Ramadhan dan Kesehatan Gigi & Mulut – Part 1

klinik gigi jakarta

Ramadhan dan Kesehatan Gigi & Mulut – Part 1

Global Estetik – Ramadhan, bulan ke sembilan dari kalender lunar Islam, adalah bulan puasa bagi umat Islam. Puasa adalah salah satu dari lima rukun Islam, dan di sepanjang bulan suci Ramadhan, umat Islam diharuskan berpuasa setiap hari dari awal fajar hingga matahari terbenam. Semua Muslim yang sehat jasmani dan secara mental serta berumur baligh di seluruh dunia harus menjauhkan diri dari makan, minum, merokok dan semua kebutuhan fisik lainnya. Ketika kita berbicara tentang kebersihan mulut dan perawatan gigi, apa yang harus dilakukan oleh penyedia kesehatan perawatan gigi dan pasien dalam bulan Ramadhan?

Esensi Berpuasa

Puasa memungkinkan kita untuk belajar menahan diri dari kesenangan dalam kesenangan sehari-hari, mengembangkan pengendalian diri dan disiplin diri, memurnikan pikiran dan tubuh, dan berempati dengan kaum miskin. Dari segi kesehatan, puasa melibatkan proses terapi yang kuat yang dapat membantu sesorang pulih dari kondisi kesehatan ringan sampai parah. Puasa dapat menurunkan gula darah, kolesterol dan (sistolik) tekanan darah. Kenyataannya, puasa Ramadan akan menjadi rekomendasi ideal untuk pengobatan diabetes yang ringan sampai sedang, stabil, non-insulin, obesitas dan hipertensi esensial.

Bolehkah Menyikat Gigi Selama Sedang Berpuasa?

Penggunaan pasta gigi diizinkan selama bulan suci Ramadhan, meskipun beberapa Ulama menganggap penggunaan pasta gigi sangat tidak dianjurkan karena menyebabkan keingin untuk menelan yang disengaja atau tidak disengaja yang akan berdampak pada batalnya puasa.

Ramadhan dan Kesehatan Gigi & Mulut- Global Estetik Dental Care
Ramadhan dan Kesehatan Gigi & Mulut- Global Estetik Dental Care

Anda selalu dapat menyikat dan menyisir rambut dengan seksama sebelum tidur di malam hari dan banyak dokter gigi merekomendasikan waktu menyikat gigi setelah sahur. Menyikat gigi dua kali sehari sudah cukup untuk pencegahan penyakit mulut.

Obat kumur umumnya diresepkan oleh dokter gigi sebagai tambahan untuk kebersihan mulut. Beberapa pasien mungkin akan enggan untuk menggunakan obat kumur karena takut akan menelan cairan ini secara tidak sengaja. Jika ini kasusnya, anda dapat menggunakannya di luar jam puasa seperti yang disarankan oleh dokter gigi pilihan anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat