Tambal Gigi Depan Bogor

 

 

Harga tambal gigi depan di Bogor – Menambal gigi adalah suatu upaya atau prosedur yang dilakukan untuk memperbaiki gigi yang rusak atau berlubang. Upaya ini dilakukan dengan memasukkan bahan tambalan ke bagian gigi yang rusak atau berlubang. Metode dan bahan tambalan yang digunakan disesuaikan dengan kondisi gigi pasien. Biasanya dokter menggunakan bahan tambalan gigi dari bahan-bahan seperti amalgam, ionomer resin, atau porselen.

 

tambal gigi depan bogor

tambal gigi depan bogor

 

Jenis-jenis Bahan Tambalan Gigi

Tambal gigi depan Bogor – Berikut adalah jenis-jenis bahan yang dapat digunakan dan disarankan dokter gigi untuk menjadi bahan pengisi tambalan. Pemilihan bahan-bahan ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi gigi pasien.

  1. Komposit

Komposit adalah campuran antara resin akrilik dan bubuk kaca. Bahan komposit menjadi bahan yang paling sering digunakan untuk menambal gigi. Hal tersebut dikarenakan komposit memiliki beberapa kelebihan di antaranya warna material yang dapat disesuaikan dengan gigi, kuat dan tahan terhadap tekanan, serta tidak perlu sering-sering diperbaiki atau diganti. Akan tetapi, tambalan gigi komposit memiliki beberapa kekurangan yaitu bisa lepas jika sering menggigit makanan bertekstur keras, menyebabkan reaksi alergi lokal, serta cepat menguning.

  1. Amalgam

Amalgam merupakan campuran beberapa logam seperti merkuri, perak, tembaga, dan timah. Amalgam biasa digunakan untuk menambal gigi belakang. Kelebihan yang dimiliki amalgam adalah kuat dan tahan tekanan, harganya terjangkau, serta tidak perlu sering diganti. Sementara kekurangannya amalgam mengandung merkuri yang berbahaya bagi tubuh, pemasangan amalgam membutuhkan pengambilan beberapa gigi yang sehat, serta warnanya mudah gelap akibat korosi.

  1. Ionomer resin

Merupakan campuran antara asam akrilik dan resin akrilik. Bahan ini biasa digunakan untuk menambal permukaan gigi yang tidak digunakan untuk mengunyah. Kelebihan yang dimiliki yaitu warna bahan sesuai dengan warna gigi, resiko munculnya reaksi alergi rendah, serta bagian gigi yang diambil sedikit. Selanjutnya, kekurangannya adalah penggunaan terbatas pada sejumlah gigi serta memiliki daya tahan rendah.

  1. Porselen

Selain digunakan untuk veneer dan mahkota gigi, bahan porselen juga digunakan untuk menambal gigi. Sejumlah kelebihan yang dimiliki porselen adalah warnanya paling sesuai dengan warna gigi, resiko terkikis rendah, resiko infeksi rendah, serta tidak menyebabkan alergi. Sedangkan kekurangannya yaitu mudah rapih dan retak, serta biayanya yang mahal.

Tambal Gigi Depan

Tambal gigi depan Bogor – Menambal gigi bukan hanya dilakukan pada gigi belakang atau gigi geraham yang berlubang tetapi juga dapat dilakukan pada gigi depan. Kondisi yang menyebabkan gigi depan perlu ditambal ialah gigi retak, patah, atau aus akibat kecelakaan atau kebiasaan tertentu seperti menggemeretakan gigi dan menggigit kuku. Selain itu, gigi depan juga dapat berlubang. Hal tersebut diakibatkan oleh susunan gigi yang tidak rata pada gigi depan. Menambal gigi depan diperlukan ketelitian dan kecermatan sebab gigi depan merupakan gigi yang pertama terlihat ketika tersenyum. Dengan demikian dokter gigi harus memperhatikan estetika dalam menambal gigi depan sehingga hasil tambalan harus sebaik mungkin.

 

Proses Menambal Gigi Depan

Proses Menambal gigi depan terbagi menjadi beberapa tahap yaitu tahap pembersihan, pengolesan perekat, penempatan bahan, uji kekuatan, dan finishing. Berikut adalah penjelasan setiap tahap.

  1. Pembersihan area gigi

Baik gigi patah atau berlubang di bagian depan, sebelum dilakukan penambalan dokter akan membersihkan area gigi terlebih dahulu agar gigi steril dari kuman dan bakteri. Pembersihan dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut bur gigi. Penggunaan but gigi ini bertujuan untuk membersihkan area menghitam pada gigi yang akan ditambal.

  1. Pengolesan bahan perekat tambalan

Setelah kondisi gigi bersih, tahap selanjutnya adalah pengoles bahan perekat tambalan yang disebut dengan bonding. Bahan boding digunakan dengan tujuan agar bahan tambal dapat merekat dengan sempurna ke permukaan gigi.

  1. Penempatan bahan tambal

Setelah mengoleskan bonding, dokter akan memasukkan bahan tambalan gigi secara perlahan mengikuti anatomi gigi. Bahan yang dipilih dan digunakan adalah bahan yang memiliki warna serupa dengan gigi. Selanjutnya, dokter akan membentuk bahan tambal sesuai dengan permukaan kunyah dan gigit gigi agar setelahnya pasien merasa nyaman menggunakan gigi untuk menggigit dan mengunyah.

  1. Uji kekuatan

Selanjutnya dilakukan uji kekuatan gigi tambalan dengan melakukan tes gigit. Tes gigit dilakukan dengan tujuan agar pasien dapat merasakan ada atau tidaknya rasa mengganjal pada tambalan. Apabila terasa mengganjal, dokter akan menyesuaikan kembali ketinggian tambalan.

  1. Finishing

Apabila semua tahap sudah dilalui, tahap selanjutnya adalah finishing. Finishing dilakukan agar permukaan tambalan semakin halus dan tidak ada celah yang memungkinkan bakteri masuk.

 

tambal gigi depan di bogor

tambal gigi depan di bogor

 

Usia Tambalan Gigi Depan

Tambal gigi depan Bogor – Lama usia tambalan gigi depan bergantung pada jenis tambalan dan perawatannya. Jenis tambalan sementara biasanya bertahan dalam hitungan bulan. Sedangkan jenis tambalan tetap umumnya bertahan lebih lama. Tambalan gigi tetap dengan bahan amalgam dapat bertahan sampai 20 tahun, resin komposit bertahan selama 10 tahun, dan GIC bertahan kurang dari 5 tahun. Apabila perawatan pada gigi tambalan kurang baik usia tambalan akan semakin cepat dan harus segera diganti dengan tambalan yang baru.

Perawatan pada Gigi Tambal

Menambal gigi bukan hanya sekedar melakukan tambalan pada gigi yang bermasalah, baik patah maupun berlubang. Akan tetapi, selah gigi tertambal perlu dilakukan perawatan agar kondisi gigi tambalan tetap baik. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat gigi tambalan.

  1. Menghindari mengonsumsi makanan terlalu panas atau dingin

Setelah melakukan penambalan pada gigi efek yang paling sering dimunculkan adalah gigi sensitif sehingga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang terlalu panas dan dingin. Makanan yang terlalu panas juga dapat lebih cepat merusak bahan tambalan.

  1. Menghindari mengonsumsi makanan yang sulit dikunyah.

Hindari mengonsumsi makanan dengan tekstur keras, terlalu kenyal, dan lengket seperti coklat, permen, kripik, dll. Hal tersebut dapat merusak tambalan gigi. Dianjurkan sebaiknya mengonsumsi makanan yang lembut.

  1. Pilih sisi gigi lain untuk menggigit atau mengunyah

Gigi depan biasanya difungsikan untuk menggigit makanan yang dimasukkan ke dalam mulut. Sebaiknya dalam melakukan aktivitas menggigit gunakan bagian gigi yang tidak tertambal.

  1. Gunakan pasta gigi dengan kandungan Fluorida

Fluorida dapat membantu menjaga kekuatan gigi dan melindungi gigi dari kerusakan baru. Gel atau pasta dengan kandungan Fluorida membantu memperkuat enamel gigi serta meningkatkan umur tambalan gigi.

  1. Hindari obat kumur dan pasta gigi yang mengandung alcohol

Kandungan dalam obat kumur dan pasta gigi beralkohol dapat menurunkan daya tahan tambalan. Selain itu, pasta dengan kandungan alkohol juga dapat mempercepat perubahan warna pada tambalan gigi.

  1. Jangan menggeretakkan gigi

Seseorang dengan kebiasaan buruk mengatupkan dan menggeretakkan gigi dapat merusak tambalan gigi. Maka dari itu sebaiknya hindari kebiasaan ini.

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

    Penulis oleh Drg. Arnof