Serba Serbi Dibalik Munculnya Rasa Tidak Enak di Mulut – Gejala

Serba Serbi Dibalik Munculnya Rasa Tidak Enak di Mulut – Gejala

Munculnya Rasa Tidak Enak di Mulut- Global Estetik Dental Care
Munculnya Rasa Tidak Enak di Mulut- Global Estetik Dental Care

Global Estetik – Semua orang terkadang merasakan sensasi tidak enak di mulut mereka. Namun masalah ini, biasanya hilang setelah menyikat gigi atau membilas mulut anda. Namun, dalam beberapa kasus, rasa tidak enak menempel karena penyebab yang mendasarinya. Terlepas dari apa yang menyebabkannya, rasa tidak enak di mulut anda bisa merusak nafsu makan yang mungkin menyebabkan kekurangan gizi dan masalah lainnya.

Jika rasa tidak enak hilang setelah satu atau dua hari, segera konsultasikan dengan dokter pilihan anda untuk mencari tahu penyebabnya. Juga pastikan untuk memberitahu mereka tentang perubahan selera makan atau indera penciuman anda.

Baca terus untuk mengetahui lebih banyak tentang penyebab rasa tidak enak di mulut dan dapatkan beberapa tip tentang cara menjaga agar mulut tetap segar.

Definisi

Definisi rasa tidak enak bervariasi dari orang ke orang. Bagi sebagian orang, rasa tidak enak di mulut mereka adalah sensasi logam atau metal yang muncul secara tiba-tiba. Bagi beberapa yang lain, mungkin pahit atau busuk, tergantung penyebabnya. Anda bahkan mungkin akan merasakan indra yang berkurang saat sedang makan.

Penyebab

Masalah Kesehatan dan Kebersihan Mulut yang Buruk
Munculnya Rasa Tidak Enak di Mulut- Global Estetik Dental Care
Munculnya Rasa Tidak Enak di Mulut- Global Estetik Dental Care

Alasan paling umum untuk rasa tidak enak di mulut berkaitan dengan kebersihan gigi. Tidak flossing dan menyikat gigi secara teratur dapat menyebabkan radang gusi, yang bisa menyebabkan rasa tidak enak di mulut. Masalah gigi, seperti infeksi, abses, dan bahkan gigi bunganya masuk, juga bisa menimbulkan rasa tidak enak. Gejala lain dari masalah gigi meliputi:

  • bau mulut
  • gusi berdarah, merah, atau bengkak
  • gigi sensitif
  • gigi longgar

Anda dapat menghindari masalah gigi yang paling umum dengan membersihkan gigi secara teratur dan menyikat gigi. Penting juga untuk mengunjungi dokter gigi pilihan anda untuk pembersihan dan pengecekan secara rutin. Anda juga bisa menambahkan obat kumur bilas antibakteri ke rutinitas kesehatan gigi anda untuk perlindungan tambahan.

Candidiasi Mulut

Thrush adalah jenis infeksi jamur yang tumbuh di daerah hangat dan lembab, termasuk mulut anda. Siapa pun dapat mengembangkan sariawan oral, tapi bayi, orang dewasa yang lebih tua, dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang buruk cenderung mendapatkannya. Oral thrush juga bisa menyebabkan:

  1. Benjolan putih
  2. Kemerahan, terbakar, atau nyeri
  3. Kesulitan menelan
  4. Mulut kering

Menggosok gigi secara teratur, menyikat gigi, dan membilas mulut dapat membantu mencegah sariawan. Juga usahakan membatasi asupan gula anda karena ragi memakan sisa makanan di mulut anda. Selalu hubungi dokter gigi pilihan anda jika anda memiliki bintik putih di mulut, bahkan jika anda tidak memiliki gejala lainnya.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat