Solusi Dibalik Dilema Penggunaan Dental X-Ray dalam Prosedur Kesehatan Gigi

dokter gigi depok

Solusi Dibalik Dilema Penggunaan Dental X-Ray dalam Prosedur Kesehatan Gigi

Global Estetik – Sinar-x untuk prosedur gigi (dental x-ray) adalah prosedur diagnostik umum yang dianggap sangat aman. Sinar-x gigi digital memiliki dosis radiasi yang sangat rendah, menghasilkan sebagian kecil dari apa yang biasanya ada dalam prosedur pencitraan lainnya. Bila prosedur sinar-x ini dilakukan dengan benar dan dengan tindakan pencegahan keamanan yang memadai, harusnya tidak ada kekhawatiran yang patut dirisaukan. Pemeriksaan rutin dengan sinar x akan membuat kita terpapar pada kira-kira jumlah radiasi yang sama dengan menaiki pesawat terbang selama dua jam.

Sinar-x juga digunakan secara diagnostik untuk membantu dokter gigi melihat masalah yang hampir tidak terlihat oleh mata telanjang. Pasien dewasa biasanya menerima prosedur sinar-x gigi sehingga dokter gigi dapat mengidentifikasi dan mengobati berbagai masalah dengan lebih baik. Dengan menggunakan sinar-x ini, dokter gigi dapat melihat beberapa masalah berikut:

  • Daerah pembusukan, termasuk di antara gigi atau di bawah filling
  • Kehilangan massa tulang yang berhubungan dengan penyakit gusi
  • Abses, yang merupakan infeksi pada akar gigi atau antara gigi dan gusi
  • Tumor
  • Perubahan pada saluran akar

klinik gigi depokTanpa sinar-x, banyak dari masalah ini tidak bisa terdiagnosis. Dengan sinar-x sebagai referensi, dokter gigi juga lebih siap untuk menyiapkan implan gigi, gigi palsu, kawat gigi, dan perawatan serupa lainnya. Cara terbaik untuk meminimalkan paparan radiasi dari sinar-x adalah memastikan bahwa prosedur ini hanya dilakukan bila diperlukan. Tidak ada jadwal yang ditetapkan untuk proses rontgen gigi. Sebaliknya, diserahkan kepada petugas kesehatan untuk membuat keputusan yang tepat mengenai apakah pasien memerlukan pemeriksaan sinar-x dalam analisa pemeriksaan mereka.

Satu studi menunjukkan bahwa melakukan evaluasi klinis pasien secara hati-hati dapat mengurangi kebutuhan akan sinar-x sebanyak 43 persen tanpa peningkatan tingkat penyakit yang tidak terdiagnosis. Jadi, jika Anda khawatir dengan paparan radiasi, mintalah dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan visual sebelum menggunakan sinar-X. Namun perlu diingat bahwa ada beberapa masalah dan banyak kondisi yang kemungkinan besar hanya akan didiagnosis melalui proses ini.

Sinar-x dianggap sangat aman. Namun, penting untuk memahami tujuan dari setiap prosedur yang akan mengekspos Anda terhadap radiasi. Jangan ragu untuk mendiskusikan kebutuhan akan perawatan dengan menggunakan sinar-x dengan dokter gigi untuk lebih memahami bagaimana dia dapat membantu melindungi dan memperbaiki kesehatan mulut Anda.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat