Tambal Gigi Jakarta Selatan

Tambal gigi jakarta selatan

Tambal gigi jakarta selatan

Tambal Gigi Jakarta Selatan

globalestetik.comTidak pernah dipungkiri, saat ini semakin banyak permasalahan kesehatan yang disebabkan dari banyak hal, tak terkecuali kesehatan gigi. Di dunia yang semakin berkembang, pola konsumsi makanan dan minuman menjadi salah satu penyebab timbulnya permasalahan gigi pada seseorang. Kebanyakan permasalahan gigi yang diderita saat ini seperti gigi menguning, gigi tanggal, gigi berlubang, dan banyak lagi macamnya. Gigi berlubang menjadi permasalahan klise dan paling banyak diidap oleh pasien sakit gigi.

Penyebab Gigi Berlubang

Tambal gigi jakarta selatan – Gigi berlubang merupakan kondisi dimana bakteri yang ada di dalam mulut lambat laun memproduksi zat asam yang mampu mengikis lapisan terluar gigi dan menjadikan gigi tersebut keropos dan berlubang. Bila tidak segera ditangani, lubang pada gigi bisa menyebabkan kerusakan yang lain pada gigi seperti infeksi gigi hingga gigi ompong. Penyebab gigi berlubang umumnya dari plak atau lapisan tipis berwarna putih atau kuning yang terbentuk dari sisa makanan yang tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi.

Plak mengandung jutaan bakteri yang apabila tidak dimusnahkan akan berkembang dan menghasilkan asam yang menyebabkan permasalahan pada gigi. Asam yang dihasilkan bakteri ini lambat laun terus mengikis lapisan enamel gigi sampai akhirnya membentuk lubang. Ukuran lubang pada gigi tergantung pada banyaknya plak yang menempel pada gigi. Jika lubang masih kecil memang tidak terasa, namun jika sudah membesar akan mulai terasa dampaknya. Jika tidak segera diatasi, makan lubang yang awalnya kecil akan melebar dengan sendirinya karena tidak dirawat.

Selain kondisi medis, faktor gigi berlubang juga bisa dari kebiasaan-kebiasaan kita sehari-hari. Pertama, kebiasaan jarang menyikat gigi. Plak akan muncul jika mulut dan gigi jarang dibersihkan. Bakteri akan berkembang cepat di permukaan gigi dan sela-sela gigi yang menyebabkan munculnya plak. Plak yang terus menerus tertumpuk akan membusuk dan menimbulkan resiko gigi berlubang. Menyikat gigi dengan teknik yang benar dan minimal dua kali sehari merupakan cara yang efektif untuk menanggulangi masalah tersebut.

Gerakan sikat gigi yang benar adalah dengan gerakan perlahan serta memutar. Hindari menyikat gigi dengan gerakan kasar karena akan merusak lapisan gigi. Kedua, terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis. Semua hal yang berkaitan dengan rasa manis pasti susah untuk ditolak, tak terkecuali makanan dan minuman. Namun, dibalik rasanya yang nikmat dan bisa memberikan kenyamanan, makanan dan minuman manis ternyata salah satu sumber dari permasalahan gigi.

Sisa-sisa makanan manis yang kita makan apabila tidak segera dibersihkan akan digerogoti oleh kumpulan bakteri yang ada di dalam mulut, sehingga meninggalkan asam. Asam yang dihasilkan bakteri bercampur dengan air liur dan lama kelamaan akan mengeras dan membentuk plak yang bisa menyebabkan lubang pada gigi. Apabila lubang di gigi mulai membesar, maka mulai memberikan dampak rasa sakit dan nyeri jika mengunyah makanan.

Itu sebabnya kebanyakan orang tua memberikan perhatian kepada anak-anaknya jika sehabis makan dan minum manis untuk segera menyikat gigi supaya giginya tidak berlubang. Konsumsilah gula sewajarnya saja, karena gula juga merupakan sumber energi bagi tubuh kita. ketiga, adalah makanan dan minuman asam, Sama halnya dengan gula, asam juga merupakan sumber permasalahan dalam gigi. Jika persentase asam pada mulut tinggi maka akan menjadikan mineral-mineral dalam gigi cepat hilang. Hal itu menjadi awal mula terbentuknya gigi berlubang.

Kandungan asam fosforik, asam karbonat, dan asam sitrat dengan Ph asam sekitar 3-4 ini bisa menjadikan email gigi menipis.dan terkikis. Untuk mengurangi dampak negatif dari asam, ada beberapa hal yang harus diperhatikan setelah mengonsumsi asam. Sikatlah gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam, paling tidak setelah 40 menit mengonsumsi. Tak lupa untuk meningkatkan konsumsi air mineral minimal 2 liter perhari agar pH dalam mulut kembali normal. 

Mengatasi Gigi Berlubang

Tambal gigi jakarta selatan – Jika dilihat lebih dekat, tak disangka faktor yang menyebabkan gigi berlubang adalah kebiasan yang kerap kita lakukan sehari-hari. Secara umum usaha untuk mengobati gigi berlubang, yakni dengan menambal gigi. Tambal gigi dilakukan untuk memperbaiki gigi yang rusak tanpa harus mencabutnya agar fungsi gigi kembali seperti biasa. Tambal gigi adalah suatu perlakuan medis yang harus ditangani oleh ahlinya.

Seorang dokter gigi akan memberikan tindakan tambal gigi dengan menutup lubang atau celahan pada gigi dengan bahan yang telah ditentukan. Berdasarkan metodenya ada dua prosedur yang digunakan ketika menambal gigi, yakni tambal gigi langsung dan tambal gigi tidak langsung. Istilah lain dari tambal gigi langsung adalah direct filling, tahap ini dilakukan bertujuan untuk membersihkan kotoran sisa makanan yang ada di lubang gigi. Pada jenis tambalan direct filling ini bahan yang digunakan adalah amalgam dan komposit. Biasanya, apabila pasien mendaptkan tindakan tambalan jenis ini akan selesai dalam sekali konsultasi.

Tahapan yang dilakukan ketika proses menambal gigi langsung yaitu pasien akan diberi suntikan bius lokal dengan tujuan agar area sekitar gigi menjadi mati rasa. Dokter akan mengebor bagian gigi yang rusak agar menemukan lubang pada gigi dengan bantuan alat bor khusus gigi, laser, dan semprotan udara. Setelah memastikan gigi pasien sudah tidak ada kotoran, kemudian dokter akan memasang tambalan ke gigi yang berlubang dengan menggunakan bahan khusus yang dipilih sesuai dengan kondisi gigi pasien. Penggunaan lapisan yang bahannya dari ionmer kaca atau resin komposit dipilih dan digunakan untuk melindungi syaraf agar baik-baik saja sebelum tertimpa bahan tambahan lainnya. Tahap terakhir apabila sudah selesai, gigi yang ditambal akan di poles agar terasa nyaman. 

Tambal gigi jakarta selatan Jika yang pertama merupakan jenis tambal gigi langsung, maka yang kedua jenisnya tambal gigi tidak langsung. Sebutan lainnya yakni indirect filling. Tambalan ini diberikan kepada seseorang yang mengalami kondisi gigi berlubang dengan ukuran sangat besar. Lubang yang cukup besar ini tidak mampu menahan bahan tambalan, sehingga dilakukanlah tambalan tidak langsung. Dokter akan mencetak tambalan menyerupai gigi yang mengalami masalah. Bahan yang dipilih untuk menambal gigi yakni emas dan porselen.

Berbeda dengan tambalan langsung yang bisa langsung jadi dalam sekali kunjungan, indirect filling membutuhkan dua kali kunjungan untuk sampai ke tahap selesai. Dokter akan melakukan pembersihan pada gigi yang bermasalah, disusul dengan penyetakan gigi yang berlubang. Sebelum dilakukannya tambalan sebenarnya, dokter akan menambal gigi pasien dengan tambalan sementara sembari menunggu gigi yang sedang dicetak jadi. Tambalan sementara akan dilepas pada kunjungan kedua, dan dokter akan memastikan cetakan yang dibuat cocok dengan gigi yang bermasalah.

Apabila tidak mengalami masalah, dokter akan merekatkan tambalan gigi yang sudah dicetak ke bagian gigi yang berlubang. Setelah proses tambal gigi selesai, dokter akan memberikan arahan kepada pasien tentang bagaimana cara merawat gigi yang sudah ditambal agar tidak terjadi masalah nantinya. 

 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Jakarta Selatan di

Grand ITC Permata Hijau Lantai 1 Blok D9/B 

Jl. Arteri Permata Hijau, RT.11/RW.10, Grogol Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12210

( Sebelah Toko Emas Princess )

https://wa.me/6285813313640

Telpon Klinik :  085813313640

Buka senin s/d minggu

Jam 10.00 – 20.00

Rute GMaps: https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+permata+hijau/@-6.3076677,106.7219183,12z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69f13fe789eabb:0x66059b13fa2076e5!2m2!1d106.7834065!2d-6.2205372   

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Temukan saya di Google Maps! https://maps.app.goo.gl/wJzC2AXd9KbjWLGO2 

 

Penulis oleh Drg Arnof