Tahap Pemeriksaan dan Persiapan Sebelum Pemasangan Crown

dotker gigi depok

Tahap Pemeriksaan dan Persiapan Sebelum Pemasangan Crown

Bagaimana pasang crown gigi dilakukan?

Global Estetik – Pasang crown gigi biasanya membutuhkan beberapa kali kunjungan ke dokter gigi. Jumlah kunjungan yang Anda perlukan akan tergantung pada kondisi gigi Anda.

Pasalnya, pemasangan crown gigi baru bisa dilakukan apabila gigi tersebut sudah memenuhi syarat. Mulai dari gigi memiliki akar yang kuat, lubang yang ada telah ditambal, serta saraf gigi yang rusak telah dikeluarkan dengan prosedur perawatan saluran akar. Lebih lanjut, berikut tahapan pasang crown gigi yang akan Anda jalani:

Pemeriksaan dan persiapan

Pada kunjungan pertama, dokter gigi akan memeriksa kondisi gigi Anda. Anda diminta untuk menjalani rontgen gigi untuk melihat kondisi akar gigi atau struktur di sekitar gigi yang akan dipasang crown gigi.

Jika ditemukan lubang, pembusukan, kerusakan parah, atau risiko infeksi dan luka pada saraf gigi, Anda perlu menjalani perawatan saluran akar gigi terlebih dahulu. Perawatan saluran akar gigi sendiri umumnya perlu dilakukan selama beberapa kali kunjungan. Pasalnya, prosesnya cukup rumit. Bila tidak ada perawatan lain yang perlu dilakukan, dokter akan masuk ke tahap selanjutnya, yaitu pengurangan jaringan gigi.

Pembentukan jaringan gigi

Agar bentuk gigi yang akan dipasangi crown sesuai dan crown dapat menempel dengan baik, dokter harus melakukan pembentukan jaringan gigi. Proses ini dilakukan dengan mengurangi lapisan terluar gigi menggunakan bur gigi.

Sebelum lapisan tersebut dikurangi, dokter gigi akan membius area di sekitar gigi dan jaringan gusi. Dengan ini, Anda tidak akan merasa ngilu. Pembentukan struktur gigi tersebut tergantung pada jenis crown gigi yang akan Anda gunakan. Contohnya, pengikisan dan pembentukan struktur gigi yang akan dilapisi crown gigi dari logam akan lebih sedikit karena bentuknya yang lebih tipis.

Pencetakan gigi

Jika bentuk gigi sudah dianggap sesuai, dokter gigi kemudian melakukan pencetakan pada gigi yang akan dipasangi crown. Dokter akan menggunakan bahan khusus. Hasil pencetakan gigi nantinya akan digunakan untuk membuat mahkota sementara, maupun sebagai panduan pembuatan crown gigi permanen di laboratorium.

 

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat