Splinting Gigi Dengan Kawat Jakarta Selatan

Splinting gigi dengan kawat jakarta selatan

Splinting gigi dengan kawat jakarta selatan

 

Yuk Simak!

globalestetik.com – Splint merupakan salah satu cara untuk mencegah kehilangan gigi akibat penyakit periodontal. Jika nyeri gusi tidak diobati, maka akan mempersulit jaringan di sekitarnya untuk menahan gigi pada tempatnya. Sehingga jika kondisi ini terus berlanjut, maka akan berdampak pada gigi akan rontok. Pemasangan splinting gigi dengan kawat merupakan metode yang digunakan untuk mengamankan gigi yang goyang menjadi gigi yang sehat sampai jaringan di sekitarnya sembuh dan gigi menjadi kuat kembali. Metode ini biasanya menggunakan kawat atau fiber.

Splinting gigi dengan kawat jakarta selatan – Jika kita mempunyai gigi dalam keadaan longgar, ada beberapa cara untuk menyelamatkannya. Salah satunya menggunakan splinting gigi dengan kawat. Pemasangan splinting gigi dengan kawat mampu mengatasi gigi permanen sudah kendor dan tidak dapat digantikan dengan gigi baru, serta gigi yang tanggal. Splinting gigi dengan kawat saat ini sudah banyak tersedia di klinik, pusat kesehatan, maupun rumah sakit. Biaya pemasangan splinting gigi dengan kawat itu sendiri sangat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan kondisi gigi dan bahan yang digunakan untuk kawat.

Tujuan Splinting Gigi

Splinting gigi dengan kawat jakarta selatan – Splinting gigi merupakan suatu metode yang dilakukan dengan teknik menempelkan gigi yang lepas ke gigi bagian dekatnya yang masih kuat. Cara ini bisa dilakukan saat gigi masih sedikit mencengkeram gusi dan tulang rahang. Gigi yang longgar dapat diikat dengan kawat tipis yang dirancang khusus untuk prosedur ini.

Bahan pengikat dengan serat dan serat khusus juga tersedia dan dapat digunakan untuk meningkatkan penampilan dan keindahan gigi. Pemasangan splinting gigi dengan kawat ini biasanya digunakan ketika gigi secara tidak sengaja tercabut. Lalu biasanya digunakan untuk gigi yang masih dalam keadaan masih bagus dan tentunya sayang sekali jika harus dicabut. Disamping itu pemasangan splinting gigi dengan kawat digunkan untuk mengatasi gigi goyang yang diakibatkan oleh penyakit lain. Secara umum, tujuan pemasangan splinting gigi dengan kawat yaitu:

  • Mampu mendistribusikan tekanan yang diberikan oleh gigi yang goyang ke gigi penyangga yang sehat untuk mencegah memburuknya kondisi, terutama saat digunakan selama mengunyah.
  • Memberikan waktu untuk penyembuhan yang lebih baik dari jaringan pendukung gigi yang kendur saat tekanan yang diberikan berkurang
  • Membantu aktivitas mengkonsumsi makanan dengan mengunyah lebih nyaman dan tidak mengganggu fungsi oral lainnya
  • Mampu mengatasi kondisi tubuh yang terganggu, yang disebabkan oleh gigi yang goyang atau tanggal dapat menyebabkan penyakit jiwa.
  • Menciptakan ketahanan bentuk lengkung gigi yang ideal

Splinting gigi dengan kawat jakarta selatan – Pemasangan splinting gigi dengan kawat umumnya tidak permanen. Splinting gigi dengan kawat dapat digunakan selama 2 minggu hingga 4 bulan, tergantung pada jenis permasalahan gigi atau penyakit gigi dan tingkat keparahannya. Splinting gigi dengan kawat dilepas ketika dokter menentukan bahwa gigi sudah cukup kuat untuk menahan tekanan mengunyah dan fungsi mulut lainnya sudah stabil. 

Langkah-langkah pemasangan splinting gigi dengan kawat

Splinting gigi dengan kawat jakarta selatan – Proses pemasangan splinting gigi dengan kawat diawali dengan dokter akan melakukan pemeriksaan kebersihan mulut pasien. Jika pasien memiliki karang gigi, maka dokter gigi akan membersihkan terlebih dahulu. Langkah selanjutnya, dokter akan mengambil tindakan preparasi gigi lepas dan gigi yang berfungsi sebagai penyangga. Bahan komposit kemudian digunakan untuk menempelkan serat gigi yang lepas ke gigi yang kuat atau stabil yang saling berdekatan.

Komposit gigi ini digunakan untuk menempelkan atau memasang splint pada gigi yang lepas ke gigi stabil yang berdekatan. Splint gigi adalah perangkat gigi yang terbuat dari akrilik atau plastik berwarna bening untuk menopang gigi. Perawatan pemasangan splint gigi biasanya diselesaikan dalam satu kunjungan dan tidak memerlukan anestesi lokal. Namun, perlu diperhatikan bahwa prosedur ini tidak dimaksudkan untuk mengobati penyakit periodontal. Tujuannya hanya untuk menstabilkan gigi yang sudah lepas akibat penyakit periodontal agar bisa berfungsi normal. Jika parah, maka dokter akan menindaklanjuti perawatan pemasangan spilnt gigi.

Jenis-jenis splint gigi 

Splinting gigi dengan kawat jakarta selatan – Perbedaan pemasangan splint gigi dengan kawat terletak bahan yang digunakan. Berikut jenis pemasangan splint gigi yang umum digunakan:

  • Splinting kawat dan komposit

Splinting kawat dan komposit merupakan jenis splint gigi yang paling umum digunakan. Seperti namanya, kawat gigi digunakan untuk menyambungkan gigi yang goyang dengan gigi yang lebih kuat. Kawat tersebut kemudian direkatkan ke resin komposit, yang biasa digunakan sebagai pengisi. Proses ini menahan gigi yang kendur dan memungkinkan jaringan pendukung seperti tulang dan gusi untuk sembuh. Sehingga metode ini memungkinkan gigi untuk merekat kembali. 

  • Splint serat

Pada pemasangan splint gigi jenis ini, bahan yang digunakan sebagai penyangga untuk menyambung gigi yang goyang dan sehat terdiri dari serat-serat halus. Serat biasanya melekat pada gigi dengan resin komposit.  Salah satu kelebihan splint jenis ini adalah bentuknya terlihat lebih bagus secara visual karena menyerupai warna gigi. 

  • Splint kawat pengikat 

Splint kawat pengikat adalah jenis splint gigi klasik yang digunakan terutama dalam keadaan darurat, seperti ketika tidak ada bahan lain untuk mendukung gigi. Teknik yang dilakukan dengan cara menggunakan pengikat, dokter gigi memutar kawat tipis dan memasukkannya di antara gigi. Metode ini bertujuan agar gigi dapat berhubungan satu sama lain. 

Apakah semua gigi yang goyang bisa dipasang splint dengan kawat?

Splinting gigi dengan kawat jakarta selatan – Tidak semua gigi yang goyang dapat diperbaiki dengan pemasangan splint gigi dengan kawat. Alasannya adalah bahwa beberapa kondisi ini lebih serius daripada yang lain.  Selain itu, ada kondisi yang harus dipenuhi agar pemasangan splint gigi dengan kawat berhasil. Misalnya, jumlah gigi penyangga cukup dan mobilitas gigi tidak besar. Gigi goyang yang tidak dapat diobati dengan pemasangan splint gigi dengan kawat meliputi:

  • Gigi goyang dengan keadaan sangat serius
  • Gigi yang sehat namun tidak cukup untuk menopang splint gigi
  • Kebersihan gigi dan mulut secara keseluruhan sangat tidak baik
  • Peradangan yang sangat parah pada jaringan penyangga gigi, seperti gusi dan tulang
  • Adanya tekanan pada gigi yang berlawanan dan mengalami kelonggaran gigi yang parah

Sebelum memutuskan untuk memasang pemasangan splint gigi dengan kawat, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh pada mulut Anda terlebih dahulu. Misalnya, melakukan foto rontgen panoramik yang bertujuan untuk melihat kondisi tulang penyangga gigi. Apabila pemasangan splint gigi dengan kawat tidak dapat menyelamatkan gigi yang hilang, maka ekstraksi merupakan pilihan berikutnya.

Lalu akan disarankan untuk melanjutkan perawatan dengan penggunaan gigi palsu setelah pencabutan gigi. Langkah ini dilakukan agar pasien tidak terlihat ompong dan memungkinkan pasien mampu melakukan aktivitas menggigit maupun mengkonsumsi makanan dengan baik dan benar.

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Jakarta Selatan di

Grand ITC Permata Hijau Lantai 1 Blok D9/B 

Jl. Arteri Permata Hijau, RT.11/RW.10, Grogol Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12210

( Sebelah Toko Emas Princess )

https://wa.me/6285813313640 

Telpon Klinik :  085813313640 

Buka senin s/d minggu

Jam 10.00 – 20.00

Rute GMaps: https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+permata+hijau/@-6.3076677,106.7219183,12z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69f13fe789eabb:0x66059b13fa2076e5!2m2!1d106.7834065!2d6.2205372

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik  

Temukan saya di Google Maps! https://maps.app.goo.gl/wJzC2AXd9KbjWLGO2 

 

Penulis oleh Drg Arnof