Global Estetik –  Ortodontis adalah seorang dokter gigi yang telah mengikuti pelatihan spesialis tingkat lanjut di beberapa bagian spesialisasi perawatan gigi. Beberapa dokter gigi umum juga mempraktikkan perawatan ortodontik, setelah mengikuti berbagai pelatihan tingkat lanjut dalam bidang khusus ini.

Bagian terpenting adalah memahami bahwa bentuk dan fungsi berjalan beriringan. Posisi gigi menentukan bagaimana gigi Anda bekerja bersama dan memengaruhi cara Anda memandang dan tersenyum. Sederhananya, ketika segala sesuatu tampak benar, mereka kemungkinan besar adalah benar.

Ortodontik membutuhkan pemahaman tentang “mekanika” tentang cara memindahkan gigi ke posisi yang benar melalui tiga prinsip operasional yang meliputi:

  1. Perkembangan: Pertumbuhan dan perkembangan gigi dan rahang.
  2. Alignment: Alignment gigi dalam lengkung gigi atau rahang.
  3. Oklusi: Gigitan atau bagaimana gigi bersatu dan berfungsi selaras dengan sendi rahang.
Baca Juga :  Beberapa Fakta Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui tentang Gigi Dan Mulut Anda

Diagnosis Ortodontik

Setelah dilatih dalam hal pertumbuhan dan perkembangan, dokter gigi akan menentukan usia ideal untuk mengevaluasi dan merawat pasien yang sedang tumbuh. Pertumbuhan dapat memainkan peran penting dalam desain rencana perawatan dan mekanika ortodontik (pergerakan gigi) itu sendiri.

dokter gigi bandungPertumbuhan sebenarnya dapat dinilai dan kadang-kadang dimodifikasi melalui perawatan ortodontik dan dapat menjadi sekutu paling penting untuk hasil estetika, fungsional dan stabilitas. Ketika pertumbuhan telah selesai pada pasien dewasa, diperlukan pendekatan yang berbeda untuk perawatan ortodontik.

Sebelum masalah dapat diperbaiki, harus ada pemahaman yang jelas tentang bagaimana dan mengapa gigi berada pada posisi mereka saat ini. Seperti kebanyakan hal, ini membutuhkan penilaian atau “diagnosis.” Sejarah gigi dan medis diperlukan untuk memastikan apakah Anda cukup sehat untuk menjalani perawatan ortodontik. Catatan terperinci juga akan dibutuhkan termasuk:

  • Impresi untuk membuat cetakan gigi dan cara mereka bertemu, dikenal hanya sebagai model studi.
  • Model artikulasi – model studi ini dapat ditempatkan dalam mesin yang disebut artikulator yang mereplikasi gerakan rahang untuk tujuan studi.
  • Radiografi khusus (rontgen) gigi dan hubungan rahang.
  • Foto-foto senyum dan posisi gigi Anda.
  • Pencitraan komputer.
Baca Juga :  Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Lakukan Hal ini Jika Ingin Menjaga Kesehatan Gigi Selama Berpuasa

Kelima fase ini adalah tahap-tahap krusial untuk para ortodontis di klinik gigi Global Estetik untuk mengetahui dan memberi pilihan perawatan terbaik untuk Anda.