Tarif Bersihin Karang Gigi Depok

Tarif bersihin karang gigi depok

Tarif bersihin karang gigi depok

Yuk Simak!

globalestetik.com – Siapa sih yang tidak menginginkan gigi yang putih, bersih dan sehat? Jawabannya semua orang pasti mau. Namun kenyataannya setiap kali selesai memakan sesuatu tanpa kita sadari sisa makanan tersebut dapat tertinggal pada sela-sela gigi dan lama kelamaan akan terbentuk karang pada gigi. Meskipun telah menggosok gigi teratur, hal tersebut tentunya belum cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan menghindari terbentuknya karang gigi, ini dikarenakan menyikat gigi tentunya sulit untuk menjangkau plak yang menempel pada sela-sela gigi sehingga lama kelamaan plak ini akan mengeras menjadi suatu karang gigi. 

Karang Gigi & Komplikasinya

Tarif bersihin karang gigi depok – Karang gigi adalah suatu lapisan kotoran/plak yang mengeras di gigi (baik di permukaan maupun pada sela-sela gigi). Karang gigi yang telah terbentuk ini umumnya tidak menimbulkan gejala maupun keluhan yang mengganggu kesehatan fungsi gigi seseorang, akan tetapi apabila tidak ditangani tentu akan menyebabkan tampilan gigi menjadi tidak bagus secara estetik serta dapat memicu komplikasi berupa penyakit gusi dan mulut yang lain seperti:

  • Bau mulut (halitosis), karang gigi pada dasarnya akan menjadi rumah yang nyaman bagi banyak bakteri jahat. Bakteri tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah gigi, salah satunya yaitu bau mulut (halitosis). Bau mulut timbul disebabkan bakteri jahat di dalam mulut menghasilkan gas sulfur (belerang) sehingga ketika seseorang membuka atau membuang napas lewat mulut, keluarlah bau yang menyengat. Selain itu menghasilkan sulfur, asam yang dikeluarkan oleh bakteri dapat membuat gigi lama kelamaan menjadi berlubang/karies serta apabila terus diabaikan karang gigi juga dapat mengikis tulang penyangga gigi dan menimbulkan gigi goyang bahkan terlepas.
  • Peradangan pada gusi (gingivitis), karang gigi yang dibiarkan akan dapat semakin mengeras dan menyebabkan timbulnya radang gusi atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan gingivitis. Kondisi ini membuat kondisi gusi menjadi meradang, bengkak, dan mudah berdarah, dan apabila tidak diobati akan jadi lebih parah dan menyebabkan komplikasi yaitu periodontitis (penyakit ini menyebabkan timbulnya kantung yang membuat jarak antara gusi dan gigi). Komplikasi periodontitis ini akan menyebabkan tulang rahang, gusi, dan jaringan penopang gusi menjadi hancur. Apabila tanpa pengobatan yang tepat, periodontitis pada akhirnya dapat menyebabkan gigi tanggal atau lepas.
  • Perubahan warna pada gigi menjadi kuning hingga kecoklatan, hal ini dikarenakan karang gigi atau tartar itu sendiri merupakan tumpukan plak yang menempel dan mengeras pada permukaan atau sela-sela gigi. Karang gigi akan membuat tampilan gigi tampak tidak terawat dikarenakan plak yang mengeras tersebut cenderung berwarna kusam, bisa berwarna kuning kecoklatan hingga hitam. Selain itu adanya komplikasi infeksi bakteri pada gigi akan menyebabkan penipisan lapisan enamel gigi sehingga warna gigi akan terlihat mengalami penggelapan.

Plak gigi yang masih cenderung tipis umumnya mudah dibersihkan dengan cara menyikat gigi. Akan tetapi, lain halnya bila plak tersebut sudah menebal dan mengeras membentuk karang gigi. Apabila sudah terbentuk karang gigi, cara menghilangkannya harus dengan perawatan khusus yang hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi.

Karang gigi tersebut bisa dihilangkan dengan prosedur medis berupa scaling gigi. Dimana tindakan ini dilakukan oleh dentist (dokter gigi) dengan menggunakan alat pembersih khusus yang dikenal sebagai scaler gigi. Alat ini mampu untuk mengikis karang di gigi yang telah menempel kuat pada permukaan maupun sela-sela gigi. Untuk lebih mengenal tentang prosedur scaling gigi, mari kita simak ulasan berikut ini!

Apa itu prosedur scaling gigi??

Tarif bersihin karang gigi depokScaling gigi adalah suatu prosedur medis yang bertujuan untuk membersihkan karang gigi dengan menggunakan alat khusus yang disebut dengan scaler gigi. alat scaler ini tersedia dalam dua jenis baik itu berupa scaler manual maupun ultrasonic scaler. Dimana masing-masing scaler memiliki plus dan minusnya. 

Alat ultrasonic scaler saat ini lebih sering digunakan dibandingkan scaler manual hal ini dikarenakan jika menggunakan ultrasonic scaler prosedur scaling menjadi lebih tidak nyeri dan proses pengikisan yang lebih cepat. Cara kerja alat ini yaitu dengan menghasilkan getaran yang mampu menghancurkan dan merontokkan karang di sela-sela hingga bagian terdalam gigi. Tak hanya itu, alat ini juga bahkan dapat membersihkan karang gigi di garis gusi yang cenderung sangat sulit dijangkau dengan bulu sikat gigi.

Apa saja manfaat melakukan scaling gigi?

Tarif bersihin karang gigi depok – Beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan setelah menjalani keseluruhan prosedur scaling pada gigi, antara lain:

  • Menghindari kemungkinan resiko gigi berlubang dan kerusakan gigi lainnya yang merupakan komplikasi dari karang gigi.
  • Menghindari loss of attachment dari penyakit radang gusi (gingivitis) hingga periodontitis yang dapat menyebabkan gigi copot/terlepas.
  • Menghindari bau mulut tidak sedap (halitosis).
  • Menghemat biaya perawatan gigi di masa mendatang karena mencegah terjadinya komplikasi akibat karang gigi

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan scaling gigi?

Tarif bersihin karang gigi depok – Karang gigi tidak mudah dibersihkan hanya dengan membersihkan gigi dengan cara sikat gigi secara rutin atau menggunakan benang gigi (dental floss). Oleh karena itu, Anda perlu ke dokter gigi untuk menjalani prosedur scaling atau pembersihan karang gigi. Waktu yang tepat menurut dokter untuk menjalani scaling adalah setiap enam bulan sekali. Namun untuk kasus yang parah, misalnya apabila terdapat komplikasi akibat karang gigi baik pada gusi maupun yang lainnya, maka scaling gigi dapat dilakukan sesegera mungkin atau tiga bulan sekali.

Apa efek setelah melakukan scaling gigi?

Tarif bersihin karang gigi depok – Saat seseorang melakukan scaling, mungkin anda akan merasakan gusi menjadi bengkak, nyeri, atau bahkan berdarah. Hal ini terjadi karena bagian karang gigi tersebut berada di subgingiva atau di bawah gusi, maka dokter gigi akan menghancurkan karang yang berada di bawah gusi tersebut sehingga menyebabkan sedikit perdarahan. Efek lain setelah scaling juga muncul karena gigi yang berkarang sedang menyesuaikan diri dengan proses scaling agar kembali bersih dan gusi akan merekat lebih baik ke gigi karena dengan adanya karang gigi yang perlekatannya menurun.

Nah, penjelasan diatas adalah sedikit informasi mengenai karang gigi dan prosedur scaling, jika anda ingin melakukan scaling gigi jangan ragu untuk mengunjungi dokter gigi terdekat kepercayaan anda. Terkait untuk tarif melakukan prosedur scaling gigi tentunya akan berbeda-beda tiap tempat tergantung metode apa yang digunakan (manual atau ultrasonic scaler) dan seberapa parah kondisi karang gigi yang akan dibersihkan.

Namun umumnya sekali prosedur scaling gigi berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 500.000. Meskipun begitu tentunya harga ini tidak terlalu mahal mengingat komplikasi yang mungkin terjadi apabila kita tidak rajin merawat gigi dan mulut kita.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezzanine No.1 (Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya ya..)

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps: https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/ 

 

Penulis oleh Drg Arnof