin atau es yang dibungkus handuk selama 10 menit.
  • Minum obat yang diresepkan oleh dokter Anda, seperti pereda nyeri atau antibiotik.
  • Makan makanan lunak seperti yoghurt, puding, sup atau buah-buahan seperti alpukat dan pisang. Hindari makanan keras hingga 1 minggu setelah pencabutan gigi. 
  • Jangan menggunakan sisi mulut yang terkena untuk mengunyah makanan.
  • Jangan minum melalui sedotan setidaknya selama 24 jam setelah prosedur, karena dapat menyebabkan nyeri dan mengganggu pembekuan darah pada gusi tempat gigi dicabut.
  • Hindari berkumur atau meludah terlalu keras selama 24 jam pertama. Jika sudah 24 jam, berkumurlah dengan air hangat yang telah dicampur dengan ½ sendok teh garam.
  • Ketika menyikat gigi, hindari menyentuh gusi ditempat gigi dicabut. 
  • Hindari merokok sebab akan memperlambat proses penyembuhan.
  • Hindari menyentuh bagian yang sakit dengan lidah Anda.
  • Dianjurkan untuk beristirahat selama 24 jam setelah prosedur dan tidak melakukan aktivitas berat.
  • Pakai bantal untuk menopang kepala Anda saat tidur dan berbaring.

Biasanya pasien merasakan nyeri dan tidak nyaman di sekitar gusi tempat gigi dicabut selama 1-3 hari. Lubang yang digunakan untuk pencabutan gigi biasanya sembuh dalam 1-2 minggu. Namun, butuh waktu lebih lama untuk menyembuhkan tulang dan jaringan di sekitar gigi. 

 

Tempat Cabut Gigi

Tempat Cabut Gigi Bogor – Sebelum melakukan cabut gigi, Anda bisa konsultasikan dengan dokter gigi sebelum melakukan prosedur. Untuk melakukan cabut gigi yang baik dan aman ada baiknya pilihlah tempat yang memberikan fasilitas cabut gigi dengan baik. Anda dapat mengunjungi Global Estetik Cabang Bogor untuk mendapatkan layanan tambal gigi. Berikut alamat lengkap klinik Global Estetik Bogor yang bisa Anda kunjungi.

Global Estetik Cabang Bogor di
Jl.KS Tubun No.19
Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,
Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)
Telpon Klinik: 0857-7145-2584
https://wa.me/6285771452584
Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00
Rute Google Maps
https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256
Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks
https://linktr.ee/globalestetik
Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

Penulis oleh Drg. Arnof