Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Menggertakkan Gigi (Bruxism) – Gejala Umum

dokter gigi bandung

Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Menggertakkan Gigi (Bruxism) – Gejala Umum

Global Estetik – Hampir 1 dari 3 orang menderita masalah dengan kebiasaan menggertakkan gigi, atau bruxisme. Dan, hampir 10 persen dari mereka yang menggertakkan gigi mereka melakukannya dengan sangat parah sehingga gigi mereka menjadi kecil. Kondisi ini mempengaruhi orang-orang dari segala usia, dari usia kanak-kanak hingga dewasa, dan menyebabkan kerusakan gigi yang parah, gangguan rahang dan sakit kepala.

Meski penggertakkan gigi dapat terjadi pada titik mana pun di siang hari, sebagian besar orang melakukannya pada malam hari. Dan, banyak yang tidak tahu bahwa mereka melakukannya, kecuali pasangan tidur atau dokter gigi mereka. Itulah sebabnya mengapa maslaah ini dapat didiagnosis berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun, dan pada saat itu kerusakan yang signifikan mungkin telah terjadi.

Apa itu Bruxism?
Ada dua jenis – satu di mana Anda menggertakkan dan mengepalkan gigi saat bangun – bruxism sadar – dan satu di mana Anda mengepalkan dan menggiling gigi Anda di malam hari, disebut bruxism tidur. Seringkali, penggertakkan gigi di siang hari terjadi ketika Anda sedang stres, mengalami kecemasan, atau mungkin hanya kebiasaan buruk.

Bruxisme tidur, di sisi lain, dianggap sebagai kelainan gerakan terkait tidur, diklasifikasikan sama dengan sindrom kaki gelisah dan gerakan tungkai periodik. Orang-orang yang memiliki satu atau lebih gangguan gerakan terkait tidur ini juga cenderung menderita sleep apnea dan mendengkur.

dokter gigi jakartaSementara umum pada orang dewasa, kondisi ini harus dianggap sangat serius pada anak-anak dan remaja. Beberapa peneliti memperkirakan bahwa sebanyak 20-30 persen anak menggertakkan gigi. Seringkali, ini bisa menjadi tanda awal bahwa gigi atas mereka tidak selaras dengan gigi bawahnya, dan seorang dokter gigi harus berkonsultasi secepat mungkin.

Gejala Umum Penggertakkan Gigi
Penggertakkan gigi yang berlebihan mungkin pertama kali diperhatikan oleh dokter gigi Anda karena kerusakan pada gigi dan gusi Anda. Apakah Anda menggertakkan gigi di malam hari atau siang hari, Anda mungkin tidak menyadari tindakan Anda sampai komplikasi berkembang. Tanda dan gejala penggertakkan gigi meliputi:

  • Membangkitkan pasangan tidur Anda karena suara keras yang ditimbulkan
  • Gigi patah, terkelupas, longgar atau rata
  • Enamel gigi yang aus
  • Gigi menjadi peka terhadap panas, dingin, dan permen
  • Nyeri atau sakit di wajah atau rahang
  • Otot rahang yang lelah atau kencang
  • Nyeri di telinga
  • Sakit kepala yang tumpul terletak di pelipis
  • Bintik-bintik sakit di dalam mulut Anda karena mengunyah pipi Anda
  • Lekukan pada lidah Anda

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat