Serba Serbi Dibalik Munculnya Rasa Tidak Enak di Mulut – Penyebab

Serba Serbi Dibalik Munculnya Rasa Tidak Enak di Mulut – Penyebab

Global Estetik – Semua orang terkadang merasakan sensasi tidak enak di mulut mereka. Namun masalah ini, biasanya hilang setelah menyikat gigi atau membilas mulut anda. Jika rasa tidak enak hilang setelah satu atau dua hari, segera konsultasikan dengan dokter pilihan anda untuk mencari tahu penyebabnya. Baca terus untuk mengetahui lebih banyak tentang penyebab munculnya rasa tidak enak di mulut dan dapatkan beberapa tip tentang cara menjaga agar mulut tetap segar.

Mulut Kering
Munculnya Rasa Tidak Enak di Mulut-Global Estetik Dental Care
Munculnya Rasa Tidak Enak di Mulut-Global Estetik Dental Care

Mulut kering, kadang disebut xerostomia, terjadi bila kelenjar ludah tidak menghasilkan cukup air liur. Hal ini dapat menyebabkan rasa kering dan lengket di dalam mulut. Air liur mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut dan membantu membuang sedikit makanan. Bila anda tidak memiliki cukup air liur, anda mungkin memiliki rasa tidak enak di mulut  karena bakteri ekstra dan makanan sisa di sana. Beberapa hal bisa menyebabkan mulut kering, diantaranya:

  1. konsumsi obat
  2. penuaan
  3. hidung tersumbat menyebabkan pernafasan mulut
  4. kerusakan saraf
  5. penggunaan tembakau
  6. kondisi autoimun
  7. diabetes

Jika anda memiliki mulut kering, hubungi dokter pilihan anda untuk mencari tahu penyebabnya. Kebanyakan orang dengan mulut kering merasa lega melalui perubahan gaya hidup, penyesuaian pengobatan, dan penggunaan obat kumur.

Infeksi Saluran Pernafasan

Infeksi pada sistem pernafasan, terutama infeksi virus, dapat mempengaruhi rasa di mulut anda. Tonsilitis, sinusitis, pilek, dan infeksi telinga tengah sering mempengaruhi indra penciuman dan perasa manusia. Gejala tambahan pada infeksi sistem pernafasan meliputi:

  • hidung mampet
  • sakit telinga
  • sakit tenggorokan

Infeksi virus biasanya sembuh sendiri dalam waktu satu sampai dua minggu. Rasa tidak enak harus juga akan hilang ketika infeksi menghilang.

Hepatitis

Hepatitis B adalah infeksi virus pada hati. Salah satu gejala awalnya adalah rasa pahit di mulut. Gejala awal hepatitis B lainnya adalah:

  • bau mulut
  • kehilangan selera makan
  • demam ringan
  • mual, muntah, dan diare
Munculnya Rasa Tidak Enak di Mulut-Global Estetik Dental Care
Munculnya Rasa Tidak Enak di Mulut-Global Estetik Dental Care

Hepatitis B adalah infeksi serius. Jika anda memiliki gejala atau mengira anda pernah terkena virus, segera hubungi dokter pilihan anda. Selain rasa tidak enak di mulut, obat untuk hepatitis C juga dapat mempengaruhi indera perasa. Rasa tidak enak ini akan hilang ketika anda menyelesaikan penggunaan pengobatan.

Kondisi Neurologis

Kuncup selera kita terhubung ke saraf di otak. Apa pun yang mempengaruhi saraf ini bisa menyebabkan rasa tidak enak di mulut muncul. Kondisi yang mungkin mempengaruhi saraf di otak meliputi:

  • tumor otak
  • demensia
  • epilepsi
  • trauma kepala

Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati kondisi neurologis ini juga bisa menyebabkan rasa tidak enak di mulut. Ini biasanya hilang setelah pasien mendapatkan perawatan dari kondisi yang mendasarinya.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat