Semua yang Perlu Diketahui tentang Kesehatan Gigi dan Mulut selama Bulan Ramadhan

dokter gigi bandung

Semua yang Perlu Diketahui tentang Kesehatan Gigi dan Mulut selama Bulan Ramadhan

Global Estetik – Puasa adalah salah satu dari lima rukun Islam. Sepanjang bulan suci Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia berpuasa setiap hari dari awal fajar hingga matahari terbenam, menjauhkan diri dari makan, minum, dan merokok, lalu bagaimana cara menjaga kebersihan mulut selama bulan ini?

Ketika kita berbicara tentang pencegahan masalah gigi dan bau mulut, apa yang harus kita sadari selama Ramadhan?

Penggunaan pasta gigi diizinkan selama Ramadan, meskipun beberapa ulama menganggap penggunaan pasta gigi sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan proses menelan secara kebetulan yang dapat membatalkan puasa. Selalu sikat dan gosok gigi anda dengan seksama sebelum tidur di malam hari dan setelah sahur. Menyikat gigi dua kali sehari telah cukup untuk pencegahan munculnya penyakit mulut.

Obat kumur umumnya diresepkan oleh dokter gigi sebagai tambahan untuk kebersihan mulut. Beberapa pasien mungkin akan enggan menggunakan obat kumur karena takut menelan secara tidak sengaja. Jika ini masalahnya, anda dapat menggunakannya di luar jam berpuasa.

Akankah perawatan gigi dan administrator anestesi lokal membatalkan puasa ?
Kesehatan Gigi dan Mulut selama Bulan Ramadhan- Global Estetik Dental Care
Kesehatan Gigi dan Mulut selama Bulan Ramadhan- Global Estetik Dental Care

Beberapa pasien berpikir bahwa tindakan yang terjadi selama prosedur menjaga kesehatan gigi dapat membatalkan puasa tapi anestesi lokal (seperti suntikan) adalah bentuk perawatan yang diizinkan bagi mereka yang berpuasa di bulan Ramadhan. Namun, jika anda merasa enggan melakukannya, yang terbaik adalah menjadwalkan ulang atau menunda perawatan, terutama jika tidak ada urgensi atau ketidaknyamanan yang akut.

Adakah prosedur perawatan gigi yang harus ditunda oleh pasien yang berpuasa jika tanggal perawatan jatuh pada Ramadhan?

Perawatan kesehatan dan prosedur pencegahan (termasuk restorasi, scaling dan ekstraksi) tidak membatalkan puasa, tetapi beberapa pasien tidak bersedia untuk melakukan prosedur tergantung pada pandangan mereka. Pasien yang membutuhkan perawatan segera atau lanjut, seperti mereka yang menderita penyakit kronis atau mereka yang menghadapi keadaan darurat gigi, bisa berbuka puasa. Jika mungkin, dokter gigi dapat menunda atau menjadwalkan ulang perawatan untuk pasien mereka.

Bagaimana penggunaan obat dapat mempengaruhi puasa selama bulan Ramadhan?

Penggunaan obat-obatan oral tidak diizinkan dan akan membatalkan puasa. Namun, jika anda jatuh sakit dan menghindari obat, ini akan dapat mengakibatkan munculnya masalah, pasien dibolehkan untuk berbuka puasa. Ketika masalah dengann gigi terjadi selama bulan suci Ramadhan dan obat-obatan diperlukan, anda dapat mendiskusikannya dengan dokter gigi pilihan anda. Merka mungkin akan dapat menyesuaikan obat atau dosisnya.

Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Dengan berfokus pada langkah-langkah kebersihan mulut yang sehat, seperti yang dijelaskan sebelumnya, anda akan dapat mengurangi kemungkinan untuk menjalani perawatan gigi selama Ramadhan, dan menjaga mulut tetap bersih dan segar.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat