Seluk Beluk Penggunaan Retainer

klinik gigi depok

Seluk Beluk Penggunaan Retainer

Global Estetik – Ada banyak persepsi yang keumudah meminta pada dokter gigi untuk memastikan bahwa pasien mereka terus menggunakan retainer selama periode jangka panjang sebagai bagian dari perawatan gigi yang sedang berlangsung. Namun sebelum itu, kita mesti meluruskan beberapa kesalahpahaman tentang retainer. Di masa lalu dokter gigi berpikir bahwa setelah pasien mencapai usia tertentu, gigi mereka akhirnya akan stabil. Sekarang kita semua tahu itu tidak benar, ada potensi bagi gigi untuk terus bergerak sepanjang hidup Anda.

Sebagai pasien, Anda harus mau dan mampu berkomitmen untuk penggunaan retairner dalam jangka panjang. Retainer dalam Dunia Ortodontik terutama dapat diklasifikasikan dengan retainer yang dapat dilepas, atau permenen dan retainer yang terlihat atau tidak terlihat.

Removable retainer: Retainer yang dapat dilepas berfungsi sebagai retensi untuk stabilitas intra-lengkung dan berguna sebagai retainer pada pasien dengan masalah pertumbuhan.

Hawley Retainer: Retainer yang paling umum digunakan, dirancang pada 1920-an sebagai alat yang dapat dilepas secara aktif. Alat ini menggabungkan penjepit pada gigi molar dan busur labial luar dengan bentuk khas dengan loop penyesuaian, mulai dari taring ke taring.

Fixed Retainer: Mereka biasanya digunakan dalam situasi-situasi di mana ketidakstabilan intra-lengkung telah diantisipasi dan prosedur retensi yang lama direncanakan, terutama area gigi seri rahang bawah.

Cara Menggunakan dan Merawat Retainer:

Retainer yang dapat dilepas harus disimpan dalam case untuk melindunginya. Selama beberapa hari pertama penggunaan retainer, banyak orang yang akan merasakan potensi munculnya air liur ekstra di mulut mereka. Ini adalah proses yang alami dan disebabkan oleh adanya benda baru di dalam mulut dan akibat stimulasi kelenjar air liur.

Biasanya akan ada sedikit perubahan dalam cara berbicara untuk 1-2 hari pertama. Pada awalnya Anda mungkin diminta untuk memakainya selama 12-22 jam per hari. Rekomendasi ini didasarkan pada banyak faktor termasuk tingkat keparahan pada gigi untuk menyelesaikan pemindahan posisi gigi. Sebagian besar pasien menjalani program jenis ini selama 3 hingga 6 bulan. Sebagian besar, jika mereka telah memenuhi jumlah jam yang diperlukan dalam 3 sampai 6 bulan pertama, pasien dapat berpindah ke penggunaan retainer malam hari selama 6 bulan berikutnya.

Penggunaan retainer untuk malam hari sangat disarankan selama 6 bulan tersisa atau setidaknya sampai 12 bulan setelah pasien memenuhi kuota pemakaian retainer harian. Setelah 12 bulan memakai retainer secara terus menerus, dokter gigi akan merekomendasikan memakai retainer selama 3-5 kali seminggu selama Anda hidup.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat