Sikat Gigi Elektrik VS Sikat Gigi Manual, Mana Yang Lebih Efekif Untuk Membersihkan Gigi?

klinik gigi jakarta alat perawatan behel gigi

Global Estetik – Kesehatan gigi dan gusi Anda sebagian besar tergantung pada penyikatan yang benar. Untuk mencapai hal ini, American Dental Association merekomendasikan flossing harian dan menyikat gigi dua kali sehari. Meskipun pasta gigi, bilasan dan benang yang Anda gunakan berdampak pada pembersihan yang berhasil, jenis sikat gigi dan metode menyikat yang digunakan adalah faktor yang paling penting. Untuk membersihkan gigi lebih efektif, tentu Anda bertanya-tanya, Sikat gigi mana yang paling bagus digunakan, sikat gigi elektrik atau sikat gigi manual? Ini ulasannya:

Efektivitas

Sikat gigi elektrik beroperasi dengan memutar, berosilasi atau bergetar tanpa memerlukan tindakan apapun dari Anda selain untuk menyalakannya. Gerakan sikat gigi manual bergantung pada tindakan yang Anda lakukan, karena Anda tidak dapat mencocokkan gerakan bahkan sikat gigi listrik yang paling lambat, Anda mungkin berpikir sikat gigi elektrik lebih efektif dalam menghilangkan plak.

Sikat Gigi Elektrik VS Sikat Gigi Manual- Global Estetik Dental Care
Sikat Gigi Elektrik VS Sikat Gigi Manual- Global Estetik Dental Care

Namun, American Dental Hygienists Association dan American Dental Association menyatakan bahwa keduanya dapat membersihkan gigi dan gusi Anda secara menyeluruh dan efektif. Faktor penentunya lebih terletak pada metode daripada pada jenis sikat gigi.

Baca Juga :  Implan Gigi: Pilihan Pengganti Gigi yang Paling Optimal
Manfaat

Mengingat bahwa sikat gigi elektrik dan manual adalah alat menyikat yang efektif, fitur yang setara dengan manfaat lebih merupakan masalah preferensi pribadi. Banyak sikat gigi elektrik memiliki fitur tambahan, seperti pengatur waktu yang mematikan sikat gigi setelah dua hingga tiga menit dan sensor tekanan yang mengatur kecepatan sikat gigi dan memastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak tekanan saat menyikat gigi.

Selain itu, sikat gigi elektrik dapat bermanfaat jika Anda mengalami masalah bahu atau lengan, seperti radang sendi, yang membuat penggunaan sikat gigi manual menjadi lebih sulit. Manfaat utama menggunakan sikat gigi manual adalah biaya. Biaya sikat gigi elektrik bisa lebih dari ratusan ribu hingga jutaan. Selain itu, penggantian kepala tidak murah dan Anda perlu mengganti kepala sikat gigi ini setiap tiga bulan seperti Anda melakukan sikat gigi manual. Manfaat lain menggunakan sikat gigi manual adalah dalam desain sikat. Anda dapat membeli sikat gigi manual dalam sejumlah gaya dan panjang kuas yang berbeda-beda.

Risiko

Menggunakan sikat gigi elektrik bukan jaminan Anda akan memiliki gigi dan gusi yang sehat. Anda masih harus sering menyikat dengan benar untuk menghilangkan semua jejak plak dari gigi Anda. Jika menyikat dengan tangan yang berat, menggunakan sikat gigi elektrik juga dapat merusak gusi Anda, menyebabkan lecet email dan menyebabkan gigi Anda menjadi terlalu sensitif terhadap suhu panas dan dingin.

Baca Juga :  Menilik Hubungan antara Kanker Payudara dan Kesehatan Gusi

Sedangkan risiko terbesar untuk menggunakan sikat gigi manual adalah tidak menyikat cukup lama. Penyikatan secara manual bisa menjadi melelahkan dan menyebabkan waktu menyikat lebih singkat. Solusi untuk ini adalah dengan menggunakan timer dapur atau stopwatch yang disetel ke dua hingga tiga menit, seperti waktu yang disarankan untuk menyikat gigi.

Keadaan Khusus

Jika memakai kawat gigi ortodontik, Anda mungkin tertarik pada hasil penelitian yang selesai di Inggris pada tahun 2003 yang membandingkan efektivitas sikat gigi elektrik versus manual khusus untuk situasi Anda. Enam puluh tiga pasien ortodontik menerima sikat gigi elektrik atau sikat gigi manual dan semuanya menerima instruksi penyikatan yang tepat. Setelah delapan minggu, hasilnya menunjukkan tidak ada perbedaan dalam jumlah penumpukan plak, gusi berdarah atau adanya penyakit gusi antara kedua kelompok.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat