TAMBAL GIGI BOGOR DEPOK

 

 

Tambal Gigi Bogor Depok – Tambal gigi merupakan salah satu prosedur perawatan gigi yang paling banyak dilakukan. Prosedur perawatan ini ditujukan untuk memperbaiki gigi rusak atau bolong akibat masalah pada gigi. Umumnya, prosedur ini tak akan membuat anda merasa sakit dan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk dilakukan. Tambal gigi sangat penting dilakukan pada pasien yang mengalami gigi berlubang karena dapat mengembalikan fungsi gigi dan mencegah kemungkinan buruk kedepannya.

 

tambal gigi bogor depok

tambal gigi bogor depok

 

Bagaimana proses tambal gigi dilakukan?

Tambal Gigi Bogor Depok – Yang pertama dilakukan adalah pemeriksaan kepada dokter gigi, dokter mungkin akan melakukan rontgen gigi atau hanya melihat gigi untuk mengobservasi tingkat kerusakan gigi. Pasien akan mendapatkan anestesi lokal untuk membuat area gigi mati rasa dan ini akan membantu mencegah rasa sakit saat perawatan. Akan tetapi pasien mungkin tidak memerlukan obat bius jika tambalan hanya dilakukan di permukaan gigi. Setelah area gigi tersebut mati rasa, dokter akan menggunakan bor gigi untuk mengebor email gigi untuk menghilangkan kerusakan pada gigi. Beberapa dokter gigi juga mungkin ada yang menggunakan laser atau alat abrasi udara, tetapi teknik ini jarang dilakukan. Kemudian Langkah selanjutnya adalah dokter gigi akan mensterilkan dan menyiapkan area yang akan ditambal dan kemudian mulai mengisi lubang pada gigi. Pada beberapa jenis tambalan dikeraskan atau diawetkan menggunakan cahaya panjang gelombang biru. Langkah terakhir, dokter gigi akan menggosok dan memeriksa gigi untuk memastikan gigitan sudah benar. Setelah penanganan, gigi mungkin akan terasa sedikit sakit atau sensitif setelah penambalan, tetapi seharusnya sudah tidak ada rasa sakit yang akan mengganggu. Pasien harus menghindari dahulu makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin selama satu sampai dua hari, tetapi sebagian besar, pasien sudah bisa makan dengan normal.

Jenis-jenis tambalan gigi

Tambal Gigi Bogor Depok – Sebelum melakukan perawatan tambal pada gigi anda, dokter gigi biasanya akan menjelaskan berbagai jenis bahan yang dapat digunakan untuk mengisi rongga gigi yang bolong.

  1. Tambalan Warna Perak

Tambalan jenis ini merupakan amalgam logam, yakni kombinasi atau campuran dari merkuri, perak, timah, dan tembaga. Bahan ini akan lebih tahan lama dibandingkan tambalan dengan warna gigi dan umumnya lebih terjangkau bila dibandingkan dengan bahan lainnya. Beberapa orang mungkin akan mengkhawatirkan kandungan merkurinya, tetapi menurut para ahli mereka tidak menemukan bukti klinis bahwa tambalan amalgam berbahaya. Tambalan jenis ini bahkan bisa bertahan dari 5 sampai 25 tahun.

  1. Tambalan Komposit
Baca Juga :  Hindari Potensi Masalah Pada Gigi Bayi dengan Langkah-Langkah Ini

Tambalan jenis ini adalah campuran dari partikel kaca atau kuarsa dan resin akrilik. Kelebihan dari bahan ini adalah tahan lama tetapi harganya sedikit lebih mahal daripada amalgam logam. Tambalan jenis ini pun bisa bertahan dari 5 sampai 10 tahun.

  1. Tambalan Emas

Tambalan dengan campuran emas, tembaga, dan logam lainnya ini sangat tahan lama akan tetapi lebih mahal. Mereka juga tidak terlihat alami. Tambalan emas biasanya akan dibuat di laboratorium setelah dokter gigi memeriksa gigi. Tambalan jenis ini bahkan bisa bertahan dari 15 sampai 20 tahun.

  1. Tambalan Ionomer Kaca

Tambalan ini berwarna seperti gigi tetapi tidak sekuat komposit. Terbuat dari akrilik dan sejenis kaca yang mengandung fluorida yang dapat mencegah gigi berlubang. Ionomer kaca sering kali digunakan untuk gigi anak-anak dan lebih mahal daripada amalgam.

  1. Tambalan Porselen

Meski mahalnya sama dengan tambalan emas, namun tambal gigi jenis ini sangat terlihat alami. Tambalan jenis ini dibuat di laboratorium setelah dokter gigi telah memeriksa kondisi gigi pasien. Komposit sendiri sudah digunakan dengan lebih sukses selama berapa dekade terakhir karena kekuatannya yang besar, variasi warna lebih baik, dan umurnya yang lebih panjang sehingga tambalan jenis ini menjadi tambal gigi yang lebih unggul. Selain itu, komposit bisa digunakan tidak hanya untuk tambalan yang ditempatkan di area depan yang lebih sensitif secara kecantikan tetapi juga dapat dipasang pada gigi posterior, seperti geraham dan bikuspid.

Berapa lama prosedur tambal gigi dilakukan?

Pada umumnya, tambal gigi membutuhkan waktu hanya satu jam atau kurang. Pengisian sederhana pada lubang gigi bisa memakan waktu paling sedikit 20 menit. Tambalan yang lebih besar atau lebih dari satu tambalan bisa memakan waktu lebih lama. Ini juga tergantung pada bahan yang akan digunakan untuk tambalan. Untuk beberapa jenis bahan bisa memakan waktu yang lebih lama, atau membutuhkan pertemuan kedua. Misalnya pada bahan resin komposit yang melapisi gigi membutuhkan lebih banyak waktu lagi, tetapi juga dapat diselesaikan dalam satu kunjungan. Beberapa tambalan pada komposit mungkin dibuat dari sebuah cetakan dan memerlukan kunjungan atau pertemuan kedua untuk mengikat isian. Sedangkan pada tambalan emas atau porselen disebut inlay atau onlay, biasanya tidak dapat dilakukan dalam satu waktu atau satu kali kunjungan. Pada kunjungan pertama, gigi berlubang akan dilepas dan gigi akan diberi cetakan yang kemudian akan dikirim ke laboratorium untuk membuat tambalan gigi. Pada pertemuan berikutnya, tambalan baru akan direkatkan ke gigi. Sedangkan untuk mengganti tambalan lama membutuhkan waktu yang hampir sama dengan tambalan asli atau bahkan sedikit lebih lama jika bahan tambalan lama harus dibor terlebih dahulu. Kemudian rongga dan bahan pengisi lama dibersihkan dan bahan pengisi tambalan baru dimasukkan.

Baca Juga :  Penemuan Terbaru Teknologi Pemberantas Malaria Dengan Pasta Gigi

 

tambal gigi di bogor depok

tambal gigi di bogor depok

 

Efek samping tambal gigi

Ada beberapa risiko yang mungkin akan terjadi akibat prosedur perawatan tambal gigi, yaitu:

  1. Gigi sensitif

Pada beberapa kasus tambal gigi, masalah gigi sensitif dapat tidak membaik. Jika gigi sensitif tidak membaik dalam 2–4 minggu atau apabila gigi terasa sangat sensitive dan ngilu, segera lakukan pemeriksaan kembali ke dokter.

  1. Nyeri gigi

Nyeri gigi setelah melakukan tambal gigi dapat terjadi ketika menggigit atau ketika gigi yang baru ditambal bersentuhan dengan gigi lainnya. Jika ini terjadi, lakukan pemeriksaan ke dokter kembali karena tambalan gigi mungkin ada yang perlu dievaluasi. Nyeri pada gigi juga bisa terjadi karena adanya kerusakan pada gigi yang sudah sangat dekat dengan akar gigi. Pada kondisi seperti ini, pasien akan disarankan untuk menjalani perawatan pada akar gigi anda.

  1. Tambalan gigi aus

Tambalan gigi juga bisa retak atau lepas dari tempatnya akibat adanya tekanan yang terus menerus Ketika anda sedang mengunyah atau menggigit. Kondisi ini seringkali tidak disadari oleh pasien yang menggunakan tambal gigi, sampai gigi kembali terlihat berlubang. Apabila dokter gigi mendeteksi ada tambalan yang retak atau tidak merekat dengan sempurna, dokter akan melakukan pemeriksaan foto rontgen untuk melihat kondisi gigi anda secara lebih detail. Tambalan gigi yang tidak merekat sempurna akan membuat air liur, serpihan makanan, dan bakteri dapat meresap ke celah tersebut dan dapat memicu pembusukan pada gigi anda.

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

 

Dan

 

Global Estetik Cabang Depok

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372

 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

 

Penulis oleh Drg. Arnof