Tambal Gigi Depan Permanen Bogor

 

 

Tambal gigi depan permanen berapa- Menambal gigi bukan hanya dilakukan pada gigi belakang atau gigi geraham yang berlubang tetapi juga dapat dilakukan pada gigi depan. Kondisi yang menyebabkan gigi depan perlu ditambal ialah gigi retak, patah, atau aus akibat kecelakaan atau kebiasaan tertentu seperti menggemeretakan gigi dan menggigit kuku. Selain itu, gigi depan juga dapat berlubang. Hal tersebut disebabkan oleh susunan gigi yang tidak rata pada gigi depan akibat pertumbuhan gigi yang kurang sempurna.

 

tambal gigi depan permanen bogor

tambal gigi depan permanen bogor

 

Tambal gigi depan permanen

Tambal gigi depan permanen – Tambal gigi permanen merupakan suatu prosedur penambalan gigi yang dimaksudkan dalam jangka waktu yang panjang. Berbeda dengan tambal gigi sementara yang memiliki ketahanan hanya beberapa minggu atau bulan, tambal gigi permanen memiliki jangka waktu yang cukup lama yaitu bisa mencapai beberapa tahun. Tambal gigi permanen digunakan apabila gigi telah mengalami kerusakan yang cukup parah. Misalnya pada kondisi ukuran lubang yang cukup besar dan menimbulkan rasa nyeri.

Tambal gigi Bogor – Tambalan gigi permanen dilakukan dengan menggunakan bahan yang lebih keras. Hal tersebut dipilih agar selama penggunaan, tambalan gigi dapat bertahan lebih lama dan melakukan fungsinya dengan tepat. Selain itu, warna pada tambalan gigi permanen dapat disesuaikan dengan warna alami pada gigi asli. Dengan demikian, orang lain tidak dapat mengetahui jika gigi merupakan gigi tambalan, terutama untuk tambal gigi depan yang mudah terlihat oleh orang lain.

Proses menambal gigi depan permanen

Kerusakan yang terjadi pada gigi depan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi. Bisa dikarenakan gigi berlubang, bisa juga dikarenakan gigi patah. Meskipun untuk mengatasi dua permasalahan tersebut sama yaitu dengan menambal gigi, namun proses yang dilakukan agak sedikit berbeda. Berikut adalah penjelasan proses atau tahapan setiap kondisi gigi.

  1. Tahapan dan proses tambal gigi depan berlubang

Sebelum melakukan tambal gigi, biasanya dokter akan menjelaskan tentang bahan tambal gigi yang dapat digunakan dahulu. Hal ini bertujuan untuk memberi pemahaman pada pasien serta agar pasien dan dokter dapat menentukan bahan mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasien. Aa bermacam-macam jenis bahan tambal yang dapat digunakan untuk menambal gigi. Namun saat ini di Indonesia, ada dua bahan yang paling diminati dan umum digunakan, yaitu semen ionomer kaca (GIC) dan resin komposit.

Tahapan menambal gigi biasanya dilakukan pertama dengan tambal gigi sementara kemudian setelah itu dilanjutkan dengan tambal gigi permanen. Tahapan dalam melakukan tambal gigi berlubang ialah:

a. Pembersihan area gigi berlubang dan sekitarnya

Saat menangani pasien gigi berlubang, dokter tidak akan langsung menambal gigi. Sebab, di dalam gigi yang berlubang terdapat kotoran berwarna cokelat kehitaman yang harus dibersihkan terlebih dahulu. Perubahan warna di dalam lubang gigi terjadi akibat bakteri yang menginfeksi. Area ini perlu dibersihkan hingga benar-benar tuntas, agar bakteri bisa hilang dengan sempurna. Dengan demikian, saat gigi ditambal, tidak akan terjadi karies sekunder atau lubang lanjutan akibat bakteri yang tersisa.

Proses pembersihan dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut dengan bur gigi. Pengeburan gigi inilah yang bagi sebagian orang dirasa menakutkan karena menimbulkan rasa ngilu. Namun, tidak perlu khawatir. Sebab dokter akan memberikan bius lokal pada gusi untuk mengurangi rasa ngilu.

b. Pengolesan bahan atau pemasangan alat perekat

Setelah kondisi gigi benar-benar bersih, tahap tambal gigi depan selanjutnya adalah pengolesan bahan atau pemasangan alat perekat tambalan yang disebut dengan bonding. Bahan bonding diperlukan agar bahan tambal dapat merekat sempurna ke permukaan gigi.

c. Penempatan bahan tambal gigi

Setelah bahan bonding dipasang, maka bahan tambal gigi baru akan mulai dimasukkan. Dokter gigi akan menggunakan bahan tambal gigi yang sewarna dengan gigi asli. Dengan demikian, hasil tambalan nanti bisa terlihat lebih natural dan tidak terlalu berbeda dengan struktur gigi yang ada. Penentuan warna gigi biasanya dilakukan di awal perawatan, yaitu sebelum pembersihan menggunakan bur dilakukan. Bahan isian tambalan dimasukkan sedikit demi sedikit sambil dibentuk sesuai anatomi gigi. Dokter juga akan membentuk bahan tambal tersebut menyesuaikan permukaan kunyah gigi, agar nyaman saat digunakan  untuk menggigit atau mengunyah.

d. Tes gigit

Tes gigit dilakukan agar pasien dapat merasakan ada atau tidaknya rasa mengganjal pada tambalan. Apabila terasa mengganjal, dokter akan menyesuaikan kembali ketinggian tambalan.

e. Finishing

Apabila semua tahap di atas sudah selesai, maka tahap paling akhir adalah finishing. Finishing perlu dilakukan agar permukaan tambal semakin halus dan tidak ada celah yang memungkinkan bakteri kembali masuk.

  1. Tahapan dan proses tambal gigi depan patah

Apabila gigi yang patah hanya sedikit gompal, tambal gigi masih mungkin untuk dilakukan. Pertama-tama area gusi di sekitar gigi akan diberi anestesi lokal agar menjadi baal atau tahan rasa sakit. Selanjutnya, permukaan gigi akan dibor dan dibersihkan dari kuman serta sisa-sisa makanan.

Tambalan gigi diisi pada bagian gigi yang patah dan dikeraskan dengan menggunakan sinar khusus. Setelah itu, gigi dipoles dan disesuaikan bentuknya agar tidak ada yang mengganjal saat pasien merapatkan gigi. Gigi dapat ditambal dengan menggunakan berbagai bahan, seperti amalgam, emas, porselen, atau komposit resin.

Apabila kondisi patahan tampak lebih dalam atau retak, perlu dilakukan bonding, yaitu proses merekatkan gigi kembali menggunakan komposit resin. Campuran perekat yang memiliki warna mirip warna gigi, diaplikasikan pada bagian yang retak, lalu dikeraskan menggunakan sinar ultraviolet.

 

tambal gigi depan permanen di bogor

tambal gigi depan permanen di bogor

 

Hal yang perlu diperhatikan setelah melakukan tambal gigi depan

Setelah mengisi rongga gigi yang berlubang, dokter gigi akan memiliki instruksi khusus yang harus diikuti pasien terkait hal-hal yang perlu dilakukan. Beberapa hal tersebut di antaranya:

  1. Waktu gigi dapat digunakan

Waktu gigi dapat digunakan berkaitan dengan kapan dan apa yang harus dimakan. Jenis bahan isian dapat memengaruhi waktu tunggu, seperti misalnya:

a. Amalgam (Perak)

Jenis bahan isian ini membutuhkan waktu sekitar 24 jam untuk mengeras sepenuhnya dan mencapai kekuatan maksimum. Dokter gigi akan merekomendasikan menunggu setidaknya 24 jam sebelum gigi yang mendapat tambalan digunakan untuk menggigit dan mengunyah.

b. Tambalan Komposit

Tambalan komposit akan segera mengeras setelah dokter gigi memasang sinar UV pada gigi. Pasien biasanya bisa makan segera setelah keluar dari klinik gigi. Namun, umumnya dokter gigi akan merekomendasikan untuk menunggu setidaknya 2 jam sebelum menggigit atau mengunyah menggunakan gigi yang baru saja ditambal.

c. Hindari makanan terlalu panas atau dingin

Apabila efek anestesi belum benar-benar hilang, pasien disarankan untuk tidak makan terlebih dahulu. Mulut yang masih dalam pengaruh anestesi, akan membuat pasien tidak dapat merasakan bagian-bagian di dalam mulut serta suhu makanan atau minuman. Pasien baru bisa makan setelah melewati 24 jam dengan syarat tidak mengonsumsi makanan dan minuman manis, sangat panas, atau sangat dingin.

d. Jangan makan makanan yang sulit digigit atau dikunyah

Setelah melakukan tambal gigi, hindari mengonsumsi makanan yang keras, kenyal, dan lengket. Jenis makanan tersebut dapat merusak tambalan gigi. Lebih baik apabila memakan makanan yang lembut dan renyah, seperti nasi tim, tomat, brokoli, bayam, atau sayuran lainnya dan menghindari es, cokelat, permen, keripik, atau kentang goreng. .

e. Gunakan sisi gigi lain saat menggigit atau mengunyah

Saat pasien sudah mulai bisa makan seperti biasa, sebaiknya hindari menggigit atau mengunyah menggunakan gigi yang baru saja ditambal. Gunakan gigi sisi gigi yang lain hingga tambalan gigi padat dengan sempurna dan tidak ada yang rusak.

f. Minum obat pereda Nyeri

Setelah efek anestesi menghilang, kemungkinan pasien merasakan sedikit nyeri. Apabila diperlukan, minumlah obat pereda nyeri yang biasa dianjurkan dokter yang menangani.

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

    Penulis oleh Drg. Arnof