Global Estetik –¬†Peradaban dahulu kala belum menyikat gigi mereka dengan sikat gigi seperti kita sekarang. Hanya sekitar 150 tahun yang lalu orang-orang mulai menggunakan sikat gigi. Sebelum itu di Eropa, beberapa orang menggunakan kain untuk menyeka gigi mereka, tetapi di sebagian besar dunia alat pembersih pilihan adalah miswak, yang disebut tongkat pembersih atau tongkat mengunyah. Sekarang beberapa pilihan kebersihan mulut baru. Tetapi apakah teknologi ini sama efektifnya dengan sikat gigi dan pasta gigi?

Miswak dari Kaca Mata Sains- Global Estetik Dental Care

Miswak dari Kaca Mata Sains- Global Estetik Dental Care

Miswak bukan sembarang tongkat. Ia dipotong dari pohon khusus, yang disebut pohon sikat gigi atau pohon arak. Orang-orang memotong sebuah tongkat seukuran pensil dari pohon. Kemudian Anda memotong kulit batang dari bagian pendek tongkat dan mengunyah bagian itu sampai membentuk bulu-bulu. Sebagai langkah terakhir, Anda rendam tongkat kecil ini dalam air selama 8 jam.

Baca Juga :  Cara Ampuh Hindari Rongga pada Gigi - Pengobatan di Rumah

Anda seharusnya lebih sering menggunakan miswak daripada sikat gigi biasa: sekitar lima kali sehari cukup ideal (waktu shalat fardhu), dan tidak perlu menggunakan pasta gigi. Setelah beberapa hari, bulu-bulunya mulai luntur dan Anda harus memotongnya. Kemudian Anda harus memangkas beberapa kulit kayu lagi, mengunyah lebih banyak bulu, dan siap untuk menyikat kembali.

Jika sebuah teknologi ingin mengganti sesuatu yang ada di mana-mana seperti sikat gigi, maka ia harus memiliki beberapa manfaat besar untuk dipromosikan. Dan para pemasar miswak berpikir demikian. Mereka tout bahwa miswak sepenuhnya biodegradable. Dibandingkan dengan sikat gigi, yang merusak pantai di seluruh dunia, ini pasti bisa bermanfaat bagi orang yang peduli tentang hal ini. Juga, ada fakta bahwa miswak tidak terbuat dari plastik, jadi ini adalah opsi nonpetrokimia.

Miswak dari Kaca Mata Sains- Global Estetik Dental Care

Miswak dari Kaca Mata Sains- Global Estetik Dental Care

Dan, tentu saja, ada bahan kimia berbahaya yang mereka katakan berada di pasta gigi komersial. Mereka juga mempromosikan faktor kenyamanan tanpa perlu menggunakan pasta gigi, meskipun harus memangkas dan mengunyah sikat setiap beberapa hari jenis meniadakannya.

Baca Juga :  Kenal Lebih Dekat Restorasi All-Ceramic untuk Anda

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa miswak adalah pilihan efektif dalam mengendalikan penyakit gusi. Ada senyawa antibakteri di miswak yang mungkin sama efektifnya dengan pasta gigi. Miswak juga secara alami mengandung silika, yang kadang-kadang ditambahkan ke dalam pasta gigi sebagai senyawa penggosok atau pemutih gigi.

Di sisi lain, kita tidak tahu seberapa baik miswak bekerja untuk mengendalikan kerusakan gigi. Dan kami tidak yakin berapa banyak erosi yang akan dihasilkan silika alami dari miswak. Jika Anda ingin mencoba miswak, mulailah dengan menggunakannya hanya untuk menyikat saat makan siang. Kemudian Anda dapat memutuskan bagaimana Anda menyukainya dan melihat apakah itu membantu untuk berkomitmen dengan penggunaannya.