Splinting Gigi Permanen Bogor

 

 

Splinting gigi permanen Bogor, Jawa Barat – Berdasarkan lamanya waktu pemakaian, splinting gigi dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu splinting gigi sementara dan splinting gigi permanen. Splinting gigi sementara mudah diaplikasikan pada gigi yang goyang. Selain itu, juga mudah dilepaskan setelah melewati fase penyembuhan. Splinting gigi sementara biasanya digunakan untuk membantu penyembuhan akibat cedera atau pembedahan. Apabila stabilisasi gigi belum membaik dalam waktu kurang lebih dua bulan, maka splinting gigi sementara diganti dengan splinting gigi permanen. Splinting gigi permanen memiliki material yang lebih kuat dan ketahanan yang lebih lama jika dibandingkan dengan splinting sementara.

 

splinting gigi permanen bogor

splinting gigi permanen bogor

 

Splinting gigi permanen

Splinting gigi permanen Bogor – Splinting permanen terbagi menjadi dua jenis, yaitu jenis lepasan dan jenis cekat. Bentuk splinting permanen lepasan adalah GTSL (Gigi Tiruan Sebagian Lepasan). GTSL merupakan gigi tiruan yang menggantikan satu atau beberapa gigi yang hilang pada rahang atas maupun bawah. Sesuai dengan namanya, gigi tiruan sebagian lepasan dapat dilepas pasang oleh pasien. Sementara itu, splinting permanen jenis cekat tidak bisa dilepas pasang begitu saja oleh pasien. Hal itu dikarenakan proses restorasi yang dilakukan dalam splinting permanen cekat membentuk suatu kesatuan yang kaku dan dilekatkan dengan tindakan penyemenan. Untuk lebih memahami perbedaan splinting permanen lepasan dan cekat berikut adalah penjelasannya.

  1. Splinting permanen lepasan

Pada keadaan tertentu, penggunaan gigi tiruan lepasan tidak dapat dihindarkan. Splinting permanen lepasan memiliki desain yang merupakan bagian dari gigi tiruan kerangka logam. Splint ini tidak boleh digunakan pada gigi-gigi yang memiliki tendensi besar untuk migrasi. Untuk mencapai stabilitas yang maksimum splinting gigi permanen menggunakan cengkram tipe continous dan menyertakan seluruh gigi yang ada. Selanjutnya, splint permanen lepasan terdiri dari splint unilateral dan splint bilateral. Splint unilateral adalah splint yang menyertakan dua atau lebih gigi pada satu sisi rahang. Splint jenis ini menahan tekanan ke arah mesiodistal dan tidak membutuhkan preparasi jaringan gigi. Berbeda dengan splint unilateral, splint bilateral atau cross arch melibatkan dua segmen atau lebih dari lengkung gigi lawan, sehingga dapat menahan tekanan dari segala arah atau lendle soer.

  1. Splinting permanen cekat

Splinting ini merupakan jenis splinting yang paling efektif dan tahan lama. Splinting permanen cekat menggabungkan dan merestorasi bentuk suatu kesatuan yang kaku dan dilekatkan dengan tindakan penyemenan. Splint jenis ini dapat berupa multiple crown, inlay, serta mahkota ¾ gigi. Jumlah gigi yang diperlukan untuk menstabilkan gigi yang goyang bergantung pada derajat dan arah kegoyangan. Gigi yang sehat dan tidak goyang diikutsertakan dalam proses splinting. Tetapi hal itu tergantung pada masing-masing kondisi dan kebutuhan penderita. Apabila terdapat kegoyangan lebih dari satu gigi, maka akan digunakan beberapa gigi untuk stabilisasi.

Baca Juga :  Apa Olahraga Terlalu Berat Bisa Merusak Gigi? - Part 1

Bahan yang digunakan dalam splinting permanen

Splinting gigi permanen Bogor – Splinting merupakan salah satu perawatan gigi goyang dengan berbagai macam bentuk pilihan perawatan. Splinting dalam bentuk lepasan atau permanen dapat dibuat dari bahan komposit, akrilik, kawat, atau kombinasi bahan komposit dengan fiber. Bahan-bahan tersebut umum digunakan dan biasanya direkomendasikan oleh dokter gigi.

Kombinasi kawat dan resin komposit menjadi bahan yang paling sering digunakan. Splinting dengan menggunakan kawat dan komposit dilakukan dengan menghubungkan gigi yang goyang pada gigi-gigi yang masih sehat dan kuat. Kemudian kawat direkatkan dengan menggunakan resin komposit. Bahan ini sering digunakan karena memiliki kekuatan dan ketahanan yang lama dalam melakukan stabilisasi gigi. Bahan yang sering digunakan selanjutnya adalah fiber atau serat halus yang tipis. Penggunaan fiber banyak diminati karena memiliki warna yang serupa dengan warna gigi asli, sehingga sangat direkomendasikan dari segi penampilan.

Prosedur splinting gigi

Pada dasarnya, tidak ada persiapan khusus yang harus dilakukan pasien sebelum melakukan prosedur splinting pada gigi. Secara umum rangkaian prosedur splinting gigi permanen, sebagai berikut:

  1. Membersihkan area gigi dan sekitarnya yang akan dilakukan splinting. Sebelum melakukan splinting, dokter akan membersihkan bagian dalam bibir dan gigi yang akan displiting. Tujuannya adalah agar area gigi steril dan bebas dari bakteri.
  2. Apabila sebelumnya telah terpasang splinting sementara, maka dokter gigi akan melepas splinting sementara dan menggantinya dengan splinting baru (splinting permanen). Bahan splinting baru dipilih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.
  3. Selanjutnya, misalkan menggunakan bahan fiber, proses yang dilalui berikutnya adalah mengukur fiber dengan ukuran sepanjang gigi yang akan displinting.
  4. Setelah diukur, fiber diletakkan di atas glas plate.
  5. Setelah itu, permukaan enamel gigi dietsa dengan asam fosforik selama 30 detik kemudian dibilas dengan air. Dietsa merupakan proses untuk mengikis permukaan suatu lapisan yang tidak terlindungi dengan menggunakan asam kuat.
  6. Setelah waktu dietsa terpenuhi, keringkan daerah tersebut, kemudian isolasi dengan menggunakan cotton roll.
  7. Selanjutnya dokter gigi akan mengaplikasikan bonding di bagian palatal gigi yang akan displinting. Dokter gigi akan melakukan penyinaran selama 10 detik.
  8. Fiber yang terletak di glass plate dibasahi dengan bonding kemudian dokter akan mengaplikasikan selapis tipis flowable composite di bagian palatal gigi yang displinting.
  9. Fiber yang telah dibasahi diletakkan di atasnya kemudian di tekan-tekan sampai fiber benar-benar melekat.
  10. Sebagai langkah terakhir dokter akan melakukan penyinaran selama 20 detik, barulah prosedur splinting dapat dikatakan selesai.
Baca Juga :  Siapkan Senyum Terbaik untuk Hari Terbaik dalam Hidup Anda!

 

splinting gigi permanen di bogor

splinting gigi permanen di bogor

 

Menjaga gigi setalah melakukan splinting permanen

Setelah melakukan splinting, terdapat material baru di dalam rongga mulut sehingga kebersihan rongga gigi dan mulut harus senantiasa dijaga. Hak tersebut bertujuan agar material tidak mendatangkan bakteri dan menimbulkan masalah lain pada mulut dan gigi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat dan menjaga gigi yang telah displinting, di antaranya ialah:

a. Rajin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari.

Untuk menjaga kebersihan gigi asli dan gigi hasil splinting, perlu rajin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Menyikat gigi dapat membantu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan membunuh bakteri yang ada di dalam mulut. Gunakan sikat gigi yang lembut dan lakukan dengan teknik yang tepat agar dapat bersih sampai ke sela-sela gigi. Jangan menyikat gigi terlalu keras karena dapat merusak komponen splinting secara perlahan.

b. Hindari makanan dan minuman yang manis dan lengket.

Sebaiknya minimalisir mengonsumsi makanan dan minuman yang manis dan lengket seperti permen, coklat, kue, dan sejenisnya karena sangat mudah menempel pada komponen splinting. Apabila tidak dibersihkan, makanan dan minuman yang menempel tersebut dapat memicu kerusakan pada komponen splinting atau menyebabkan masalah pada gigi dan mulut lainnya.

c. Periksakan ke dokter apabila kondisi atau posisi splinting dirasa tidak nyaman

Segera periksakan ke dokter gigi apabila merasakan kondisi dan posisi yang kurang nyaman pada gigi hasil splinting agar dapat ditangani dan diperbaiki.

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

    Penulis oleh Drg. Arnof